Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Kamis, 8 Februari 2024 - 22:23 WIB

Ikuti Konferensi Pers Satgas P3GN Polri, Dirresnarkoba Polda Jambi: Komitmen Kita Lawan Narkoba 

JAKARTA – Direktur Reserse Narkoba (Dirresnarkoba) Polda Jambi AKBP Ernesto Seiser didampingi Kasat Narkoba Polresta Jambi Kompol Johan Christy Silaen menghadiri langsung Konferensi Pers Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P3GN) Polri.

 

Konferensi pers tersebut dipimpin langsung Kasatgas P3GN Polri Irjen Pol. Asep Edi Suheri di Jakarta, Rabu, (07/2/24).

 

Disampaikan Kasatgas P3GN Polri Irjen Pol. Asep Edi Suheri bahwa kita telah menangkap sebanyak 17.707 tersangka tindak pidana narkoba selama periode 21 September sampai dengan 7 Februari 2024.

 

” pengungkapan tindak pidana narkoba ini merupakan wujud komitmen Polri dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo terkait perang melawan narkoba,” ujarnya.

 

Pengungkapan tersebut Satgas tingkat Mabes Polri dan Polda jajaran telah berhasil menangkap 17.707 tersangka, di mana 14.447 tersangka sedang menjalani proses penyidikan, dan ada 3.260 tersangka lainnya sedang menjalani proses rehabilitasi.

 

” Dari 14.447 tersangka yang dalam proses penyidikan, berstatus sebagai kurir dan bandar, Sedangkan 3.260 tersangka rehab adalah penyalahguna,” lanjutnya.

BACA LAINNYA  Tower Latihan Satbrimob Diresmikan Kapolda Jambi

 

Satgas P3GN dibentuk Kapolri dalam menindaklanjuti arahan Presiden terkait penindakan, pencegahan penyalahgunaan narkoba.

 

” Selama periode tersebut, Satgas P3GN telah menerbitkan 11.918 laporan polisi dan menyita sejumlah barang bukti antara lain, yakni sabu seberat 2,3 ton, ekstasi sebanyak 964.268 butir, ganja seberat 1,4 ton, kokain seberat 8,23 kg, ada juga tembakau gorila seberat 124,6 Kg, ketamin seberat 24,8 Kg, ada juga heroin seberat 85 gram dan obat keras sebanyak 4.118.331 butir,” jelasnya.

 

Jika dihitung dari pengungkapan yang telah dilakukan Satgas P3GN Polri ini telah berhasil menyelamatkan 17.667.827 jiwa.

 

Sementara itu, Dirresnarkoba Polda Jambi AKBP Ernesto Seiser saat dikonfirmasi menyebutkan dirinya hadir karena Polda Jambi turut serta mengamankan satu pelaku yang membawa narkotika jenis sabu cair dengan pelaku tersebut merupakan Warga Negara Asing (WNA).

 

” Kita Polda Jambi bekerja sama dengan Tim Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri dan menangkap jaringan Sumatera, yang mana narkotika dipasok dari negara Malaysia dan Vietnam melalui jalur perairan di Sumatera dan pulau Jawa, ” ungkapnya, Kamis (08/2/24).

BACA LAINNYA  BREAKING NEWS: Jadi Korban Penikaman, Warga Gang Setia Dilarikan ke Rumah Sakit

 

Untuk diketahui, pada tahun 2023 Polda Jambi telah berhasil mengungkap penyalahgunaan peredaran gelap Narkotika jenis Sabu-sabu cair serta mengamankan seorang WNA asal Iran, berinisial NB (33), di mana jika 264 Kg sabu-sabu cair ini diolah, akan mencapai 750 Kg sabu-sabu kristal.

 

” Komitmen kita Polda Jambi dan jajaran untuk menutup peredaran narkoba jaringan internasional yang masuk ke Indonesia. Salah satunya, dengan mengawasi pintu-pintu masuk baik dari perairan, darat, dan udara,” lanjut Dirresnarkoba Polda Jambi AKBP Ernesto Seiser.

 

Tidak hanya itu saja, Komitmen kita juga ditunjukkan dengan pengungkapan tindak pidana narkoba oleh Satresnarkoba Polresta Jambi yang berhasil menggagalkan peredaran gelap Narkotika jenis Sabu-sabu seberat 52,4 Kilogram dan 39 kilogram narkotika jenis ganja beberapa waktu lalu.(Syah).

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Polres Kerinci Lakukan Pengamanan Kunker Mantan Wapres Jusuf Kalla

Berita

Oknum ASN Kota Jambi Maling Handphone Diamankan Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Jambi 

Berita

Ini Yang Dibahas Executive General Manager PT Angkasa saat Silaturahmi Bersama Kapolda Jambi 

Berita

Peringatan HUT Provinsi Jambi ke 67 Turut Dihadiri Kapolda Irjen Pol Rusdi Hartono

Berita

Di bulan ramadan, Kajati Jambi Kembali Lantik Pejabat Eselon III

Berita

Tegakan Disiplin Personel, Provos Ditpolairud Polda Jambi Sidak Ke Markas Unit Jajaran Polairud Polda Jambi.

Berita

Bersama Warga, Ditpolairud Polda Jambi Sapu Bersih Sampah Laut

Berita

Meski Hari Libur, Satgas OMB Polda Jambi Lakukan Patroli Skala Besar dalam Tahapan Kampanye