Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi” Gubernur Al Haris: Gelar Adat Bentuk Apresiasi Terhadap Kontribusi Anak Negeri Jambi Polres Tanjab Timur Musnahkan Barang Bukti Narkotika jenis Sabu Seberat 3,310 Gram Tiba di Mapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono Gelar Adat Dubalang Sakti Utamo Disambut Wakapolda dan Tarian Persembahan 

Home / Berita

Selasa, 14 Desember 2021 - 10:15 WIB

Danrem 042/Gapu Pimpin Ziarah Rombongan Peringati Hari Juang TNI AD Tahun 2021 dan HUT Kodam II Sriwijaya ke 76

Bidik Indonesia News, Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli, S.I.P., M.M., pimpin Upacara Ziarah rombongan dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD Tahun 2021 dan HUT Kodam II Sriwijaya ke 76, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Satria Bhakti Kota Jambi, Selasa (14/12/2021).

 

Ziarah rombongan yang dilaksanakan dengan tujuan selain untuk mengenang jasa para pejuang Pahlawan yang telah gugur, juga merupakan rangkaian menyambut Hari Juang TNI AD Tahun 2021 dan HUT Kodam II Sriwijaya ke 76 dan mengandung makna yang sangat dalam, karena selain sebagai sarana dan wahana untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan antar sesama anak bangsa, juga mengajak kepada seluruh Prajurit TNI AD untuk dapat meresapi dan merenungkan setiap perjuangan para Pahlawan yang telah mengharumkan bumi Pertiwi demi perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

 

Dalam keterangan tertulis Penrem 042/Gapu, dikatakan bahwa pelaksanaan Ziarah Nasional ini diawali dengan penghormatan kepada Arwah para Pahlawan dilanjut mengheningkan Cipta dan peletakan Karangan Bunga oleh Danrem dilanjutkan dengan tabur bunga di atas pusara makam Pahlawan Satria Bhakti Kota Jambi oleh seluruh peserta ziarah.

BACA LAINNYA  Satresnarkoba Polresta Jambi Kembali Amankan Satu Pelaku Penyalahgunaan Narkotika 

 

Usai pelaksanaan upacara Brigjen TNI M. Zulkifli menyampaikan bahwa kegiatan ziarah ini memiliki arti yang sangat penting bagi kita semua sebagai penerus bangsa untuk penghormatan kepada para Pahlawan yang telah mendarma baktikan jiwa raganya kepada nusa dan bangsa, selain itu juga sebagai bukti kebesaran bangsa Indonesia, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para Pahlawan.

 

Kegiatan ziarah ini memiliki makna yang sangat penting bagi kita sebagai generasi penerus bangsa untuk menghormati dan menghargai jasa para pahlawan yang telah mendarma baktikan jiwa raganya bagi Nusa dan Bangsa.

 

“Bagi prajurit, sejarah adalah kehidupan, karena sebagai prajurit selalu menjalankan tugas yang tidak mudah, meninggalkan keluarga, mengancam jiwa dan bahkan mengorbankan nyawa,” tegas Danrem.

 

Menurut dia, prajurit harus memiliki semangat dan rela berkorban dalam menghadapi tugas-tugas yang tidak ringan itu, perlu pemahaman tentang sejarah berdirinya Negara Kesatuan Rebuplik Indonesia yang salah satunya melalui ziarah ke makam para pahlawan kesuma bangsa ini.

BACA LAINNYA  Perkuat Sinergisitas dan Silaturahmi, Bid Humas Gelar Kemitraan Bersama Wartawan Liputan Polda Jambi

 

Selain prajurit, kata dia, seluruh komponen bangsa juga perlu untuk memahami pengorbanan para pahlawan dan mempelajari sejarah bangsanya.

 

Dikaitkan dengan peringatan Hari Juang TNI AD Tahun 2021, Danrem mengajak seluruh komponen bangsa untuk memberikan pemahaman dan pembelajaran tentang sejarah bangsa kepada generasi berikutnya.

 

Melalui momentum peringatan Hari Juang TNI AD ini semua yang ada saat ini bertanggung jawab untuk menggali nilai-nilai sejarah lebih dalam, dan kemudian mentransformasikannya kepada generasi muda, sehingga sejarah tidak hilang dikikis zaman, tandas Danrem.

 

Ziarah ini dihadiri oleh Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf M. Yamin Dano, Dandim 0415/Jambi, Para Kasi Korem, Dan/Kasatbalak, Prajurit dan PNS, Mahasiswa Stikes Garuda Putih, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 042 PD II/Sriwijaya Ny. Dewi Zulkifli beserta pengurus dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan.

 

Autentikasi : Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM Hatta

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Irwasda Polda Jambi Berikan Pembekalan Kepada Siswa Diktukba Polri Gelombang I 

Berita

Peduli Sesama, IOF Pengda Jambi Berikan Bantuan Kepada Korban Bencana Kebakaran

Berita

Peduli Kemanusiaan Untuk Palestina, Pemkab dan Baznas Tanjab Barat Berikan Bantuan

Berita

Pasar Modal, Tempat Bertransaksi Produk Investasi

Berita

Ombudsman Jambi Dorong Tiap Unit Pelayanan Publik Persiapkan Diri Menjadi ZI WBK-WBBM

Berita

Ini Profil Kombes Pol Andri Ananta Yudhistira Yang Menjadi Komandan Upacara saat Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

Berita

Wakili Kapolresta Jambi, Kasi Humas Hadiri Acara Prosesi Penyulutan Obor Tri Prasetya RRI

Berita

Berantas Narkoba, Polresta Jambi Lakukan Penindakan Base Camp Penyalahgunaan Narkoba