Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Minggu, 31 Desember 2023 - 19:49 WIB

Angka Laka Lantas di Tanjab Barat Meningkat Selama 2023 Capai 103 Kasus

KUALA TUNGKAL – Angka kecelakaan lalu lintas atau peristiwa laka lantas di Kabupaten Tanjab Barat mengalami peningkatan signifikan pada tahun 2023 mencapai 103 kasus.

 

Jumlah tersebut meningkat jika dibanding pada tahun 2022 berjumlah 68 kasus, artinya terjadi peningatan sekitar 51,4 persen.

 

Kapolres Tanjab Barat, AKBP Padli, SH, SIK, MH mengatakan kebayakan dari pengendara yang mengalami laka lantas tersebut diantaranya yakni karena kecerobohan para pengendara saat berkendara (human error).

 

“Meski jumlah kasusnya meningkat, namun angka kematian akibat laka lantas juga berkurang, 2022 terdapat 38 meninggal, tahun ini ada 37 orang yang meninggal,” ungkap AKBP Padli saat menggelar Rilis Akir Tahun 2023 di Halaman Mapolres Tanjab Barat, Minggu (31/12/23).

BACA LAINNYA  Dandim 0416/Bute Ikut Sholatkan Korban Yang Meninggal Saat Menolong Bocah Hanyut

 

Lanjut Kapolrs, memaparkan peristiwa lakalantas di Tanjab Barat terbanyak terjadi di jalan Lintas Timur sebanyak 57 kasus, jalan Kuala Tungkal-Jambi 34 kasus dan dalam Kota Kuala Tungkal 12 kasus.

 

Selain korban meninggal dunia, jumlah korban yang mengalami luka ringan juga cukup tinggi, capai 155 orang, dengan korban luka berat sebanyak 7.

 

Sementara kerugian materil akibat kecelakaan lalu lintas selama 2023 mencapai sekitar Rp 1.198.500.000 miliar.

 

“Angka pelanggaran lalulintas juga terjadi peningkatan tahun lalu 1.267 kasus, lalu di tahun ini terdapat 2.529 pelanggaran atau meningkat 99,69 persen,” sambungnya.

BACA LAINNYA  Ini Profil Kombes Pol Andri Ananta Yudhistira Yang Menjadi Komandan Upacara saat Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

 

Dikatakan Kapolres, terkait hal itu perlu adanya upaya penekanan angka laka lantas. Perlu upaya untuk pendidikan ke masyarakat (dikmas). Dimana laka lantas yang terjadi, bisa diminimalisir danfatalitas korban bisa dikurangi.

 

“Kasus kecelakaan lalu lintas ini jadi perhatian kami, karena itu kami mengimbau masyarakat dan pengguna jalan untuk lebih mematuhi aturan lalu lintas guna menjaga keselamatan bersama di jalan raya,” imbaunya.

 

Sementara, mengurangi angka kecelakaan di wilayah Tanjab Barat, Satlantas Tanjab Barat terus melakukan melakukan sosialisasi tertib berlalu lintas, edukasi terhadap sekolah-sekolah dan masyarakat.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Tergiur Motor Majikan, GP Dibekuk Unit Reskrim Polsek Sungai Gelam di Palembang 

Berita

Penghargaan GI BEI Tahun 2024: Komitmen Pasar Modal Membangun Masa Depan

Berita

Bhabinkamtibmas Turun ke Pelosok, Kapolda Jambi : Pelayanan Prima Polda Jambi 

Berita

Ketua LEKAAT Kasmidi Panjaitan Apresiasi dan Ucapkan Bravo Polres Aceh Timur Tangkap DPO Ibrahim Ali

Berita

Wakapolres Pimpin Sertijab Kasat Lantas dan Pelantikan Kasat Samapta, Kapolsek Gunung Kerinci 

Berita

Jum’at Sehat, Kodim 0415/Jambi Gowes ke Agrowisata Nanas.

Berita

Bentuk Sinergisitas TNI-Polri, Satbrimob Polda Jambi Lakukan Bakti Sosial Bersama Kompi Senapan B Yonif Raider 142/KJ

Berita

Danramil Idi Rayeuk Coffee Morning Bersama Insan Pers