Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Selasa, 6 September 2022 - 14:29 WIB

Pengamanan Presidensi G-20, Polresta BSH Gelar Apel Gabungan 

Bidik Indonesia News, Bandara Soekarno-Hatta – Kepolisian Resort Kota Bandar Udara Soekarno-Hatta (Polresta BSH) bersama unsur pengamanan dan intelijen melaksanakan Apel Gabungan Gelar Pasukan Pengamanan G-20 di Lapangan Apel Garuda City Centre (GCC) Bandara Soekarno-Hatta, Selasa, 6 September 2022. Apel ini dipimpin langsung Kapolresta BSH, Kombes Pol Sigit Dany Setiyono.

 

Hadir dalam apel ini pimpinan dan perwakilan instansi terkait pelayanan Bandara Soekarno-Hatta, seperti Angkasa Pura II, Kantor Pelayanan Bea Cukai, Kantor Imigrasi, Kodim 0504 Tangerang, Basarnas, Kantor Kesehatan, Balai Karantina, Pasukan Gegana, Korbrimob Polri, dan Batalyon 302 Mekanis.

 

“Apel ini merupakan langkah konkret dalam menjamin dan memastikan kesiapan Bandara Soekarno-Hatta dalam memberikan standar tertinggi pada aspek keamanan, keselamatan, serta kenyamanan bagi setiap peserta G-20 yang tiba maupun berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Melalui apel gabungan ini pula, diharapkan dapat terjalin komunikasi, koordinasi, serta kolaborasi yang intens dan solid antar personel masing-masing instansi di semua level. Pada apel gabungan ini juga digelar peralatan perlengkapan dan kendaraan yang dapat menunjukkan kesiapsiagaan sumber daya yang kita miliki dalam mengantisipasi setiap dinamika yang terjadi,” jelas Kombes Pol Sigit Dany dalam amanatnya.

 

Kombes Pol Sigit Dany juga menjelaskan, tahun 2022 menjadi salah satu tahun yang sangat penting bagi Indonesia, karena setelah dua tahun berjuang mengahadapi pandemi COVID-19, Indonesia telah menunjukkan keberhasilan bahkan dinilai sebagai salah satu negara terbaik dalam penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional. “Pada saat yang bersamaan, Indonesia juga mendapatkan penghormatan dari dunia internasional dengan dipercayanya Indonesia untuk mengemban Presidensi G-20,” katanya.

BACA LAINNYA  Putusan Etik, Richard Eliezer Tetap Jadi Anggota Polri

 

“Presiden Joko Widodo menyampaikan hal ini sebagai bukti posisi Indonesia yang sedang berada pada puncak kepemimpinan global. Peran ini tentunya sangat membanggakan bagi seluruh rakyat Indonesia, namun muncul tanggung jawab yang sangat berat untuk memastikan keberhasilan jalannya seluruh kegiatan dan menjadi tuntutan yang harus kita persiapkan dengan seksama,” tambahnya.

 

Dalam pertemuan pimpinan-pimpinan negara anggota G-20 itu ada 50 events dan 155 meetings yang telah dan akan terus berlangsung sepanjang tahun 2022, yang telah dimulai sejak awal bulan Januari sampai nantinya mencapai puncaknya pada acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 pada tanggal 15 November 2022 di Bali.

 

“Para pimpinan dan peserta apel yang saya banggakan, Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai salah satu entry point, merupakan pintu gerbang utama Indonesia yang menjadi spotlight dari seluruh negara peserta G-20 yang hadir, sekaligus menentukan first impression (kesan pertama) terhadap kesiapan Indonesia dalam menggelar agenda bertaraf internasional ini sejak para peserta mendarat dan menginjakkan kaki di Bumi Nusantara. Dalam konteks ini, faktor keamanan dan keselamatan tidak dapat terpisahkan dari keberhasilan penyelenggaraan agenda demi agenda,” ungkap Kombes Pol Sigit Dany dalam amanatnya.

BACA LAINNYA  Lagi, Pemerintah Tanjab Barat Raih Opini WTP atas LKPD

 

“Bahkan faktor keamanan dan keselamatan merupakan faktor utama yang menjadi fondasi bagi kenyamanan maupun keberhasilan seluruh perencanaan dan pelaksanaan rangkaian kegiatan. Berangkat dari kesadaran tersebut, maka pada hari ini kita menyelenggarakan Apel Gabungan Kesiapan Pengamanan G-20 yang melibatkan seluruh aktor pengemban fungsi keamanan beserta komunitas intelijen dan seluruh elemen pendukung,” tegasnya.

 

Untuk mencapai kesamaan persepsi dan penguasaan teknis-taktis operasional baik di level pimpinan sampai level pelaksana di lapangan, Kombes Pol Sigit Dany berharap apel gabungan ini dapat ditindaklanjuti dengan adanya Gladi Rangka dan Gladi Lapang sebagai simulasi penanganan kontijensi baik pada skala parsial maupun integral, yang dilaksanakan dalam waktu dekat.

 

Di penghujung amanatnya, atas nama seluruh pimpinan otoritas Bandara Soekarno Hatta, Kombes Pol Sigit Dany mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh instansi dan pihak-pihak yang mendukung keberhasilan apel gabungan tersebut. “Bersama-sama mari kita tingkatkan kesiapan dan kemampuan pengemban fungsi keamanan dan intelijen dalam menjamin terselenggaranya agenda G-20 secara aman dan nyaman,” katanya.(Dhea)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Basarnas Jambi Cari Nelayan Hilang Di Ambang Luar Kuala Tungkal

Berita

Buka Rakernis Fungsi Intelkam, Ini Penegasan Kapolda Jambi

Berita

64 Nyawa Manusia Melayang Akibat Lakalantas Disepanjang Tahun 2021

Berita

Polres Sarolangun Gagalkan Peredaran Gelap Narkotika jenis Sabu dan Tangkap Dua Pelaku 

Berita

Buka Awal Tahun 2023, Yamaha Hadirkan All New NMAX 155 Warna Baru

Berita

Rakernis Fungsi Reskrim dan Tahti serta Penandatanganan PKS bersama BNNP, Dipimpin Langsung Kapolda Jambi

Berita

Bentuk Sinergisitas, Kapolda Jambi Ikuti Upacara Ziarah Nasional di TMP Satria Bakti Bersama Danrem 042 Gapu

Berita

Di Hadiri Camat Rantau Rasau, Musrenbang Desa Sungai Dusun Serap Usulan Masyarakat