Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Selasa, 21 November 2023 - 15:11 WIB

Kunjungi Lapas Idi, Komnas HAM Aceh Dukung Adanya Relokasi Pembangunan Lapas Baru.

ACEH TIMUR – Komnas HAM Perwakilan Aceh lakukan monitoring ke Lapas Kelas IIB Idi, Selasa (21/11/2023).

 

Tim dari Komnas HAM Aceh Dipimpin langsung Oleh Ketua Komnas HAM Aceh, Bapak Sepriady Utama beserta Rombongan, Tim disambut langsung oleh Kalapas Kelas IIB Idi, Bapak Irhamuddin, A.Md.IP., S.H., M.H beserta Pejabat Struktural Lapas Idi.

 

Latar belakang dari kegiatan monitoring ini adalah melihat langsung bagaimana kondisi dari Lapas Kelas IIB Idi baik Bangunan Fisik maupun para Warga Binaan yang berada di Lapas Kelas IIB Idi yang notabane nya Lapas Idi memiliki Overkapasitas di angka 650% dan juga memiliki keterbatasan fasilitas serta aksesibilitas di tempat-tempat penahanan yang dapat berpotensi menyebabkan terjadinya pelanggaran HAM.

 

Dalam monitoring kali ini, Tim Komnas HAM menyoroti kurangnya ketersediaan Lahan yang ada di Lapas Kelas IIB Idi serta minimnya fasilitas-fasilitas pendukung program pembinaan Warga Binaan sehingga lebih rentan terhadap terjadinya Pelanggaran-pelanggaran HAM di dalam Lapas Kelas IIB Idi.

BACA LAINNYA  Jambret HP Cewek, Pelaku Ditangkap Saat Buka Pola Kunci di Conter

 

“Kami mendukung adanya Relokasi Pembangunan Lapas baru karena Kondisi Lapas yang ada saat ini dinilai tidak memenuhi standar Hak Asasi Manusia dan tidak layak sebagai tempat penghidupan bagi Warga Binaan, Kami juga berharap adanya dukungan dari Pemerintah Daerah setempat untuk mendorong Relokasi Pembangunan Lapas baru di Daerah Aceh Timur” Kata Sepriady Utama.

 

Dalam kegiatan ini Tim Komnas HAM Aceh juga mengapresiasi Lapas Idi dalam hal pemenuhan hak-hak Warga Binaan seperti pemenuhan hak-hak Integrasi WBP, Pemenuhan Layanan Kesehatan WBP, Pemenuhan Layanan Makanan bagi WBP, dan juga layanan-layanan pembinaan yang dilakukan oleh Lapas Idi.

BACA LAINNYA  Survei Indikator: Kepercayaan Publik Terhadap Polri Meningkat Jadi 76,4 Persen

 

Tim juga turut meninjau area bangunan/fasilitas di Lapas yang digunakan Warga Binaan dan menyempatkan untuk berinteraksi langsung dengan WBP di dalam blok hunian guna melihat dan mendengar secara langsung keadaan WBP serta berbagai kegiatan yang ada di Lapas. Kondisi bangunan seperti kamar hunian, blok hunian, klinik, dapur, Bimbingan Kemasyarakatan (Bimker), fasilitas olahraga WBP, Fasilitas Keagamaan, air bersih, makanan dan perpustakaan juga turut menjadi perhatian Tim Komnas HAM Aceh, Pungkas Kalapas kelas II B IDI Rayeuk Bapak Irhamuddin.

 

#KemenkumhamRI

#KumhamPasti

#KemenkumhamAceh

#Ditjenpas

#Lapasidi

#KomnasHAM

#Irhamuddin

#Semakinpasti

 

Zainal Abidin pjt

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Dir Intelkam Polda Jambi dan Kepala SPN Jambi Dimutasi 

Berita

Tingkatkan Pelayanan, RSUD Raden Mattaher Bangun gedung Pelayanan Jantung Terpadu dan Bunker Radioterapi

Berita

Warga Provinsi Riau Berhasil di Amankan BNNP Jambi, Ini Penyebabnya

Berita

Terkait Berita diduganya Oknum Lapas Bekingi Ilegal Logging, Kalapas Jambi Pastikan Itu Bukan Pegawai Lapas

Berita

Danrem 042/Gapu Ikuti Paparan Para Dansatgas TMMD ke-114 Kepada Pangdam II/Sriwijaya Secara Virtual

Berita

Danrem 042/Gapu Hadiri Rapat Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI

Berita

Mako Pol Airud Polda Jambi Disambangi Dan Lanal Palembang 

Berita

Bhabinkamtibmas Desa Pulau Kayo Ari Aipda Syaiful Rahman Sambangi Rumah Salah Satu Warga Dalam Acara Kegiatan Bekampung Sanak .