Kembali Terjadi Tongkang Tabrak Jembatan di Batanghari, Ditpolairud Polda Jambi Panggil Pemilik Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai

Home / Berita

Rabu, 4 Desember 2024 - 20:30 WIB

Seluruh Pemda Raih Zona Hijau pada Penilaian Pelayanan Publik 2024, Ini Catatan Ombudsman

 

JAMBI – Dalam penyerahan hasil Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik 2024 di Provinsi Jambi, seluruh Pemerintah Daerah yang ada di Jambi telah berada di Zona Hijau atau berpredikat baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan di tahun sebelumnya di mana masih ada dua daerah yang berada di Zona Kuning.

 

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jambi melalui Kepala Keasistenan Pencegahan Maladministrasi, Abdul Rokhim, bahwa di tahun ini rata-rata 12 Pemda di Jambi mengalami peningkatan nilai. Namun demikian jika dilihat lebih mendalam masih ada beberapa catatan yang harus menjadi perhatian.

 

“Meski rata-rata nilai Pemda di Jambi meningkat, namun tidak ada Kabupaten/Kota maupun Provinsi Jambi yang mendapat 10 besar di nasional. Hal ini masih ada kelemahan terutama di pengelolan pengaduan dan kompetensi petugas,” sebut Rokhim pada Rabu, 4 Desember 2024.

BACA LAINNYA  Diduga Kudeta terselubung, Seluruh DPC Gelora Lhokseumawe, Melawan dengan Menggelar Mosi Tidak Percaya

 

Rokhim menjelaskan bahwa pengelolaan pengaduan pada Pemda di Jambi belum dipandang cukup serius oleh instansi penyelenggara. Sehingga baik itu sarana pengaduan, perangkat aturan maupun SDM di bidang pengaduan masih kurang memadai. “Kebanyakan dari mereka masih banyak yang berfokus pada sarana dan prasarana di standar pelayanan/SOP saja,” katanya.

 

Rokhim mengatakan bahwa jika ingin bersaing di tingkat nasional, sarana pengaduan, kualitas dan kompetensi petugas terutama di pengaduan harus lebih ditingkatkan lagi. Hal ini dimulai dari kesadaran pimpinan instansi akan pentingnya unit pengeloaan pengaduan dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

BACA LAINNYA  Kapolres Pidie Jaya Salurkan Ribuan Bibit untuk Ketahanan Pangan di Trienggadeng

 

Untuk hasil dari Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik 2024 di Provinsi Jambi antara lain sebagai berikut:

1. Kota Jambi 93.68

2. Kab. Tanjung Jabung Barat 91.46

3. Kab. Sarolangun 90.53

4. Kota Sungai Penuh 90.4

5. Kab. Batang Hari 88.34

6. Kab. Tanjung Jabung Timur 87.59

7. Kab. Muaro Jambi 87.5

8. Kab. Kerinci 86.85

9. Kab. Merangin 86.12

10. Provinsi Jambi 85.62

11. Kab. Tebo 84.56

12. Kab. Bungo 84.04

Share :

Baca Juga

Berita

Alumni SMA Sariputra ‘All The Best Lintas Alumni Sariputra’ Gelar Buka Puasa Bersama Pererat Silaturahmi

Berita

Cuaca Cenderung Panas, Personil BPBD dan Dua Posko Standby Antisipasi Karhutla di Tanjab Barat

Berita

Balihonya Dirusak,Ini Tanggapan Haji Sulaiman (Tole) Calon Bupati Aceh Timur 

Berita

Kecamatan Indra Makmu dan PT Medco Bersinergi Atasi Bencana Banjir: Logistik, Tenda Pengungsian, dan Dapur Umum Disiapkan

Berita

Damkar Kota Jambi Terjunkan Puluhan Personel dan Armada Padamkan Kebakaran Gudang Dialer Kawasaki

Berita

Hoegeng Award, Kapolri Buka Ruang Kritik Untuk Terus Lakukan Perbaikan

Berita

Amelia Salon Berikan Pelatihan Tata Rias Kecantikan Di Kelurahan Beringin Kota Jambi 

Berita

Milenial Aston Berbagi Kesegaran di Tengah Panasnya Politik Kabupaten Tebo