Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Kamis, 1 Juni 2023 - 12:42 WIB

Merasa kecewa, Masyarakat dan WALHI Tidak Tanda Tangani Berita Acara 

Bidik Indonesia News- Masyarakat kecewa kepada dinas perkebunan, pertemuan hanya membahas usulan dari sawit madu Bengkal SMB terkait permohonan (STDB) yang di ajukan 19 pemohon dengan luas 281 hektar Senin 31/06/23.

 

Menurut WALHI sebagai pemegang kuasa dari masyarakat mengatakan saat di wawancara awak media dia, Masyarakat berharap agar pertemuan kali ini dapat membahas luasan SMB secara menyeluruh, tidak hanya sebatas permohonan STDB saja.

 

Tambahnya, Pada kroscek lapangan 23 Mei 2023 masyarakat telah menyampaikan kepada perwakilan disbun dan di tuangkan dalam berita acara kroscek lapangan agar pada proses verifikasi dapat melibatkan BPN terkait usulan permohonan STDB.

 

Namun pada pertemuan ini BPN tidak diundang secara resmi untuk menghadiri pertemuan, dibuktikan dengan daftar lampiran undangan yang tidak ada BPN katanya.

 

Artinya Disbunakan tidak serius dalam menyikapi permohonan masyarakat.

 

Menurut aang, ada 19 usulan permohonan (STDB) yang masuk ke Disbun, namun tidak ada satupun pemohon yang hadir dalam pertemuan, masyarakat meminta agar seluruh pemohon untuk dapat hadir dalam pertemuan maupun verifikasi lapangan.

BACA LAINNYA  Polda Jambi Menangkan Praperadilan Terkait Kasus BBM Jambi Tulo

 

Permohonan STDB ini terkesan hanya untuk menutupi kepemilikan lahan pengusaha perkebunan sawit yang tidak memiliki izin.

 

Ditengah berlangsungnya acara tersebut, Tejadi perdebatan terkait permintaan Kadisbun Rapik kepada pendamping untuk memberikan CV (Curriculum Vitae) kepada dinas perkebunan dan akan di tuangkan dalam berita acara pertemuan

Pendamping WALHI Jambi.

 

Menganggap permintaan tersebut sebagai bentuk ketidak percayaan dinas perkebunan terhadap pendampingan yang dilaksanakan oleh WALHI Jambi Untuk itu pendamping memilih keluar dan meninggalkan ruangan di tengah berjalannya acara bentuk kekecewaan terhadap disbun tuturnya.

 

Menurut Masyarakat RT. 17 sudah terlalu lama di bohongi pengusaha perkebunan Sawit Madu bengkal beserta antek anteknya, untuk itu kami masyarakat memilih mengikuti pendamping untuk keluar dari ruangan dan tidak menandatangani berita acara pertemuan tersebut.

BACA LAINNYA  1 Tahun Kapolri: Setapak Perubahan Wujudkan Pelayanan Masyarakat yang Terbaik 

 

Menurut pandangan dan penilaian kami kuat dugaan pihak disbun berat sebelah dan terkesan membela sawit madu Bengkal SMB tuturnya masyarakat.

 

Afrizal sebagai pengurus kebun SMB mengakatan dalam surat Berita acara, bawah mereka telah membentuk mendirikan koperasi jika hal ini sudah selesai dan akan segera melaporkan kepada dinas penanaman modal PTSP, koperasi UKM kabupaten Tebo dengan membawa dokumen administrasi pendirian koperasi.

 

Setelah mendapatkan informasi dari ATR/BPN kabupaten Tebo pada disbunakan dan bagian hukum Setda Tebo. Tentang kehadiran dan melibatkan BPN dalam pengukuran dan pendataan akan disampaikan kepada pihak atas presedur dan biaya administrasi.

 

Penerbitan STD-B merupakan tugas pemerintah kabupaten Tebo, melalui dinas teknis disbunakkan, dalam rangka pendataan dan perkebunan merujuk pada peraturan menteri pertanian nomor 98/Permentan/OT. 140/9/2013.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Gubernur Al Haris Apresiasi Do’a Syukur dan Dzikir Akhir Tahun

Berita

Soal Pelayanan Publik, Ini Dia Dua Daerah di Jambi Yang Masuk Zona Kuning!

Berita

Raden Beni Hidayat Pimpin SMSI Bungo

Berita

Patroli di Mall dan Taman Remaja, Polsatwa Ditsamapta Polda Jambi Turut Berikan Rasa Aman kepada Masyarakat 

Berita

Dandim 0415/Jambi, Anjangsana ke Jajaran Koramil Kab. Batanghari

Berita

Kapolres Tanjab Barat Turun Langsung Amankan Pak Janggut Terduga Pelaku Pembakaran Lahan 

Berita

Tingkat Kepercayaan Kepada Polri Naik Menjadi 71,4 Persen

Berita

Makan Sepuasnya !! Bisa Milih Mau Makan Siang Atau Mau Makan Malam