Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Rabu, 24 Januari 2024 - 21:02 WIB

Hadiri Persiapan Pelantikan dan Bintek KPPS Pemilu 2024, Kapolres Kerinci Ajak Penyelenggara Berikan Edukasi Jaga Situasi Kamtibmas

KERINCI – Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kerinci AKBP Muhammad Mujib menghadiri langsung Persiapan pelaksanaan Pelantikan dan Training Of Trainers dalam Bimbingan Teknis KPPS Pemilu Tahun 2024, bagi PPK dalam Wilayah Kabupaten Kerinci bertempat di Aula Hotel Grand Kerinci, Kota Sungai Penuh, Rabu (24/1/24).

 

Tampak hadir dalam kegiatan Bimbingan Teknis Pemilu Tahun 2024 diantaranya Komisioner KPU Provinsi Jambi an. Faulrozi, Ketua KPUD Kabupaten Kerinci, Komisioner KPUD Kabupaten Kerinci, Sekretaris KPUD Kabupaten Kerinci, Pasi Intel Kodim 0417 Kerinci, Lettu Infr. Tanjibar, Kabid Politik Kesbangpol Kabupaten Kerinci, serta diikuti Peserta sebanyak 90 Orang dari PPK.

 

Ketua KPUD Kabupaten Kerinci dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan bahwa kegiatan Training of Trainers Fasilitator PPK dan PPS ini untuk Persiapan Bimbingan Teknis KPPS dalam Pemilu 2024.

 

Kegiatan Training of Trainers Fasilitator PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) yang diadakan hari ini bertujuan untuk mempersiapkan bimbingan teknis bagi KPPS guna mengatasi kemungkinan masalah yang mungkin timbul selama hari pemilihan dan penghitungan suara nantinya.

 

” Hal ini akan membantu meningkatkan kualitas pelaksanaan pemilihan serta mengurangi kemungkinan terjadinya masalah yang dapat mengganggu integritas dan validitas proses pemilihan dan penghitungan suara,” ungkapnya.

BACA LAINNYA  Pelaku Pembunuhan Siswa Magang di PT GGI Ternyata Karyawan Kantin

 

Selain itu, kegiatan Training of Trainers Fasilitator PPK dan PPS merupakan langkah penting dalam mempersiapkan pemilu tahun 2024.

 

Sementara itu, Kapolres Kerinci AKBP Muhammad Mujib dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kami dari Polres Kerinci mohon kerjasama untuk menciptakan situasi yang kondusif di wilayah Hukum Polres Kerinci terutama dalam menghadapi Pemilu Serentak 2024.

 

” Kami berharap dari KPUD, PPK, PPS dan KPPS bisa memberikan edukasi juga kepada Masyarakat untuk selalu menjaga Situasi Kamtibmas,” ujar Kapolres.

 

Selanjutnya, Alumni Akpol angkatan 2004 tersebut menambahkan, dalam menghadapi pemilihan umum, persiapan yang matang sangat penting untuk memastikan proses berlangsung dengan lancar dan adil.

 

Training of Trainers Fasilitator PPK dan PPS bertujuan untuk membekali para fasilitator dengan pengetahuan dan keterampilan keterampilan komunikasi, manajemen konflik dan Jaga Netralitas Penyelenggara di wilayah masing-masing.

 

” Diharapkan pemilihan umum tahun 2024 dapat berjalan dengan sukses dan tanpa hambatan yang signifikan,” sambungnya.

 

Kami dari Polres Kerinci turut menghimbau kepada Penyelenggara Pemilu Tahun 2024, seperti PPK, PPS dan KPPS jangan sampai kita jadi pelaku Pelanggaran Pemilu atau pidana, pungkas AKBP Muhammad Mujib.

BACA LAINNYA  Kampanye Akbar Partai Aceh (PA) Meriah Dan Sukses 

 

Selanjutnya, Komisioner Provinsi Jambi dalam penyampaiannya menyampaikan bahwa bimbingan teknis kepada anggota KPPS di tingkat kecamatan dan tingkat pemungutan suara nantinya peserta akan diberikan pemahaman mendalam tentang peraturan dan prosedur pemilihan serta tugas-tugas yang harus dilakukan oleh anggota KPPS.

 

Mereka akan belajar tentang tata cara pemungutan suara, penghitungan suara, penanganan surat suara rusak atau tidak sah, serta penanganan masalah potensial lainnya yang mungkin muncul selama proses pemilihan.

 

Fasilitator juga akan dilatih dalam keterampilan komunikasi dan manajemen konflik, akan mempelajari cara menyampaikan informasi dengan jelas dan efektif kepada anggota KPPS, serta bagaimana mengatasi perbedaan pendapat atau konflik yang mungkin timbul selama tugas pemilihan berlangsung.

 

” Dengan melibatkan fasilitator yang terampil dan terlatih, diharapkan bimbingan teknis dapat disampaikan secara efektif kepada anggota KPPS di tingkat kecamatan dan tingkat pemungutan suara,” ujarnya.

 

Peningkatan kompetensi para fasilitator, diharapkan anggota KPPS akan mendapatkan pembimbingan yang baik sehingga mereka dapat menjalankan tugas mereka dengan profesionalisme dan akurat. (IR)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Pelantikan SMSI Dijadwalkan Tanggal 19 November, Ketua Pusat dan Gubernur Jambi Dipastikan Hadir

Berita

Kakanwil Kemenkum HAM Jambi : Korban Kecelakaan Pegawai Lapas Kelas IIB Jambi Yang Hendak Membeli ATK , Tidak Ada Tahanan Didalam Nya

Berita

Kadivpas Jambi Dampingi Wakil Gubernur Tutup Rehabilitasi di Lapas Narkotika Muara Sabak

Berita

Jalani Sidang Perdana, Hakim Perintahkan Hendri Gunawan Dikembalikan ke Rutan

Berita

Ramadan Momen Emas Membangun Kekuatan Hubungan Sosial dan Spiritual

Berita

Kapolres Kerinci: Anggota PPK Yang Meninggal Pahlawan Demokrasi

Berita

Kasrem 042/Gapu Ikuti Rapurna TMMD ke 43 Tahun 2022 Secara Virtual

Berita

Pasca Dilantik, Kakanwil Kemenkumham Jambi Adnan Adakan Silaturahmi Ke Polda Jambi