Kembali Terjadi Tongkang Tabrak Jembatan di Batanghari, Ditpolairud Polda Jambi Panggil Pemilik Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai

Home / Berita

Jumat, 16 Juni 2023 - 18:46 WIB

Program Quick Wins Kapolri, Kapolresta Jambi Luncurkan Polisi RW

JAMBI – Kepala Kepolisian Resort (Kapolresta) Jambi Kombes Pol Eko Wahyudi luncurkan Polisi RW, Jumat (16/6).

Polisi RW merupakan program Baharkam Polri ini, dinilai cukup efektif meningkatkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Polisi RW, kata Eko, merupakan program Quick Wins Kapolri yaitu petugas polisi dari pangkat Brigpol hingga AKP dari berbagai fungsi yang bertugas merangkap ditempatkan di wilayah Rukun Warga sebagai polisi RW.

Polisi RW bertujuan menciptakan, mendekatkan anggota polri dengan masyarakat.

Selain itu, memperkuat data kepolisian tentang potensi ancaman keamanan tingkat bawah dan indikasi keberhasilan berkurangnya tingkat pidana dan pelanggaran di tingkat RW.

Konsep Polisi RW, disampaikan Eko, memungkinkan terjadinya interaksi dalam memecahkan masalah secara bersama dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, para pemuda, Babinsa dan unsur pemerintahan tingkat RW saling mengembangkan sifat yang positif memberikan kesempatan untuk saling memahami membuka peluang untuk saling bekerja sama.

BACA LAINNYA  Personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jambi Bantu Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Bungo

Terutama, kerjasama dalam mengendalikan masalah yang dihadapi, dengan menerapkan prinsip Community Policing dan sistematis Restoratis Justice (RJ) serta akuntabilitas.

“Saya harap laksanakan tugas dengan ikhlas seperti bertanggungjawab, yang utama jaga prestasi yakni presisi, kehormatan, siaga dan sinergi,” sebutnya.

Agar dalam melaksanakan amanat tugas, pesan Eko, untuk utamakan keselamatan dan kesehatan. Tidak kalah penting menjaga disiplin dan etika bermasyarakat.

Lebih lanjut, tugas pokok Polisi RW yakni agar memulai interaksi yang konsisten dengan masyarakat untuk membangun kepercayaan terhadap polri. Mendengarkan, menerima dan berempati terhadap keluh kesah, keresahan, keinginan dan serta harapan permasalahan RW.

BACA LAINNYA  Pererat Silaturahmi, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI.H.Supriono. SIP.MM Ngopi Bareng bersama Insan Pers Mitra KOREM 042/Gapu.

Kemudian, melaksanakan scanning terhadap kerawanan wilayah masing-masing. Hadir memperkenalkan diri, tukar menukar nomor Handphone dan gabung WhatsApp di RT/RW setempat.

Lalu, bertugas minimal 1 minggu sekali turun ke RW/RT dan melaporkan hasil kegiatan di grup Polisi RW Polresta Jambi.

Terakhir, aktifkan peran pos kamling dan linmas sebagai ujung tombak di lingkungan RW/RT. Agar setiap permasalahan cepat dan dapat segera diantisipasi serta pecahkan masalah dengan problem solving atau mediasi.

“Saya harap, agar Polisi RW dapat segera beradaptasi dan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, guna terciptanya Kamtibmas yang aman dan kondusif di Kota Jambi serta polri yang dicintai masyarakat,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Terkait Situasi Kamtibmas, Ini Penyampaian Kapolsek Jelutung ke Masyarakat 

Berita

Komisi III DPR RI Kunker ke Polda Jambi dan Jajaran, Ini Pembahasannya

Berita

Semarak Hari Bhayangkara ke 77, Polri Gelar Perlombaan Basket Ball Kapolri CUP

Berita

Aliran Air Sungai Meluap, Personil Polres Kerinci bersama Masyarakat Gotong Royong Buat Bendungan 

Berita

Ikuti Kejuaraan Karate Darmajaya Cup 2022 Piala Erick Thohir, Insan Ombudsman Jambi Raih Medali Perak

Berita

Anggota Ombudsman RI, Robert Na Endi Jaweng, Buka Workshop Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Berita

Irjen Kemenkumham Serukan Tindak Lanjuti Hasil Pemeriksaan BPK

Berita

Kedepankan Keselamatan Pasien, RSUD Raden Mataher Terima Pasien Rujukan Masyarakat Gunakan SKTM