Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Senin, 31 Oktober 2022 - 13:12 WIB

Truk Batubara Patah As Salah Satu Penyebab Kemacetan, Kapolres Batanghari Turun Langsung Urai Kemacetan 

Bidik Indonesia News, BATANGHARI – Satlantas Polres Batanghari turun langsung mengurai kemacetan panjang yang terjadi di jalan Tembesi Kabupaten Batanghari, Senin (31/10/22).

 

Kapolres Batanghari AKBP Bambang Purwanto bersama Kasat Lantas turun langsung mengurai kemacetan dan mengatur kemacetan.

 

Disampaikan AKBP Bambang Purwanto bahwa kemacetan yang terjadi tersebut bermula angkutan truk batubara atau truk lainnya yang melebihi tonase sehingga menyebabkan kerusakan jalan sehingga terjadi kemacetan.

 

” Saat ini sudah di urai kemacetan oleh personil Satlantas Polres Batanghari, ” ujarnya.

 

Tidak hanya itu, saat ini sudah di urai langsung oleh Kapolres dan Kasat Lantas, adapun kemacetan juga disebabkan adanya truk batubara yang patah as di Tembesi.

 

” Jalan rusak tersebut juga disebabkan oleh angkutan yang lebih tonase, dan di urai kemacetan truk batubara yang parkir di kanan kiri jalan,” lanjutnya.

BACA LAINNYA  Ditreskrimum Polda Jambi Terima Penghargaan dari SKK Migas Terkait Berhasil Ungkap Kasus Ilegal Tapping Kondesat di Jalur Pipa KKKS PHE Jambi Merang

 

Kapolres Batanghari AKBP Bambang Purwanto menambahkan bahwa saat ini truk yang parkir di bahu kanan kiri jalan sudah kita arahkan dan di geser ke kantong parkir.

 

” Kita geser ke kantong parkir agar tidak memperparah kemacetan pada ruas jalan tersebut, ” pungkasnya.

 

Sementara itu, Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Dhafi menyebutkan beberapa faktor kerusakan jalan terjadi karena adanya truk yang bertonase diluar standar atau bisa disebut over kapasitas, sehingga daya tahan jalan tidak sebanding dengan muatan truk yang melewatinya sehingga jalan menjadi rusak.

 

” Kalau truk batubara over kapasitas, maka jalan pun akan rusak dan berlubang, ” ungkapnya.

BACA LAINNYA  Agen Jual Beli Chip Panik, Game Higgs Domino Resmi di Tutup Fitur Kirim, ini Alasan Kemenkominfo

 

Kombes Pol Dhafi menambahkan terkait jalan yang berlubang dan ada genangan air di Tembesi, tadi malam pihak BPJN sudah saya hubungi. Dan hari ini mereka mau bekerja. Termasuk mau disedot genangannya,” kata Dhafi.

 

Terkait akan dilakukannya perbaikan jalan Muaratembesi-Muarabulian, Dirlantas mengatakan pihak BPJN Jambi meminta agar tidak ada dulu kegiatan angkutan batubara supaya mempermudah pekerjaan.

 

“Nanti kita koordinasi dengan Dinas Perhubungan dan seluruh pemilik tambang untuk hari ini mobilisasi angkutan batubaranya dipending dulu karena ada perbaikan jalan di wilayah Sridadi, Kabupaten Batanghari,” pungkasnya.

 

Selain itu, Kita juga himbau agar truk batubara ataupun truk lainnya agar tidak muat melebihi tonase ataupun kapasitas jalan sehingga tidak menyebabkan kerusakan jalan, pungkas Dir Lantas. (Dhea)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Geruduk Kantor Bawaslu Kota Jambi, Ini Tuntutan AWaSI

Berita

Ramadhan Berkah, Ombudsman Jambi Bagikan Takjil Gratis Jelang Berbuka

Berita

Gubernur Ansar Akan Hadir di Acara Rembuk Wartawan Kepri       

Berita

Turun Langsung ke Lokasi Longsor di Muara Emat, Kapolres Kerinci Pastikan Kelancaran Arus Lalu Lintas

Berita

Temukan Bayi Yang Dibuang, Kapolda Sumsel Berikan Perhatian dan Periksa Kesehatan Sang Bayi

Berita

Pekerja Medco E&P Malaka Berikan Paket Santunan Bagi 295 Anak Yatim

Berita

Kapolsek Muaro Sebo Terima Curhat Warga Keluhkan Angkutan Batu Bara Lewat Jalan Desa

Berita

Pemerintah Desa Muara Ketalo Salurkan BLT-DD Tahap 2