Kembali Terjadi Tongkang Tabrak Jembatan di Batanghari, Ditpolairud Polda Jambi Panggil Pemilik Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai

Home / Berita

Minggu, 1 September 2024 - 20:09 WIB

Dandim 0415/Jambi bersama Danrem 042/Gapu Turun Langsung Atasi Karhutlah di Rantau Panjang

Jambi – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terus menjadi ancaman serius, terutama di musim kemarau yang panjang. Selain merusak ekosistem, karhutla juga berdampak buruk pada kesehatan masyarakat akibat asap yang dihasilkan. Untuk mengatasi hal ini, langkah cepat dan terkoordinasi diperlukan guna meminimalisir dampak yang lebih luas.

 

Pada Sabtu (31/8/2024), Dandim 0415/Jambi Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya bersama Danrem 042/Gapu terjun langsung ke lokasi kebakaran di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Kumpe Ilir, Kabupaten Muaro Jambi.

 

Mereka memimpin tim gabungan dalam upaya pemadaman karhutla yang semakin sulit dikendalikan akibat kondisi cuaca yang sangat panas.

 

“Kami berada di sini untuk memastikan semua langkah yang diambil berjalan efektif dan terkoordinasi dengan baik. Kondisi cuaca yang ekstrem membuat situasi lebih sulit, namun dengan sinergi semua pihak, kami optimis bisa mengatasi kebakaran ini,” ujar Letkol Yoga.

BACA LAINNYA  Bersama Kapolres, PUPR Kerinci Tinjau Lokasi Pasca Bencana Alam

 

Upaya pemadaman di Desa Rantau Panjang dilakukan dengan berbagai pendekatan, termasuk pemadaman udara melalui helikopter yang menjatuhkan air, pemadaman dari darat oleh tim gabungan TNI, BPBD, dan masyarakat, serta langkah preventif berupa sosialisasi dan himbauan kepada warga untuk menghindari aktivitas yang dapat memicu kebakaran.

 

Menurut Letkol Yoga, kehadiran Danrem 042/Gapu dan dirinya di lapangan bertujuan untuk memberikan dorongan moral dan memastikan bahwa setiap unit bekerja dengan optimal. “Kebersamaan dan kerjasama di lapangan adalah kunci dalam penanggulangan karhutla. Kami berharap agar seluruh upaya yang dilakukan dapat segera menghentikan penyebaran api,” jelasnya.

BACA LAINNYA  Danrem 042/Gapu Pimpin Sertijab Kasrem, Kasilog dan Dandim 0416/Bute

 

Letkol Yoga juga mengingatkan pentingnya peran serta masyarakat dalam mencegah karhutla. “Kejadian ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Dengan tindakan pencegahan yang lebih baik, kita bisa mencegah terulangnya kebakaran hutan di masa mendatang,” tambahnya.

 

Dengan semangat kebersamaan dan komitmen yang kuat, diharapkan penanganan karhutla di Rantau Panjang dapat segera berhasil dan wilayah ini terbebas dari ancaman kebakaran yang lebih luas.

Share :

Baca Juga

Berita

Berhasil Ungkap 6 Kg Sabu, Kapolres Pidie Berikan Penghargaan Kepada Personelnya

Berita

Tak Hanya Pimpin Upacara Pembukaan Diktukba Polri Gelombang I SPN Polda Jambi, Kapolda Jambi Turut Siramkan Air Bunga ke Siswa 

Berita

Satbrimob Polda Jambi Laksanakan Gotong Royong dan Sholat Jum’at di Tebo

Berita

Sukseskan GDPRR, Kapolri Siapkan Skenario Pengamanan Hingga Genjot Vaksin Booster di Bali 

Berita

Tutup Gubernur Cup 2023, Al Haris: Tunjukkan Kita Pemain Profesional, Bukan Pemain Emosional

Berita

Kasrem 042/Gapu Resmi Tutup TMMD Ke-117 Kodim 0416/Bute Tahun 2023

Berita

Pengamatan Gerhana Matahari Hibrida Di Provinsi Jambi

Berita

Pastikan Tidak Ada Personelnya Konsumsi Narkotika, Dirresnarkoba Polda Jambi Cek Urine Dadakan