Kembali Terjadi Tongkang Tabrak Jembatan di Batanghari, Ditpolairud Polda Jambi Panggil Pemilik Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai

Home / Berita

Sabtu, 7 September 2024 - 20:51 WIB

Babinsa Pelayangan Koordinasikan Upaya Cegah Karhutla di Musim Kemarau

Jambi – Patroli kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menjadi langkah penting dalam menjaga lingkungan, terutama selama musim kemarau yang meningkatkan risiko kebakaran. Karhutla tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat, tetapi juga menyebabkan kerugian di berbagai sektor, seperti pertanian dan ekonomi.

 

Babinsa 415-07/Pelayangan, Kodim 0415/Jambi, Peltu Alfian, berinisiatif melakukan koordinasi terkait upaya antisipasi dan pencegahan Karhutla dengan aparat Kecamatan dan Kelurahan di Kelurahan Tahtul Yaman, Kecamatan Pelayangan, Kota Jambi, pada Sabtu (7/9/2024).

BACA LAINNYA  Meneladani Sosok Kartini Berintegritas Dan Anti-korupsi

 

Dalam pertemuan tersebut, disepakati adanya gerakan bersama untuk mengedukasi masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan pertanian atau kebun. Langkah ini diambil untuk meminimalisir risiko Karhutla yang sering terjadi saat pembukaan lahan.

 

Selain memberikan himbauan, tim yang terdiri dari aparat kecamatan, kelurahan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas ini juga akan melakukan patroli rutin di wilayah rawan Karhutla. Patroli tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya dan dampak negatif dari kebakaran hutan dan lahan.

BACA LAINNYA  Pengurus IWO Jambi Hadiri Langsung Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus IWO Pusat Periode 2023-2028 

 

“Kegiatan ini merupakan langkah konkret dalam menjaga kelestarian lingkungan, terutama di musim kemarau yang rawan kebakaran. Patroli dan himbauan ini akan terus dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Peltu Alfian.

 

Diharapkan dengan terbentuknya tim Satgas Karhutla di kecamatan Pelayangan, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan semakin meningkat, sehingga risiko Karhutla dapat diminimalisir.

Share :

Baca Juga

Berita

Hoegeng Award, Kapolri Buka Ruang Kritik Untuk Terus Lakukan Perbaikan

Berita

Jalin Kebersamaan, Babinsa Koramil 02/Mersam Komsos di Desa Rengas IX

Berita

Dir Lantas Polda Jambi Pantau Langsung Situasi Arus Lalulintas dan Cek Pos Pam Jalur Kerinci-Jambi

Berita

Sekda Provinsi Jambi Lantik 144 Pejabat Pemerintah Provinsi Jambi

Berita

Puncak Peringatan HBI Ke 73 Tahun 2023 Di Kanwil Kemenkumham Jambi

Berita

Atasi Longsor Sungai Penuh Alat Berat Diturunkan, Kapolres : Lalu Lintas Mulai Lancar

Berita

Dansat Brimob Polda Jambi Tegaskan Personel Untuk Netral dan Tidak Terlibat Politik 

Berita

Mudik Lebaran 2022, BPJN Jambi Siapkan 12 Posko Untuk Para Pemudik