Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Kamis, 10 November 2022 - 03:26 WIB

Kapolda Jambi Jadi Pemateri FGD Optimalisasi Peran Satker Binmas Dalam Implementasi Tugas-tugas Preemtif

Bidik Indonesia News, Jakarta – Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono hadiri dan menjadi pemateri pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) hasil penelitian dengan Tema “Optimalisasi Peran Satker Binmas dalam Implementasi tugas-tugas Preemtif “.

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta pada Rabu (09/11/22). Turut hadir pada kegiatan tersebut Komisioner Kompolnas RI Irjen Pol. (Purn). Pudji Hartanto Iskandar, Dosen STIK-PTIK Dr. Yundini Husni Djamaluddin, Dosen Tetap Pasca Sarjana Universitas Pelita Harapan Dr. Ermus Sihombing, para peserta FGD Anggota Kompolnas dan Bhabinkamtibmas.

 

Pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan guna berdiskusi dan memberi arahan kepada Bhabinkamtibmas tentang bagaimana memaksimalkan perannya untuk mengayomi dan melindungi masyarakat.

BACA LAINNYA  Sambangi Bawaslu Kabupaten Sarolangun, Kapolres Sarolangun : Kita Siap Kawal Pengamanan Pemilu 

 

Pada kesempatan tersebut, selaku pemateri Kapolda Jambi memberikan berbagai arahan di antaranya tentang bagaimana cara optimalisasi dan implementasi tugas Bhabinkamtibmas di lapangan.

 

” Ada dua jenis cara optimalisasi dan implementasi tugas dan peran Kepolisian yaitu pemolisian konvensional dan pemolisian kontemporer. Secara konvensional yaitu dengan lebih mengedepankan gakkum dan bersifat reaktif, sedangkan secara kontemporer harus lebih mengedepankan pencegahan, pro aktif, problem solving, kemitraan dan menunjukkan bahwa kita adalah Ikon keamanan dan rasa aman “, jelas Kapolda Jambi.

 

Selain itu disebutkan juga oleh Kapolda Jambi bahwa Bhabinkamtibmas juga harus bisa mengedepankan prinsip moralitas dan profesionalitas yaitu dengan, menyadari bahwa keberadaannya sejajar dengan masyarakat yang dilayani, memahami kebutuhan akan keamanan dan rasa aman, sering melakukan dialog, keberadaannya bisa diterima dan didukung, berperan sebagai polisi adalah penolong dan menunjukkan Ikon kedekatan dan persahabatan.

BACA LAINNYA  Pangdam II/Swj Mayjen TNI Hilman Hadi Hadiri Acara Simaan Al-Qur’an Malam Asyura di Masjid Nurul Hidayah

 

” Jika Bhabinkamtibmas mampu menampilkan dan menunjukkan dengan nyata hal itu semua kepada masyarakat binaannya, masyarakat tentu akan semakin erat berhubungan dengan Polri dan tingkat kepercayaannya akan semakin tinggi, sehingga memudahkan kita untuk bekerjasama dan berkoordinasi dengan masyarakat “, ujar Kapolda Jambi.

 

Usai Kapolda Jambi memberikan materi pada acara tersebut, dilanjutkan dengan pemberian materi oleh narasumber lainnya dan diakhiri dengan pemberian plakat dan foto bersama. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Ciptakan Pemilu Aman, Damai, Sejuk, dan Bermartabat, Kapolda Jambi Ajak Masyarakat Tetap Junjung Tinggi Persatuan

Berita

Wakilli Kapolresta Jambi, Kapolsek Jambi Selatan Hadiri Haul Ponpes Mamba’ul Ulum ke VII

Berita

Mapala Pamsaka Gelar Diskusi Mufakat Pemuda Tanjab Barat 

Berita

Perdana, Angkasa Pura II Jambi Gelar Lomba Burung Berkicau Indoor bersama Ronggolawe Nusantara DPW Jambi

Berita

Karyawan Toko Ditangkap Polisi Karena Terlibat Pengeroyokan

Berita

Ungkap Tindak Pidana Persetubuhan dan Pencabulan Anak Dibawah Umur, Tim Sultan Polres Tebo Tangkap Satu Pelaku 

Berita

PJ. Bupati Ir. Mahyuddin Dan Forkompimda Ikut Hadir Dalam Pembukaan PKA Ke 8.

Berita

Mahasiswa Disabilitas UNJA di Aniyaya Dosen