Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Rabu, 25 Oktober 2023 - 16:46 WIB

Percepat Pemadaman Kebakaran TPA Rawa Kucing, KLHK Terapkan Sistem Injeksi

Bidik Indonesia News – Penanganan kebakaran TPA (Tempat Pemrosesan Akhir) Rawa Kucing Kota Tangerang selama empat hari ini telah dibantu Brigade Pengendalian Karhutla KLHK. Satuan yang tergabung sebagai Manggala Agni ini menerapkan sistem injeksi untuk mempercepat pemadaman.

 

Keberadaan Manggala Agni untuk memperkuat tim penanganan yang sebelumnya telah diterjunkan regu pemadam Kota Tangerang dari Dinas LH, Dinas PUPR, Damkar, BPBD, Satpol PP, TNI, POLRI dan BNPB.

 

Personel Manggala Agni sejumlah 28 (dua puluh delapan) orang berasal dari Balai Pengendalian Perubahan Iklim Wilayah Sulawesi dan personel Balai Pengendalian Perubahan Iklim Wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara. Tim ini sebelumnya telah membantu proses pemadaman TPA Suwung di Bali pekan lalu.

 

Disampaikan oleh Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim, Laksmi Dhewanthi pada (23/10/2022) saat meninjau upaya pemadaman di TPA yang hanya berjarak dua kilometer dari landasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta ini, bahwa Pemadaman TPA ini memang di luar tugas kerja Manggala Agni yang bertugas menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Namun dengan progres yang dihasilkan pada pemadaman di TPA Suwung di Bali sebelumnya, Menteri LHK memerintahkan agar penanganan di TPA Rawa Kucing dapat dibantu secara profesional oleh Manggala Agni.

BACA LAINNYA  Naas Nian, Maksud Hati Hendak Jual Sabu AMD Malah Diringkus Polisi

 

“Pengalaman Manggala Agni perlu ditularkan agar bisa direplikasi kepada tim pemadam lainnya. Manggala Agni sebagai tim perbantuan harus melakukan knowledge transfer teknik pemadaman lahan, seperti teknik injeksi dan pembasahan yang biasa dilakukan pada pemadaman karhutla di lahan gambut,” jelas Laksmi.

 

Laksmi menyampaikan agar teknik pemadaman dapat disesuaikan dengan kondisi lapangan. Dalam pelaksanaan strategi pemadaman juga dapat dikoordinasikan dengan tim penanganan lainnya dalam satgas agar pemadaman bisa berjalan efektif.

BACA LAINNYA  Dilapangan Mapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono Ikuti Sholat Idul Adha 1444 H Secara Berjamaah

 

“Pemadaman terus dilakukan dengan tetap mengutamakan keselamatan kerja. Perhatikan arah angin, kondisi asap dan potensi bahaya lainnya. Jaga kesehatan dan selalu semangat,” pesan Laksmi Kepada para petugas Manggala Agni di lokasi kebakaran.

 

Sebagaimana dilaporkan Pemerintah Kota Tangerang, TPA seluas 35 Ha ini terbakar mulai Jumat (20/10/2023), kurang lebih delapan puluh persen areanya mengalami kebakaran. Hingga saat ini masih terus diupayakan penanggulangannya. Dengan pasokan air pemadaman dari sumber Sungai Cisadane, Manggala Agni berhasil memadamkan api di sebagian area barat-selatan. (*)

 

______________

 

 

Jakarta, KLHK, 25 Oktober 2023

 

Penanggung jawab berita:

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, KLHK

Nunu Anugrah

 

Website:

www.menlhk.go.id

www.ppid.menlhk.go.id

 

Youtube:

Kementerian LHK

 

Facebook:

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

 

Instagram:

kementerianlhk

 

Twitter:

@kementerianlhk

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Anak Pembunuh Orang Tua di Teluk Nilau Jalani Pemeriksaan Kejiwaan di RSJ Jambi

Berita

Gunakan Kapal Cepat Ditpolairud, 3 Pelaku Dompeng PETI Diamankan 

Berita

Didampingi Ketua Cabang Bhayangkari Tanjab Timur, Kapolres Tinjau Jalannya Vaksinasi Dan Pembagian Sembako

Berita

GEMAPSI: Raperda Kepemudaan Cermin Bangkitnya Kemajuan Kota Depok

Berita

Tiba di Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono : Terima Kasih Doanya

Berita

Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono sebagai Panglima TNI

Berita

32 Tahun Mengabdi, Alumni Akabri Angkatan 91 di Jambi Gelar Baksos dan Bakti Kesehatan 

Berita

Malam Puncak Arus Mudik 2023, Kapolres Sarolangun Pastikan Kelancaran Arus Lalu Lintas