Kembali Terjadi Tongkang Tabrak Jembatan di Batanghari, Ditpolairud Polda Jambi Panggil Pemilik Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai

Home / Berita

Rabu, 4 September 2024 - 18:17 WIB

Babinsa Muara Bulian Intensifkan Sosialisasi Karhutla di Desa Kuap.

Jambi – Dalam upaya mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah binaan, Babinsa Koramil 415-04/Muara Bulian, Kodim 0415/Jambi, Koptu Heryadi, terus meningkatkan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) melalui sosialisasi di Desa Kuap, Kecamatan Pemayung, Kabupaten Batang Hari, Jambi, Rabu (4/9/2024).

 

Langkah tersebut diambil sebagai respons terhadap tingginya potensi kebakaran di wilayah tersebut, terutama di musim kemarau.

 

Koptu Heryadi menjelaskan bahwa sosialisasi Karhutla dilakukan secara rutin dan menyasar seluruh lapisan masyarakat, termasuk petani dan pemilik lahan. “Kami ingin memastikan bahwa masyarakat memahami risiko dan dampak dari Karhutla. Selain itu, kami juga memberikan pengetahuan praktis tentang cara mencegah kebakaran, seperti tidak sembarangan membakar lahan dan selalu memantau kondisi di sekitar mereka,” katanya.

BACA LAINNYA  Pererat Silaturahmi, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI.H.Supriono. SIP.MM Ngopi Bareng bersama Insan Pers Mitra KOREM 042/Gapu.

 

Kegiatan sosialisasi ini tidak hanya berhenti pada penyuluhan, tetapi juga dilengkapi dengan patroli rutin untuk mendeteksi dini titik-titik api yang berpotensi menjadi sumber kebakaran. “Setiap Babinsa diinstruksikan oleh Danramil 415-04/Muara Bulian, Kapten Inf Subali, untuk selalu siap melaporkan kondisi di lapangan. Tindakan cepat dan koordinasi yang baik sangat penting untuk menghindari bencana yang lebih besar,” ujar Koptu Heryadi.

 

Dalam pelaksanaan sosialisasi ini, Babinsa Koptu Heryadi juga melibatkan tokoh masyarakat dan perangkat desa untuk memperluas jangkauan pesan yang disampaikan.

BACA LAINNYA  Ratusan Warga Eks HPH Desa Balai Rajo Dusun Kelumpang Jaya Tujuh Koto Ilir Siap Menangkan Aspan-Tono 

 

Dengan dukungan penuh dari warga dan pemerintah setempat, diharapkan upaya pencegahan Karhutla ini dapat berjalan efektif dan mampu melindungi hutan serta lahan pertanian dari kebakaran.

 

Koptu Heryadi menambahkan bahwa kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat adalah kunci utama dalam pencegahan Karhutla. “Kami berharap, dengan adanya sosialisasi yang terus-menerus dan patroli yang intensif, masyarakat lebih peka dan bertanggung jawab dalam menjaga lingkungan mereka. Ini bukan hanya tugas pemerintah atau aparat, tetapi tanggung jawab kita bersama,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Berita

Polda Jambi Masuk Kategori Lima Polda Terbaik, Irjen Pol Rusdi Hartono Sambut Tim Visitasi Kompolnas RI

Berita

Hamdi S.Sos MM Calon Bupati Tebo Menghadiri Acara Penutupan Mtq Tingkat Kecamatan Di Muara Tabir

Berita

Satreskoba Polres Muaro Jambi Hancurkan Basecamp Narkoba di Desa Senaung

Berita

Tak Hanya Tinjau Banjir, Kapolres Bungo dan Dandim 0416 Bute Turun Langsung Bantu Warga Terdampak Banjir 

Berita

Ketum SPBI Optimistis Diera Prabowo Kualitas Pendidikan di Indonesia Akan Meningkat

Berita

Jelang Pilkada, Kapolres Pidie Jaya Pimpin Apel Siaga: Operasi Mantap Praja Seulawah 2024 Resmi Dimulai

Berita

Akan Edarkan Sabu di Kota Jambi, Ditresnarkoba Polda Jambi Amankan Satu Pelaku dan Barang Bukti 870,797 Gram Sabu 

Berita

Dandim 0415/ Jambi, Tinjau Kondisi Daerah Rawan Banjir di Kab. Batanghari