Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Selasa, 20 Desember 2022 - 17:32 WIB

Apel Kesiapsiagaan Hadapi Bencana Hidrometeorolgi Dipimpin Langsung Kapolda Jambi 

Bidik Indonesia News, JAMBI – Dalam rangka menghadapi bencana hidrometeorologi Provinsi Jambi tahun 2022/2023, Pemerintah Provinsi Jambi menggelar Apel Kesiapsiagaan yang bertempat di Lapangan Kantor Gubernur Jambi, Selasa (20/12/22).

 

Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono memimpin langsung Apel Kesiapsiagaan hadapi bencana hidrometeorologi yang diikuti oleh personel Polda Jambi, Ditpolairud, Brimob, Korem 042 Gapu, Basarnas, BPBD, BMKG, Kementerian PU, Satpol PP, Pramuka.

 

Dalam amanatnya, Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono menyampaikan bahwa saat ini kita ketahui bahwa penyebaran covid-19 di Provinsi Jambi telah menurun namun demikian kita akan menghadapi tantangan bencana yang lain yaitu bencana hidro Meteorologi yaitu bencana banjir banjir bandang tanah longsor maupun angin puting beliung banjir di wilayah Provinsi Jambi.

 

Kapolda Jambi menyebutkan banjir biasanya terjadi di daerah aliran Sungai Batanghari mulai dari sungai-sungai di Kabupaten Kerinci Merangin Sarolangun Bungo Tebo Batanghari Kota Jambi dan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur pengalaman bahwa di Provinsi Jambi terdapat dua Puncak musim hujan yaitu pada bulan Desember, Januari dan pada bulan Maret April demikian pula cuaca dapat mengalami perubahan sesuai dengan ramalan cuaca dari BMKG.

BACA LAINNYA  PWI Jambi Periode 2022-2027 Akan Segera Dilantik

 

” Kemungkinan besar 2 bulan yang akan datang atau dalam waktu dekat ini Provinsi Jambi dihadapkan pada potensi bencana banjir dan longsor,” ujarnya.

 

Berdasarkan pengalaman-pengalaman tersebut kita perlu melakukan langkah-langkah antisipasi diantaranya adalah dengan melakukan apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam yang merupakan kesiapan personil perlengkapan dan peralatan pendukung lainnya dalam menghadapi bencana banjir tanah longsor dan angin puting beliung yang kita gelar seperti saat sekarang ini melalui apel kesiapsiagaan.

 

” Saya berharap bisa menjadi ajang konsolidasi sejauh mana kesiapan kita dalam hal sumber daya manusia serta sarana dan prasarana yang kita miliki dalam penanggulangan bencana banjir tanah longsor dan angin puting beliung di Provinsi Jambi, ” sambungnya.

 

Apel ini juga dapat dijadikan ajang koordinasi dan konsolidasi untuk menghadapi berbagai kendala birokrasi dalam penanggulangan banjir dan tanah longsor yang terjadi di Provinsi Jambi yang sama-sama kita cintai.

 

Ditambahkan Jenderal Bintang Dua tersebut, dalam penanggulangan bencana alam di Provinsi Jambi bukanlah tanggung jawab dari satu instansi Pemerintah saja tetapi kewajiban dan tanggung jawab dari semua instansi pemerintah yang ada di Provinsi Jambi serta seluruh komponen masyarakat dan juga dunia usaha yang bersama-sama dan berperan aktif guna mendukung pelaksanaan upaya penanggulangan bencana tersebut.

BACA LAINNYA  Polda Jambi Gelar Shalat Ghaib dan Doa Bersama Untuk Korban Gempa Cianjur

 

” Terus tingkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana baik bencana tanah longsor angin puting beliung maupun bencana banjir,” sambung Kapolda.

 

Intinya, secara keseluruhan dalam kesiapsiagaan penanggulangan antisipasi bencana hidrometeorologi Provinsi Jambi sudah siap menghadapinya, baik secara Sumber Daya meliputi personil,l dan peralatan yang ada.

 

” Insyaallah jika terjadi bencana, Jambi siap menghadapinya,” pungkas Irjen Pol Rusdi Hartono.

 

Tampak hadir dalam apel kesiapsiagaan hadapi bencana hidrometeorologi Sekda Provinsi Jambi H Sudirman, Kepala BPBD Bachyuni Deliansyah, Kadis PUPR Provinsi Jambi, Dir Intelkam Kombes Pol Bondan Witjaksono, Dir Pol Airud Kombes Pol Michael Mumbunan, Dansat Brimob Kombes Pol Nadi Chaidir, Kasrem 042 Gapu, Dandim 0415 Jambi Kolonel Inf Marsal Denny, dan tamu undangan lainnya. (Syah)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Kodim 0415/Jambi Pastikan Perayaan Ibadah Natal Aman dan lancar

Berita

Tak Hanya Tinjau Banjir, Kapolres Bungo dan Dandim 0416 Bute Turun Langsung Bantu Warga Terdampak Banjir 

Berita

Ditlantas Polda Jambi Pantau Langsung Situasi Arus Lalu Lintas Jalur Angkutan Batu bara 

Berita

2 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba di Bekuk Dit resnarkoba Polda Jambi

Berita

Kapolres Tanjab Timur Pimpin Pelaksanaan BKTM Bersedekah

Berita

Berikan Support ke Petugas, Kapolda Jambi Turut Sambangi Pos Pelayanan Gerbang Citra Raya City

Berita

Ketua Ombudsman RI Serahkan Rapor Penilaian Pelayanan Publik ke Pemda se-Provinsi Jambi

Berita

Polres Tanjabbar Kerahkan 82 Personil Amankan Pawai Takbiran Idul Adha