Kembali Terjadi Tongkang Tabrak Jembatan di Batanghari, Ditpolairud Polda Jambi Panggil Pemilik Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai

Home / Berita

Rabu, 17 November 2021 - 13:20 WIB

Kapolda Sulut Berikan Arahan Wawasan Kebangsaan

Bidik Indonesia News, MANADO, Humas Polda Sulut – Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno memberikan arahan Wawasan Kebangsaan kepada para Pejabat Utama Polda Sulut, Kapolresta dan Kapolres jajaran, Rabu (17/11/2021) pagi.

Kegiatan berlangsung di ruang Tribrata Mapolda, turut dihadiri Wakapolda Sulut Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir.

“Wawasan kebangsaan adalah cara pandang yang dilandasi akan kesadaran diri sebagai warga dari suatu negara, akan diri dan lingkungannya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Irjen Pol Mulyatno mengawali paparannya.

Dalam kesempatan ini, Irjen Pol Mulyatno menekankan Empat Konsensus Dasar Bangsa. Yaitu, Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Nilai-nilai kebangsaan pada hakikatnya, adalah nilai-nilai yang disepakati dan dipandang baik, yang secara intrinsik melekat pada diri setiap warga negara, berupa norma dan etika yang terkandung dan menjadi ciri kepribadian bangsa Indonesia yang bersumber dari Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia 1945, NKRI, dan Bhinneka Tungal Ika,” jelas Irjen Pol Mulyatno.

BACA LAINNYA  Polres Bungo Buka Bengkel Gratis Layani Pelanggar Knalpot Brong

Makna Pancasila bagi bangsa Indonesia, lanjutnya, ada tiga. Yakni sebagai pandangan hidup, landasan filosofis bangsa, dan dasar negara/ideologi.

Sebagai pandangan hidup, Pancasila digali dari bumi pertiwi, mengakar sebagai butir-butir mutiara, bukan unsur artifisial. Kemudian sebagai landasan filosofis bangsa, Pancasila merupakan hasil perenungan mendalam, mendasari nilai bangsa yang “Bhinneka Tunggal Ika”.

“Dan sebagai dasar negara, Pancasila telah disepakati menjadi penuntun bersama Pemerintahan NKRI dan menjadi sumber dari segala sumber hukum,” terang Irjen Pol Mulyatno.

Sedangkan nilai-nilai Pancasila yaitu, nilai religius, nilai kekeluargaan, nilai keselarasan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan.

BACA LAINNYA  Kunjungi Kampung Pancasila, Pangdam II/Swj Ajak Masyarakat Selalu Rukun dan Harmonis

Irjen Pol Mulyatno kemudian menerangkan tiga nilai yang terkandung dalam UUD Negara Republik Indonesia 1945. Yakni, nilai demokrasi, nilai kesederajatan, dan nilai ketaatan hukum.

Terkait Konsensus Dasar Bangsa ketiga yaitu NKRI, Irjen Pol Mulyatno menjelaskan, ada tiga nilai yang terkandung di dalamnya. Yaitu, nilai kesatuan wilayah, nilai persatuan bangsa, dan nilai kemandirian.

“Kemudian Konsensus Dasar Bangsa yang keempat adalah Bhinneka Tunggal Ika, marilah kita lebih menumbuhkan nilai-nilai kebersamaan bangsa kita yang majemuk. Perbedaan adalah karunia Tuhan Yang Maha Esa, wajib kita terima dan syukuri. Mari kita satukan tekad integritas menuju Indonesia maju,” pungkas Irjen Pol Mulyatno. (Dhea)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Kapolda Jambi Hadiri Rakor Lanjutan Angkutan Batubara dan CPO

Berita

Tega Setubuhi Anak Dibawah Umur, Seorang Nelayan Ditangkap Polres Tanjab Barat

Berita

Ditreskrimsus Polda Jambi Tindak Penambangan dan Aktivitas Minyak Ilegal di Muaro Jambi 

Berita

Lapuanja Terima Kunjungan Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia (PERMAHI)

Berita

Akhir Tahun Motor Baru, Banyak Promo Di Yamaha Panca Motor Jambi

Berita

Polres Merangin Amankan 1 Pelaku Dalam Kasus Penikaman Pemuda di Sungai Manau, 2 Pelaku Masih DPO

Berita

BNNP Jambi Amankan 1 Kurir Sabu di Tanjab Timur

Berita

Bangun Semangat Pahlawan, Lapas Perempuan Tenggarong Gelar Upacara Hari Pahlawan 2023