Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Selasa, 14 Desember 2021 - 10:15 WIB

Danrem 042/Gapu Pimpin Ziarah Rombongan Peringati Hari Juang TNI AD Tahun 2021 dan HUT Kodam II Sriwijaya ke 76

Bidik Indonesia News, Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli, S.I.P., M.M., pimpin Upacara Ziarah rombongan dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD Tahun 2021 dan HUT Kodam II Sriwijaya ke 76, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Satria Bhakti Kota Jambi, Selasa (14/12/2021).

 

Ziarah rombongan yang dilaksanakan dengan tujuan selain untuk mengenang jasa para pejuang Pahlawan yang telah gugur, juga merupakan rangkaian menyambut Hari Juang TNI AD Tahun 2021 dan HUT Kodam II Sriwijaya ke 76 dan mengandung makna yang sangat dalam, karena selain sebagai sarana dan wahana untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan antar sesama anak bangsa, juga mengajak kepada seluruh Prajurit TNI AD untuk dapat meresapi dan merenungkan setiap perjuangan para Pahlawan yang telah mengharumkan bumi Pertiwi demi perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

 

Dalam keterangan tertulis Penrem 042/Gapu, dikatakan bahwa pelaksanaan Ziarah Nasional ini diawali dengan penghormatan kepada Arwah para Pahlawan dilanjut mengheningkan Cipta dan peletakan Karangan Bunga oleh Danrem dilanjutkan dengan tabur bunga di atas pusara makam Pahlawan Satria Bhakti Kota Jambi oleh seluruh peserta ziarah.

BACA LAINNYA  Dandim 0416/Bute Hadiri Rapat Koordinasi Distribusi Logistik Pemilihan Umum 2024 di Kantor KPU Bungo

 

Usai pelaksanaan upacara Brigjen TNI M. Zulkifli menyampaikan bahwa kegiatan ziarah ini memiliki arti yang sangat penting bagi kita semua sebagai penerus bangsa untuk penghormatan kepada para Pahlawan yang telah mendarma baktikan jiwa raganya kepada nusa dan bangsa, selain itu juga sebagai bukti kebesaran bangsa Indonesia, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para Pahlawan.

 

Kegiatan ziarah ini memiliki makna yang sangat penting bagi kita sebagai generasi penerus bangsa untuk menghormati dan menghargai jasa para pahlawan yang telah mendarma baktikan jiwa raganya bagi Nusa dan Bangsa.

 

“Bagi prajurit, sejarah adalah kehidupan, karena sebagai prajurit selalu menjalankan tugas yang tidak mudah, meninggalkan keluarga, mengancam jiwa dan bahkan mengorbankan nyawa,” tegas Danrem.

 

Menurut dia, prajurit harus memiliki semangat dan rela berkorban dalam menghadapi tugas-tugas yang tidak ringan itu, perlu pemahaman tentang sejarah berdirinya Negara Kesatuan Rebuplik Indonesia yang salah satunya melalui ziarah ke makam para pahlawan kesuma bangsa ini.

BACA LAINNYA  Tetap Berkilau Membesarkan Nama Universitas Jambi

 

Selain prajurit, kata dia, seluruh komponen bangsa juga perlu untuk memahami pengorbanan para pahlawan dan mempelajari sejarah bangsanya.

 

Dikaitkan dengan peringatan Hari Juang TNI AD Tahun 2021, Danrem mengajak seluruh komponen bangsa untuk memberikan pemahaman dan pembelajaran tentang sejarah bangsa kepada generasi berikutnya.

 

Melalui momentum peringatan Hari Juang TNI AD ini semua yang ada saat ini bertanggung jawab untuk menggali nilai-nilai sejarah lebih dalam, dan kemudian mentransformasikannya kepada generasi muda, sehingga sejarah tidak hilang dikikis zaman, tandas Danrem.

 

Ziarah ini dihadiri oleh Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf M. Yamin Dano, Dandim 0415/Jambi, Para Kasi Korem, Dan/Kasatbalak, Prajurit dan PNS, Mahasiswa Stikes Garuda Putih, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 042 PD II/Sriwijaya Ny. Dewi Zulkifli beserta pengurus dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan.

 

Autentikasi : Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM Hatta

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Udara sudah Tak Sehat, Dinkes bersama SMSI Muaro Jambi Bagikan Masker Gratis

Berita

Danrem 042/Gapu Pimpin Acara Sertijab Pejabat Kasi Intel Dan Kasi Pers Kasrem 042/Gapu

Berita

Pimpin Apel Gabungan Pengamanan Kunker Presiden, Danrem 042 Gapu Ingatkan Personil Dalam Bertugas 

Berita

Banjir di Kerinci dan Sungai Penuh, Personel Kompi 3 Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jambi Lakukan Evakuasi 

Berita

Personil Sat Binmas Terus Cek ketersedian Sembako dan Minyak Goreng Didesa Muhajirin

Berita

Ombudsman: Unit Pengaduan Bukan Unit Kerja Tambahan

Berita

Upacara Penurunan Bendera Merah Putih, Kapolsek Sungai Gelam Bertindak Selaku Komandan Upacara 

Berita

Kapolres Pimpin Pembaretan Tradisi Penyambutan Bintara Baru 23 Personil.