Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi” Gubernur Al Haris: Gelar Adat Bentuk Apresiasi Terhadap Kontribusi Anak Negeri Jambi Polres Tanjab Timur Musnahkan Barang Bukti Narkotika jenis Sabu Seberat 3,310 Gram Tiba di Mapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono Gelar Adat Dubalang Sakti Utamo Disambut Wakapolda dan Tarian Persembahan 

Home / Berita

Minggu, 23 Januari 2022 - 22:02 WIB

Jalin Silaturahami, Pagelaran Lomba Merpati Kolong Sukses Digelar 

Bidik Indonesia News, JAMBI – Komunitas Merpati Jambi atau Merpati Kolong, menyelenggarakan acara balap burung merpati di Lapangan Lapak 98 bertempat di Timur Jaya Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi, Minggu (23/1).

 

Acara ini berlangsung meriah dan diikuti sekitar 700 peserta dari puluhan komunitas merpati Kolong yang ada di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

 

Ketua panitia acara, Aling mengatakan bahwa acara ini diikuti oleh berbagai komunitas merpati Kolong, bahkan ada yang datang dari pulau Jawa membawa merpati andalannya untuk bisa bersaing dengan merpati lainnya.

 

” Puji syukur, kegiatan hari ini ini berjalan lancar, acara ini sendiri diikuti komunitas merpati Kolong dari Brebes, Lampung, Palembang ,Linggau, Bengkulu, Pekanbaru dan macam-macam kota lainnya, untuk peserta hampir sampai 700 peserta,” kata Aling saat diwawancarai awak media.

 

Aling menambahkan, dalam kejuaraan ini pihaknya menyiapkan berbagai hadiah menarik bagi para pemenang, termasuk satu unit mobil.

BACA LAINNYA  Wujudkan Sistem Penerimaan Polri Bersih, Transparan, Akuntabel, Humanis dan bebas KKN, Kapolda Jambi Pimpin Penandatanganan Pakta Integritas Penerimaan SIPSS

 

“Untuk hadiahnya Lapak 98 Jambi, menyediakan satu unit mobil Ayla dan ada motor serta berbagai macam hadiah menarik serta doorprize,” ungkapnya.

 

Peraturan dalam lomba ini cukup sederhana, merpati jantan akan terbang dari jarak 850 meter untuk menemukan merpati betina yang sudah dipegang para joki masing-masing di garis finis.

 

“Kategori pemenang itu burung harus lewat kolong atas dan bawah, itu yang masuk kategori pemenang juara satunya, untuk jarak burung itu sekitar 850 meter,” tambahnya.

 

Aling berharap, kedepan khusus Jambi untuk lomba Merpati ini semakin berkembang karena di merpati ini banyak yang dapat dihasilkan terutama lapangan kerja dunia usaha dan lainnya yang dapat menghasilkan adanya event ini.

 

Sementara itu, Drs Akmal Firmansyah salah satu pengurus Komunitas Merpati dari Provinsi Banten menyebut bahwa dirinya membawa 5 Tim dalam kejuaraan ini.

 

“Kita bawa 5 Tim dengan total 50 burung untuk turnamen ini, kita memang sedang berkeliling di Sumatera dalam mengikuti event-event seperti ini,” ucapnya.

BACA LAINNYA  Ini 2 Tampang dari 3 Pelaku Narkoba yang Kabur Saat Digerbek di Gubuk Kosong

 

Akmal menambahkan bahwa target dirinya dalam turnamen ini adalah untuk silaturahami dengan komunitas merpati dari daerah lain.

 

“Kalau untuk kejuaraannya, kita tentu berharap hasil yang terbaik yaitu juara, namun tetap lihat kondisi dan performa burung saat lomba,” pungkasnya.

 

Setelah dilakukan beberapa tahapan, yang dimulai dari hari Jum’at dan final hari Minggu, berdasarkan hasil penilaian lomba yang di umumkan oleh pihak panitia, Juara pertama diraih Termator – Afrizal -Falah Calo, juara Kedua PS – BI. Selanjutnya juara Ketiga Bisma -Teguh -Johan – BA, juara Keempat ada Tores – APMS dan juara Kelima King – Wahyu – Handoko.

 

Juara Keenam Sketer -APMS, juara ketujuh ada Simon -Jetot -SJM, lalu kedelapan Hidaya – Bandung 483, kesembilan ada Jurior -Afrizal – Calaga dan terakhir Hero – CBLA – Ardi. (Dhe)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Tim Jibom Sat Brimob Polda Jambi Diterjunkan Sterilisasi Gereja Saat Perayaan Natal

Berita

Polda Jambi Tangkap 31 Pelaku TPPO dari 24 Laporan Polisi

Berita

Letjen Agus Subiyanto Juarai Novelty Shot Exhibition AARM Hanoi

Berita

Gunung Kerinci Kembali Erupsi, Warga Diimbau Jauhi Lokasi dalam Radius 3 Km

Berita

Pj Bupati Muaro JambiBachyuni Deliansyah : DPC APDESI Harus Kerja Ikhlas dan Cerdas

Berita

Dirreskrimsus Polda Jambi Tindak Tegas Angkutan Batubara Yang Gunakan BBM Subsidi

Berita

Gelar Audiensi, Pj Bupati Bachyuni Tampung Aspirasi Masyarakat Jambi Luar Kota

Berita

Sampah Dan Rumput Ganggang Kotori Saluran, Pekerjaan Terbas Layang Tuai Tanda Tanya