Kembali Terjadi Tongkang Tabrak Jembatan di Batanghari, Ditpolairud Polda Jambi Panggil Pemilik Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai

Home / Berita

Selasa, 28 Desember 2021 - 17:45 WIB

Polda Jambi Perketat Jalur Masuk Jambi, Antisipasi Pendatang Dari Luar Negeri

Bidik Indonesia News, Jambi Polda Jambi terus mengantisipasi penyebaran virus covid-19. Terutama bagi pendatang via bandara maupun di pelabuhan Kuala Tungkal, Tanjabbar. Khusus pelabuhan di Kuala Tungkal, jajaran Polres Tanjabbar diminta mengecek kedatangan warga, bahkan pelancong dari luar negeri.

 

Pasalnya, pelabuhan Kuala Tungkal menjadi alternatif masuknya pendatang dari luar negeri via Batam. Hal inilah yang ditegaskan Karo Ops Polda Jambi Kombes Pol Feri saat rapat bersama Gubernur Jambi Al Haris dan seluruh forkompinda se-Provinsi Jambi via zoom.

 

Kepada Gubernur, Kombes Pol Feri melaporkan pihaknya telah melakukan pengetatan sejak dua minggu lalu.

 

Dikonfirmasi usai rapat, Kombes Pol Feri telah meminta Kapolres Tanjabbar memperketat arus warga yang hendak masuk ke Jambi.

 

“Dari dua minggu yang lalu kita perintahkan Kapolres melakukan pengetatan. Baik di pelabuhan resmi, maupun pelabuhan-pelabuhan kecil atau istilahnya pelabuhan tikus.”

BACA LAINNYA  Tokoh Masyarakat Pijoan Protes Atas Penetapan Pengawas Desa/Kelurahan Yaang Bukan Berdomisili Di Pijoan

 

“Kita perintahkan untuk dilakukan swab antigen dan kita minta bukti sudah tervaksin dosis kedua. Kalau belum (pendatang) kita kembalikan,” jelas Feri di ruang Vidcon rumah dinas Gubernur Jambi, Selasa (28/12/2021) pagi.

 

Hal ini dilakukan, kata Feri mengantisipasi dalih pelancong luar negeri menghindari wajib karantina. Meski demikian, belum ditemukan adanya pendatang via pelabuhan Kuala Tungkal yang terdeteksi reaktif.

 

“Untuk mencegah dari luar, artinya ada kemungkinan warga yang dari luar negeri menghindari karantina yang tadinya 10 hari menjadi 14 hari, modus yang dipakai adalah masuk lewat jalur laut lewat Singapura masuk ke Batam, Batam ke Tungkal”

 

“Tapi sampai sekarang, Kapolresnya saya tanyakan tiap hari, belum ada tanda-tanda yang reaktif ataupun positif (covid-19). Ini antisipasi kita,” tegas Feri.

 

Hal senada ditegaskan Plt Kadishub provinsi Jambi Ismed. Pendatang via pelabuhan Kuala Tungkal, kata Ismed wajib sudah divaksin lengkap, menunjukkan hasil negatif papid antigen dan masuk ke aplikasi Peduli Lindungi.

BACA LAINNYA  Sempat Jadi Bulan Bulanan Warga, Pelaku Gengster Diamakan Polsek Jambi Selatan

 

“Tiga persyaratan ini sudah wajib untuk pelaku orang melakukan perjalanan melalui pintu pelabuhan sungai maupun laut. Kemudian yang tidak kalah pentingnya juga termasuk pembatasan orang di dalam kapal itu maksimal 75 persen,” jelas Ismed.

 

Khusus pelancong dari luar negeri, pihaknya mengantisipasi warga yang baru pulang dari nonton piala AFF di Singapura.

 

“Sebagaimana arahan Pak Gubernur tadi, mempercepat warga kita yang datang dari Batam masuk ke Tungkal. Kita mengindikasi bisa saja orang datang dari Batam, bisa saja orang yang melakukan perjalanan dari Singapura.”

 

“Apalagi beberapa hari ini kita marak adanya sepak bola piala AFF di Singapura. (Dhea)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Arahan Kapolri di Rakernis Korlantas: Wujudkan Mudik Aman hingga Tingkatkan Pelayanan Publik 

Berita

Antisipasi Tindak Kejahatan Malam Hari, Sat Brimob Polda Jambi Gelar Patroli Hunting

Berita

Patroli Sekaligus Monitoring Minyak Goreng Didesa Bukit Subur

Berita

Peduli Pembinaan Generasi Muda, Kodim 0416 Bute Gelar Program Unggulan Kodam II Sriwijaya Masuk Kampus

Berita

Kolaborasi Dua Lembaga Menyelesaikan Pelecehan Anak Di Bawah Umur

Berita

Wakili Pemuda Seberang Apresiasi Respon Cepat Polda Jambi Salurkan 9 Ton Air Bersih 

Berita

Selain Sebagai Jendela Dunia, Buku Juga Dapat Menambah Keakraban Dalam Bersilaturahmi

Berita

Satu Terduga Pelaku Penembakan Warga SAD di Padang Kelapo Ditangkap Polisi