Kembali Terjadi Tongkang Tabrak Jembatan di Batanghari, Ditpolairud Polda Jambi Panggil Pemilik Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai

Home / Berita

Kamis, 1 Agustus 2024 - 14:44 WIB

Dandim 0415/Jambi Hadiri Rakor Penanganan Karhutla

Jambi – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) adalah bencana yang melibatkan pembakaran area hutan dan lahan secara sengaja atau tidak sengaja, yang dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan, gangguan kesehatan, dan kerugian ekonomi. Karhutla menjadi masalah serius yang berdampak dan perlu penanganan dengan segera.

 

Karhutla sering kali disebabkan oleh aktivitas manusia seperti pembukaan lahan dengan cara membakar dan pembuangan sampah sembarangan.

 

Pada Kamis (01/08/2024), Dandim 0415/Jambi Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya menghadiri rapat koordinasi (rakor) penanganan karhutla di Balai Prajurit. Rakor ini dipimpin oleh Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Rachmat, S.I.P., sebagai Pelaksana Harian Dansatgas Karhutla Provinsi Jambi.

BACA LAINNYA  Pertemuan Bilateral dengan Dirjen WIPO, Menkumham Yasonna Loaly Serahkan Instrumen Aksesi Traktat Budapest

 

Rakor dilaksanakan setelah Gubernur Jambi menetapkan status siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan. Tujuan utama dari pelaksanaan rakor ini adalah untuk memperkuat kolaborasi antara TNI, Polri dan pemerintah daerah dalam mengatasi karhutla, sekaligus merumuskan langkah-langkah konkret dalam penanggulangan dan pencegahan karhutla, serta memastikan koordinasi yang efektif antara berbagai instansi dan pihak terkait.

 

BACA LAINNYA  DPC HBB Kota Jambi Berbagi Takjil Kepada Pengendara Yang Melintas

Rakor dihadiri oleh seluruh pejabat dan stakeholder terkait serta pihak perusahaan perkebunan yang ada di wilayah Prop. Jambi. Selama rakor dibahas berbagai upaya yang perlu dilakukan untuk mengatasi dan mencegah karhutla.

 

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0415/Jambi menegaskan komitmennya dalam menyikapi karhutla yang terjadi dengan meningkatkan patroli dan pengawasan, melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya karhutla, serta memperkuat kerja sama dengan semua pihak untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang lebih luas.

Share :

Baca Juga

Berita

Kunjungan Brigjen Pol Firly Ruspang Samosir ke Mako Brimob Cek Langsung Kesiapan Pasukan dalam Pengamanan Pemilu 2024

Berita

Babinsa Ulu Gedong Dampingi Persiapan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Al-Aqso

Berita

Ungkap Kasus Pembakaran Rumah Wartawan, PWI Apresiasi Polda Sumut

Berita

Wakapolda Jambi Pimpin Pelaksana Pakta Integritas Dan Pengambilan Sumpah Seleksi Penerimaan Anggota Polri Tahun 2022

Berita

Satlantas Polres Aceh Timur ‘Jumat Berbagi’ Kebaikan Dengan Dayah

Berita

Liga Santri PSSI Tahun 2022 Piala Kasad Resmi Bergulir Di Wilayah Jambi

Berita

Irjen Kemenkumham Serukan Tindak Lanjuti Hasil Pemeriksaan BPK

Berita

Lebaran di Lapas Kuala Tungkal, Pengunjung Hanya Keluarga Inti dan Sudah Vaksin