Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Minggu, 23 Januari 2022 - 22:02 WIB

Jalin Silaturahami, Pagelaran Lomba Merpati Kolong Sukses Digelar 

Bidik Indonesia News, JAMBI – Komunitas Merpati Jambi atau Merpati Kolong, menyelenggarakan acara balap burung merpati di Lapangan Lapak 98 bertempat di Timur Jaya Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi, Minggu (23/1).

 

Acara ini berlangsung meriah dan diikuti sekitar 700 peserta dari puluhan komunitas merpati Kolong yang ada di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

 

Ketua panitia acara, Aling mengatakan bahwa acara ini diikuti oleh berbagai komunitas merpati Kolong, bahkan ada yang datang dari pulau Jawa membawa merpati andalannya untuk bisa bersaing dengan merpati lainnya.

 

” Puji syukur, kegiatan hari ini ini berjalan lancar, acara ini sendiri diikuti komunitas merpati Kolong dari Brebes, Lampung, Palembang ,Linggau, Bengkulu, Pekanbaru dan macam-macam kota lainnya, untuk peserta hampir sampai 700 peserta,” kata Aling saat diwawancarai awak media.

 

Aling menambahkan, dalam kejuaraan ini pihaknya menyiapkan berbagai hadiah menarik bagi para pemenang, termasuk satu unit mobil.

BACA LAINNYA  BREAKING NEWS : Terlibat Lakalantas di Mendalo Darat Seorang IRT Warga Kampung Nelayan Tewas di Tempat

 

“Untuk hadiahnya Lapak 98 Jambi, menyediakan satu unit mobil Ayla dan ada motor serta berbagai macam hadiah menarik serta doorprize,” ungkapnya.

 

Peraturan dalam lomba ini cukup sederhana, merpati jantan akan terbang dari jarak 850 meter untuk menemukan merpati betina yang sudah dipegang para joki masing-masing di garis finis.

 

“Kategori pemenang itu burung harus lewat kolong atas dan bawah, itu yang masuk kategori pemenang juara satunya, untuk jarak burung itu sekitar 850 meter,” tambahnya.

 

Aling berharap, kedepan khusus Jambi untuk lomba Merpati ini semakin berkembang karena di merpati ini banyak yang dapat dihasilkan terutama lapangan kerja dunia usaha dan lainnya yang dapat menghasilkan adanya event ini.

 

Sementara itu, Drs Akmal Firmansyah salah satu pengurus Komunitas Merpati dari Provinsi Banten menyebut bahwa dirinya membawa 5 Tim dalam kejuaraan ini.

 

“Kita bawa 5 Tim dengan total 50 burung untuk turnamen ini, kita memang sedang berkeliling di Sumatera dalam mengikuti event-event seperti ini,” ucapnya.

BACA LAINNYA  Kapolres Tanjab Barat AKBP Padli Terapkan Program BERES

 

Akmal menambahkan bahwa target dirinya dalam turnamen ini adalah untuk silaturahami dengan komunitas merpati dari daerah lain.

 

“Kalau untuk kejuaraannya, kita tentu berharap hasil yang terbaik yaitu juara, namun tetap lihat kondisi dan performa burung saat lomba,” pungkasnya.

 

Setelah dilakukan beberapa tahapan, yang dimulai dari hari Jum’at dan final hari Minggu, berdasarkan hasil penilaian lomba yang di umumkan oleh pihak panitia, Juara pertama diraih Termator – Afrizal -Falah Calo, juara Kedua PS – BI. Selanjutnya juara Ketiga Bisma -Teguh -Johan – BA, juara Keempat ada Tores – APMS dan juara Kelima King – Wahyu – Handoko.

 

Juara Keenam Sketer -APMS, juara ketujuh ada Simon -Jetot -SJM, lalu kedelapan Hidaya – Bandung 483, kesembilan ada Jurior -Afrizal – Calaga dan terakhir Hero – CBLA – Ardi. (Dhe)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Turunkan Anjing Pelacak, Satresnarkoba Ringkus Pelaku dan Amankan 11 Paket Shabu

Berita

Jadi Narasumber Persami di SDIT Al-Mumainah, Sat Binmas Polresta Jambi Sampaikan Materi Bullying

Berita

Operasi Lilin 2022 Polres Tanjab Barat Dirikan 3 Posyan dan 1 Pospam

Berita

Komandan Korem 042/Gapu Sambut Kunker Wapres RI di Jambi

Berita

Yamaha Jambi Gelar Hari Pelanggan Nasional 2022 Di Cfd Gubernuan

Berita

Gelar Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Buruh Gerobak Di Angso Duo, Pihak Keluarga Korban Minta Pelaku Dihukum Seumur Hidup

Berita

Lapas Kuala Tungkal Serahkan Remisi Kepada Warga Binaan saat Peringatan HUT RI ke 78

Berita

Mudik Lebaran Diperbolehkan, Polda Jambi Siap Laksanakan Arahan Presiden RI dan Kapolri