Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Minggu, 27 November 2022 - 15:06 WIB

Diskusi Publik Bersama Kanti Ombudsman, Ombudsman Dorong Peran Serta Masyarakat dalam Pengawasan Pelayanan Publik

Bidik Indonesia News, Jambi – Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Jambi melaksanakan Diskusi Pelayanan Publik bersama Kanti Ombudsman pada Jumat, 25 November 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di V Hotel Golden Harvest di Jalan Kapten Pattimura, Jambi dan diikuti oleh berbagai kalangan seperti komunitas, mahasiswa, dan media yang tergabung dalam Kanti Ombudsman.

 

Dalam kegiatan talkshow dan diskusi ini, Ombudsman Jambi menghadirkan akademisi Jambi yang concern dengan pelayanan publik, Dr Noviardi Ferzi sebagai narasumber. Selain itu, Ombudsman juga menghadirkan Kepala Keasistenan Pemeriksaan Laporan, Indra SH sebagai narasumber internal. Pada diskusi kali ini, Ombudsman mengangkat tema tentang Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik lewat pengawasan.

 

Ketua Panitia Diskusi, Abdul Latif, mengatakan bahwa tema ini diangkat untuk memberikan pemahaman dan wawasan kepada masyarakat akan pentingnya peran pengawasan dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Baik itu Ombudsman maupun masyarakat, merupakan bagian dari pengawas terhadap pelayanan publik sebagai mana yang terncantum dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

BACA LAINNYA  Cegah Peredaran Gelap Narkoba di Sekolah, Polda Jambi Lakukan Penyuluhan Dalam Program Jum'at Curhat

 

“Pengawasan pelayanan publik tidak hanya dilakukan oleh Ombudsman dan DPR saja, masyarakat juga berperan dalam pengawasan pelayanan publik sebagaimana amanat konstitusi. Jadi partisipasi masyarakat diperlukan untuk mengawasi layanan yang diberikan oleh pemerintah,” ujar Latif.

 

Sementara itu, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jambi yang pada kesempatan itu diwakili oleh Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan, M. Padli, mengatakan bahwa Ombudsman tidak hanya bertugas untuk menerima dan menindaklanjuti laporan saja. Ombudsman juga memiliki peran untuk melakukan pencegahan atas tindak maladministrasi pada pelayanan publik. “Melalui diskusi-diskusi seperti ini, diharapkan masyarakat memiliki kesamaan pemikiran akan pengawasan pelayanan publik sehingga maladministrasi bisa dicegah,” sebutnya.

BACA LAINNYA  73 Senpi Rakitan Diserahkan Masyarakat ke Polisi, Kapolda Jambi : Semoga Situasi Kamtibmas di Jambi Kondusif 

 

Selain itu, Padli juga mengatakan bahwa Ombudsman memiliki tugas untuk membangun dan mengembangkan jaringan kerja, baik itu kepada lembaga pemerintah maupun masyarakt, dalam rangka fungsi pengawasan yang dimilikinya. Untuk itu lewat kegiatan yang melibatkan Kanti Ombudsman ini, diharapkan bisa menjadi agen dan promotor Ombudsman di tengah masyarakat.

 

“Kami berharap lewat kegiatan ini para rekan-rekan Kanti Ombudsman bisa memperbarui pemahaman untuk membantu Ombudsman melakukan pengawasan pelayanan publik baik itu lewat sosialisasi maupun pelaporan,” tutup Padli.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Wakapolda Jambi Membuka Penyuluhan Hukum Oleh Bidkum Polda Jambi

Berita

Datangkan Pengajar dari Inggris, Kapolri Komitmen Perbaiki Manajemen Kompetisi Sepak Bola

Berita

Dirjen Ham : Perlu Sinergi Antar K/L/Pd Untuk Tangani Permasalahan Tppo

Berita

Polda Jambi Menang Sidang Pra Peradilan Penetapan Tersangka Kasus Korupsi

Berita

Sat Brimob Polda Jambi Gelar Lomba Menembak Sambut HUT ke 77

Berita

Pamerkan Proses Produksi High Quality, Yamaha Ajak Media dan Blogger Nasional Kunjungan Pabrik  

Berita

Gelar Rakor Se Kecamatan Nipah Panjang, Kapolres Tanjabtim Targetkan Capaian Vaksinasi

Berita

Pengamanan Pilkades Serentak 2022, Polres Tanjabbar Terjunkan 265 Personel