Kembali Terjadi Tongkang Tabrak Jembatan di Batanghari, Ditpolairud Polda Jambi Panggil Pemilik Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai

Home / Berita

Kamis, 19 September 2024 - 11:35 WIB

Kasdim Jambi Maksimalkan Pompanisasi untuk Dukung Ketahanan Pangan

Jambi – Dalam rangka mendukung ketahanan pangan di wilayah Jambi, Kasdim 0415/Jambi Letkol Kav Muslim Rahim T, S.H., M.Si, menyatakan komitmennya untuk memaksimalkan program Pompanisasi. Program ini diharapkan dapat membantu petani dalam memenuhi kebutuhan air bagi lahan pertanian mereka, terutama di tengah tantangan perubahan iklim yang tidak menentu.

 

“Pompanisasi sangat penting bagi petani, terutama untuk menjamin pasokan air yang memadai, terutama di lahan-lahan yang tidak memiliki akses irigasi secara langsung. Dengan adanya pompa, para petani dapat memaksimalkan hasil tanamannya, dan ini menjadi langkah strategis untuk mendukung program ketahanan pangan nasional,” ujar Letkol Kav Muslim Rahim T.

 

Pernyataan tersebut disampaikan Kasdim saat menghadiri kunjungan Tim Was Monev (Pengawasan dan Monitoring Evaluasi) Opla dan Pompanisasi ke Kodim 0415/Jambi, Rabu (18/9/2024).

BACA LAINNYA  Ciptakan Situasi Kamtibmas Kondusif, Kapolres Sarolangun Turun Langsung ke Masyarakat

 

Dalam kesempatan tersebut, Kasdim juga menegaskan pentingnya koordinasi antar-Danramil dan kelompok tani (Poktan) yang telah menerima bantuan pompa, agar fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal.

 

“Kita mendorong agar para Danramil jajaran melakukan koordinasi dengan Poktan yang telah mendapatkan pompa, sehingga pompa tersebut dapat dipinjamkan ke Poktan lain yang belum mendapatkan. Ini untuk memastikan semua lahan dapat terairi dengan baik,” tambahnya.

 

Letkol Kav Muslim Rahim T juga menggarisbawahi bahwa keberhasilan program ketahanan pangan tidak hanya bergantung pada ketersediaan teknologi seperti Pompanisasi, tetapi juga membutuhkan sinergi dari berbagai pihak, termasuk TNI, pemerintah daerah, dan kelompok tani. Sinergi ini diperlukan agar setiap permasalahan yang dihadapi petani dapat segera diatasi dan produktivitas pertanian meningkat.

BACA LAINNYA  Pimpinan Ombudsman: Mahasiswa Harus Punya Kepekaan Sosial

 

“Dengan sinergi yang baik, kita optimistis bahwa program ini akan meningkatkan produksi pangan di wilayah Jambi, sekaligus memperkuat ketahanan pangan di tengah situasi yang tidak menentu,” jelas Kasdim.

 

Diharapkan, upaya maksimal Pompanisasi ini dapat membawa dampak positif bagi pertanian di wilayah Jambi. Para petani dapat lebih mandiri dalam hal pengairan lahan, sehingga hasil pertanian semakin meningkat dan kesejahteraan masyarakat pun dapat terjaga.

Share :

Baca Juga

Berita

Dandim 0415/Jambi Tampilkan Kecakapan Pencak Silat dalam Kunjungan Tim Wasev

Berita

Tak Hanya Pimpin Pergeseran Pasukan, Kapolresta Jambi Turut Cek Kesiapan Personil Pengamanan TPS

Berita

Dirlantas Polda Jambi Himbau Langsung Para Sopir Batubara Agar Tidak Parkir Dibahu Jalan

Berita

Usai Makan Bersama Siswa Diktuk Bintara SPN Jambi, Kapolda Jambi: Jadilah Polisi Yang Benar

Berita

Kapolri Minta Jajaran Fokus Cegah Lonjakan Covid-19 saat Nataru dan Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Berita

H-10 Lebaran Arus Penumpang di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal Mulai Terjadi Lonjakan

Berita

Soal Belum dibayarnya 304 Gaji Tenaga Damkar. Saiful Roswandi: Zalim Itu.

Berita

Pastikan Aman Jelang Pilkada, Polda Jambi Turunkan K9 Lakukan Patroli dan Sterilisasi di Kantor KPU dan Bawaslu Provinsi