Kembali Terjadi Tongkang Tabrak Jembatan di Batanghari, Ditpolairud Polda Jambi Panggil Pemilik Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai

Home / Politik

Kamis, 18 Mei 2023 - 20:34 WIB

Tangkal Berita Hoaks di Tahun Politik, SMSI Provinsi Jambi Gelar FGD 

JAMBI – Dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas di Provinsi Jambi, khususnya pada tahun politik, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jambi bekerjasama dengan Ditintelkam Polda Jambi menggelar kegiatan Fokus Group Discussion (FGD).

 

FGD yang akan digelar selama dua hari, mulai tanggal 19-20 Mei 2023 di salah satu hotel di Kota Jambi ini mengambil tema ‘Peran Media Siber Tangkal Berita Hoaks di Tahun Politik’.

‘’Peran media siber sangatlah penting untuk menangkal berita hoaks yang biasanya akan meningkat di tahun politik ini,’’ ujar Ketua Panitia Pelaksana FGD, Irwansyah.

 

Menurutnya, media online haruslah mengedukasi masyarakat dengan pemberitaan yang berimbang dan tidak menggiring opini yang berujung pada perpecahan antar kelompok selama tahapan dan pelaksanaan Pemilu.

 

‘’Inilah yang akan kita bicarakan di FGD itu. Bagaimana peran media siber yang tergabung dalam SMSI Provinsi Jambi untuk menciptakan suasana Pemilu yang kondusif, aman dan damai,’’ pungkasnya.

BACA LAINNYA  Satu Komando dengan Ketum AHY, DPC Demokrat Tanjabbar Kirim Surat ke MA melalui PN 

 

Terpisah, Ketua SMSI Provinsi Jambi Mukhtadi Putra Nusa menyebutkan, kegiatan FGD ini mengangkat tema Peran Media Siber Tangkal Berita Hoaks di Tahun Politik yang mana diikuti sebanyak 25 peserta dari wartawan masing-masing media online anggota SMSI yang ada di Kota Jambi.

 

“Dalam FGD ini pula kita turut menggandeng Dit Intelkam Polda Jambi khususnya bidang Politik sehingga sinergitas antara media dan Polri bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya, Kamis malam (18/5/23).

 

Selain itu, dijelaskan Mukhtadi, dalam FGD ini, empat orang nara sumber akan menampilkan makalah mereka. Nara sumber itu antara lain, dirnya selaku Ketua SMSI Provinsi Jambi, kemudian Pimred Jambi Ekspres Pirma Satria, Ketua Formum Pimred SMSI Jambi Risza S Bassar dan Pengurus SMSI Pusat Hery Farmansyah.

BACA LAINNYA  Demokrat Aceh Timur Kontroversi Pencabutan Mandat Saksi Dan Dampaknya Terhadap Pemilu Yang Adil

 

‘’Kita berharap para peserta, khususnya wartawan yang meliput di desk politik bisa membuat berita sesuai hasil wawancara dan tidak membuat berita hoaks apalagi menggiring opini yang membuat situasi politik tidak kondusif,” lanjutnya.

 

Dia menambahkan, SMSI juga mengucapkan terima kasih kepada Direktorat Intelkam Polda Jambi yang telah memfasilitasi kegiatan FGD ini sehingga kedepannya pers khususnya Media Siber yang tergabung dalam SMSI bisa membantu mensukseskan Pemilu Serentak Tahun 2024 mendatang.

 

‘’Intinya, SMSI siap membantu mensukseskan seluruh tahapan Pemilu yang saat ini sudah mulai berjalan,’’ pungkasnya.(VRz)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Politik

PW IWO Jambi Ikuti Rapat Koordinasi bersama Stakeholder, Terkait Larangan Masa Tenang Pemilu

Berita

Hadiri Penyerahan Remisi Umum HUT RI ke-77 di Lapas Jambi, Kemas Faried Alfarelly : Kita Apresiasi Kemenkumham Jambi 

Politik

Pemilu Berjalan Lancar dan Aman, Kapolres Aceh Timur Apresiasi Warga Masyarakat

Berita

HUT GARPU Yang Pertama, DPW GARPU Jambi Gelar Do’a Bersama Disertai Pemotongan Tumpeng

Politik

Isu Munaslub Partai Golkar, Relawan Muda Airlangga Jambi,Kita Jaga Soliditas Dan Menangkan Capres Airlangga Pada Pemilu 2024 Nanti

Politik

Badan Kehormatan (BK) DPRD Prov Jambi Akan Lakukan Pemanggilan dan Pemeriksaan Terkait PJN

Politik

Kantongi Rekomendasi DPP, Hamdi Ketua DPD Partai PAN Kabupaten Tebo Siap Maju Sebagai Bupati 

Berita

Kisah Pedagang Kaki Lima, Dilantik Pietra Paloh Jadi Ketua DPW GARPU Jambi