Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Kamis, 24 November 2022 - 21:40 WIB

Wujudkan Polri Yang Unggul, SDM Polda Jambi Gelar Konseling Tingkatkan Kemampuan Konselor 

Bidik Indonesia News, JAMBI – Dalam rangka mewujudkan Polri yang unggul, Biro SDM Polda Jambi menggelar peningkatan kemampuan konselor di lingkup jajaran Polda Jambi, Kamis (24/11/22).

 

Dengan menghadirkan Narasumber Psikolog dari HIMPSI, Marlita Andhika Rahman, S.Psi., M.Psi., dan Narasumber Polda Jambi Ipda Miftah Faizah, S.Psi. M.Psi. Psikolog kegiatan dibuka langsung Karo SDM Polda Jambi Kombes Pol Anton Sudjarwo.

Dalam sambutannya, Kombes Pol Anton Sudjarwo menyampaikan bahwa kegiatan ini digelar dalam rangka mewujudkan Sumber Daya Manusia Polri yang unggul, kesehatan mental personel merupakan pra-syarat yang harus diperhatikan, seiring dengan tuntutan dan tugas polri yang semakin berat, tidak dapat dipungkiri, setiap manusia selalu dihadapi dengan berbagai masalah yang ada dalam kehidupan atau lingkungannya. baik yang bersumber dari dalam diri (internal) atau masalah yang datang dari luar dirinya (eksternal).

BACA LAINNYA  Atas Keluhan Masyarakat Polres Aceh Timur Kembali Amankan Pelaku Tindak Pidana Judi Online

” Setiap kita mempunyai caranya sendiri dalam menghadapi masalahnya, namun tidak sedikit pula yang sulit untuk keluar dari masalahnya, sehingga keputusan yang diambil tidak rasional dan proporsional,” ungkap Karo SDM.

 

Ditambahkan Kombes Pol Anton Sudjarwo, dalam upaya mencegah terjadinya hal-hal yang dapat merugikan dirinya sendiri, keluarga, masyarakat maupun organisasi polri, maka perlu dilaksanakan konseling terhadap pegawai negeri pada polri yang membutuhkan pendampingan dalam mencari solusi pemecahan masalah, sehingga permasalahan personel tersebut tidak berkembang/meluas menjadi gangguan mental/gangguan kepribadian yang akan menghambat kinerja personel dalam melaksanakan tugas/kedinasan maupun hubungan dengan lingkungannya (keluarga/masyarakat).

Peranan konselor sangat diperlukan dalam memberikan pelayanan kepada pegawai negeri pada Polri, ironisnya, jumlah tenaga kesehatan mental seperti psikolog dan konselor di lingkungan Polda Jambi, masih jauh dari kata ideal atau masih sangat terbatas.

 

” berdasarkan data terakhir, personel polda Jambi saat ini berjumlah 8.256 personel yang terdiri dari personel polri 7.857 dan PNS Polri 399, jumlah tersebut tentu merupakan jumlah yang sangat banyak jika perawatan dan pembinaan personel hanya dilakukan oleh biro SDM Polda Jambi,” tambahnya.

BACA LAINNYA  Benny Mamoto Buka Rapimnas SMSI 2023, Harapkan Keputusan Strategis Untuk Pemilu Damai

 

Dibeberkan Karo SDM, selama kurun waktu tahun 2022 bagpsikologi biro SDM Polda Jambi telah melaksanakan konseling terhadap 20 personel dengan berbagai macam permasalahan antara lain pelanggaran disiplin dan permasalahan keluarga.

 

” Tujuannya adalah berfungsi sebagai perpanjangan tangan dari biro sdm untuk satker / satwil masing – masing dalam mengatasi dan mencegah adanya personel yang bermasalah terutama masalah psikologi yang dapat menghambat pelaksanaan tugas,” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan bimbingan konseling oleh 113 peserta dari satwil dan satker. (Dhea)

 

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Pengiriman Ganja melalui JnT saat Hari Raya Idul Fitri Digagalkan Polres Tanjab Barat bersama BNNP dan Bea Cukai 

Berita

RSUD Raden Mataher Lakukan Persiapan Maksimal Untuk Perawatan Kapolda Jambi 

Berita

Kabar Gembira, Produk-Produk Karya Warga Binaan Lapuanja Hadir di Shopee

Berita

Kapolda Jambi Sambut Kedatangan Kepala Staf TNI Angkatan Darat dan Rombongan

Berita

Bersama Pj Walikota, Dandim 0415/Jambi, Kapolresta Jambi Hadiri Gerakan Ayo Menanam Kota Jambi 2024

Berita

LDII dan Senkom Mitra Polri Tandatangani Nota Kesepahaman Penguatan Moral dan Karakter Bangsa

Berita

Ojk Luncurkan Roadmap Pasar Modal Indonesia 2023-2027

Berita

Polsub Sektor Taman Rajo Bagikan 60 Sembako, Pasca Kenaikan BBM