Kembali Terjadi Tongkang Tabrak Jembatan di Batanghari, Ditpolairud Polda Jambi Panggil Pemilik Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai

Home / Berita

Sabtu, 7 September 2024 - 20:51 WIB

Babinsa Pelayangan Koordinasikan Upaya Cegah Karhutla di Musim Kemarau

Jambi – Patroli kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menjadi langkah penting dalam menjaga lingkungan, terutama selama musim kemarau yang meningkatkan risiko kebakaran. Karhutla tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat, tetapi juga menyebabkan kerugian di berbagai sektor, seperti pertanian dan ekonomi.

 

Babinsa 415-07/Pelayangan, Kodim 0415/Jambi, Peltu Alfian, berinisiatif melakukan koordinasi terkait upaya antisipasi dan pencegahan Karhutla dengan aparat Kecamatan dan Kelurahan di Kelurahan Tahtul Yaman, Kecamatan Pelayangan, Kota Jambi, pada Sabtu (7/9/2024).

BACA LAINNYA  Kapolres Kerinci dan Jajaran Berikan Bantuan Kepada Warga Lempur Tengah Penderita Syaraf terjepit 

 

Dalam pertemuan tersebut, disepakati adanya gerakan bersama untuk mengedukasi masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan pertanian atau kebun. Langkah ini diambil untuk meminimalisir risiko Karhutla yang sering terjadi saat pembukaan lahan.

 

Selain memberikan himbauan, tim yang terdiri dari aparat kecamatan, kelurahan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas ini juga akan melakukan patroli rutin di wilayah rawan Karhutla. Patroli tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya dan dampak negatif dari kebakaran hutan dan lahan.

BACA LAINNYA  Ombudsman Jambi: Penilaian Pelayanan Publik 2023, Kita Berharap Masyarakat Ikut Andil

 

“Kegiatan ini merupakan langkah konkret dalam menjaga kelestarian lingkungan, terutama di musim kemarau yang rawan kebakaran. Patroli dan himbauan ini akan terus dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Peltu Alfian.

 

Diharapkan dengan terbentuknya tim Satgas Karhutla di kecamatan Pelayangan, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan semakin meningkat, sehingga risiko Karhutla dapat diminimalisir.

Share :

Baca Juga

Berita

Malam Pergantian Tahun Baru 2024, Rumah Kito Resort Hotel Jambi By Wh Hadirkan Summer Beach Party !!

Berita

Bakti Sosial Polri Presisi Untuk Negri, Kapolres Kerinci Serahkan Langsung Bantuan kepada Korban Banjir Kecamatan Keliling Danau

Berita

Ditreskrimsus Polda Jambi lengkapi alat bukti penentapan tersangka terkait kasus kecelakaan kerja PT. Petrhocina Internasional

Berita

Ratusan Personil Polres Muaro Jambi Siap Amankan Pilkades Serentak

Berita

Ojk Perkuat Layanan Konsumen Sektor Jasa Keuangan

Berita

Dandim 0415/Jambi Ikuti Rakornis TMMD ke-121 Melalui Vidcon

Berita

Peduli Zakat, Gubernur Jambi Diundang ke Istana Presiden 

Berita

Diduga Cemari Sungai, Komisi II DPRD Tanjabbar Akan Tinjau Langsung Limbah PT IIS