Kembali Terjadi Tongkang Tabrak Jembatan di Batanghari, Ditpolairud Polda Jambi Panggil Pemilik Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai

Home / Berita

Rabu, 28 Agustus 2024 - 15:13 WIB

Babinsa Thehok Bersama Tim Medis Tangani ODGJ Dalam Kondisi Tidak Terawat

Jambi – Keberadaan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di tengah masyarakat sering kali menjadi perhatian, terutama ketika mereka mulai menunjukkan perilaku yang mengganggu ketertiban umum. Meskipun demikian, ODGJ adalah individu yang membutuhkan perhatian dan perawatan, bukan pengucilan. Empati dan kepedulian sangat dibutuhkan dalam menangani kasus-kasus seperti ini.

 

Babinsa Kelurahan Thehok, Serma Edi Sutopo, bersama Bhabinkamtibmas Bripka Eka Novriyanto, Tim Medis dari Yayasan HIR dan Ketua RT 36, melaksanakan penanganan terhadap seorang ODGJ yang meresahkan warga sekitar.

 

Langkah tersebut diambil untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat sekitar, mengingat kondisi ODGJ yang tidak terawat dapat membahayakan dirinya sendiri dan orang lain.

BACA LAINNYA  Berikan Arahan dan Penguatan Tupoksi Kepada Petugas Regu Jaga, Ini Harapan Kalapas Jambi

 

Dalam upaya ini, ODGJ tersebut berhasil dievakuasi dan dibawa ke Yayasan Hiro, sebuah lembaga rehabilitasi khusus ODGJ yang terletak di Jalan Letmud Sarniem, Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kota Baru, Rabu (28/8/2024).

 

Yayasan Hiro didirikan dengan tujuan untuk memberikan perawatan dan rehabilitasi kepada individu dengan gangguan jiwa, sehingga mereka dapat memperoleh perawatan yang memadai.

 

Ambo Hariansyah, Ketua Yayasan Hiro, menyampaikan bahwa yayasan ini didirikan khusus untuk membantu ODGJ di Kota Jambi. Yayasan didirikan memang khusus untuk ODGJ, semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat Kota Jambi terkait masalah penanggulangan ODGJ, ujar Ambo Hariansyah.

BACA LAINNYA  Meriahkan HUT Golkar ke 58, Ribuan Masyarakat Jambi Ikuti Jalan Sehat 

 

Penanganan ODGJ di Kelurahan Thehok ini menunjukkan pentingnya kerjasama antara TNI, Kepolisian, tenaga medis, dan masyarakat dalam menjaga keamanan serta kesejahteraan lingkungan. Dengan adanya tindakan cepat dan tepat, diharapkan ODGJ tersebut dapat menjalani perawatan yang diperlukan, sehingga kondisi mentalnya dapat membaik dan tidak lagi menjadi ancaman bagi ketertiban umum.

Share :

Baca Juga

Berita

Diduga Kudeta terselubung, Seluruh DPC Gelora Lhokseumawe, Melawan dengan Menggelar Mosi Tidak Percaya

Berita

Polri: Rekrutmen Anggota dari Santri hingga Hafiz Quran Akan Terus Dilakukan

Berita

OJK Optimis Asean Menjadi Episentrum Pertumbuhan Ekonomi

Berita

Piala Bergilir Apdesi Cup 1 Aceh Timur Sukses, H Fachrul Razi Sumbang 15 Juta untuk Juara 1

Berita

KKJ Sumut dan Aktivis Kamisan Desak Polda Sumut Ungkap Dugaan Keterlibatan Koptu HB, LBH Medan Serahkan Bukti Baru ke Pomdam 1/BB

Berita

Polda Jambi Tangkap Bandar Togel yang Terlibat Perputaran Uang Narkoba Jaringan Helen dan Tikui

Berita

Pelaku Eksploitasi Minyak Bumi di Batanghari Menyerahkan Diri Ke Polda Jambi

Berita

Babinsa Desa Bakti Mulya Pimpin Gotong Royong Perbaiki Infrastruktur Desa