Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Kamis, 22 Juni 2023 - 10:38 WIB

Anggota Ombudsman RI, Robert Na Endi Jaweng, Buka Workshop Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik

JAMBI – Dalam kunjungannya ke Provinsi Jambi, Anggota Ombudsman RI, Robert Na Endi Jaweng, hadir dan membuka langsung kegiatan Workshop Pendampingan Daerah Program Penilaian Penyelenggaraan Pengawasan Publik di Provinsi Jambi. Di kegiatan ini, ia juga memberikan arahan kepada peserta workshop yang terdiri dari perwakilan Pemerintah Daerah se-Provinsi Jambi.

 

Dalam kesempatan itu Robert mengapresiasi pencapaian yang dilakukan oleh Pemda pada Penilaian Pelayanan Publik 2022 lalu yang rata-rata meraih Zona Hijau. “Hasil penilaian itu sangat fantastis karena mayoritas hijau. Saya yakin ini berangkat dari kesedaran bersama akan pentingnya pelayanan publik,” ujarnya pada 22 Juni 2023 di Aston Hotel, Jambi.

BACA LAINNYA  Kinerja Ditlantas Polda Jambi Dalam Penertiban Angkutan Batu bara Diapresiasi Anggota DPRD Provinsi Jambi 

 

Robert menjelaskan bahwa pelayanan publik merupakan bukti kehadiran pemerintah di tengah masyarakat. Karena yang diperlukan masyarakat dari pemerintah adalah ketika masyarakat membutuhkan layanan kesehatan, pendidikan, dan layanan dasar lainnya.

 

“Seluruh pekerjaan birokratis yang kita lakukan itu hanya untuk keperluan kita saja. Sedangkan yang utama dan dirasakan masyarakat adalah pelayanan publik,” jelas Robert.

 

Selain itu, Robert juga menyampaikan bahwa pelayanan publik juga sangat politis karena hal tersebut merupakan mandat dari rakyat. Posisi sebagai aparatur negara adalah membayar mandat tersebut dengan pelayanan publik yang baik.

BACA LAINNYA  Kapolres Muaro Jambi Berikan Tali Asih Kepada PPK Mestong Yang Dirawat Di RS Mitra Kota Baru Jambi

 

Lewat Penilaian pelayanan publik ini lah, imbuhnya, Ombudsman memberikan rapor penilaian kepada Presiden maupun masyarakat, hasil dari reformasi birokrasi di bidang pelayanan publik.

 

“Yang kita nilai tidak hanya hasil pelayanan saja, tapi juga bagaimana perencanaan pelayanan publik dibuat, seperti apa pelayanan disampaikan, hingga apa tanggapan masyarakat terhadap layanan tersebut,” terang Robert.

 

Untuk itu lewat workshop ini Robert berpesan kepada peserta agar apa yang didapat bisa dibagikan ke masing-masing penyelenggara layanan di daerah dan diterapkan.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Padat Karya di Mayang Mangurai Lurah Turun Langsung

Berita

Anggota Polsek Banda Alam Polres Aceh Timur Dampingi Petugas Pasang Kamera Trap di Lokasi Sapi yang Dimangsa Harimau.

Berita

M. Adnan Resmi Pimpin Kantor Wilayah Kemenkumham Jambi

Berita

Satreskrim Polres Batanghari Kejar Pelaku Pemilik Peluru Nyasar Lukai Kepala Warga

Berita

Satu Unit Rumah di Lingkar Barat Kota Jambi Ludes Terbakar

Berita

Pastikan Kelancaran dan Keamanan Jelang Pemilu, Kapolres Tanjab Timur Tatap Muka bersama Forkompimcam dan Tomas

Berita

Danrem 042/Gapu Pimpin Sidang Parade Tamtama PK Gelombang I TA 2023 Sub Panda Jambi

Berita

Fun Run Dalam Rangka HUT Bhayangkara ke 77, Polda Jambi Libatkan 20 Disabilitas Sebagai Peserta