Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Selasa, 15 Agustus 2023 - 20:10 WIB

Korem 042 Gapu jadi Kodam Sakti Jambi, Ketua PWI Provinsi Jambi: Ini Langkah Strategis, dan Kita Siap Dukung 

JAMBI – Provinsi Jambi terletak di pesisir pantai timur Pulau Sumatera yang berdekatan langsung dengan Selat Berhala dan Selat Lau Cina Selatan. Keberadaannya di segitiga pertumbuhan ekonomi IMS-GT (Indonesia, Malaysia, Singapura) memperkuat urgensi pengawalan keamanan wilayah tersebut.

 

Wilayah Provinsi Jambi juga merupakan bagian penting dari kawasan maritim Indonesia, dengan keberadaan Pelabuhan Ujung Jabung yang menjadi tol laut masa depan Jambi.

 

Keberadaan pelabuhan ini membuat wilayah tersebut potensial terhadap ancaman infiltrasi dari negara-negara asing, yang dapat berdampak tidak hanya terhadap wilayah tetapi juga terhadap keamanan dan stabilitas nasional.

 

Selain itu, keberagaman masyarakat Jambi yang heterogen dan tersebar dalam empat kawasan taman nasional serta kehadiran Suku Anak Dalam (SAD) dan kawasan hutan gambut/mangrove menambah kompleksitas tantangan keamanan. Dalam kerangka ini, wilayah Provinsi Jambi juga dikenal memiliki perusahaan-perusahaan besar dalam sektor migas dan perkebunan yang merupakan aset investasi nasional yang harus dilindungi.

BACA LAINNYA  Syukuran Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-71 Dihadiri Langsung Kapolda Jambi 

 

Dengan demikian, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jambi memberikan usulan yang signifikan kepada Kasad Jenderal TNI H Dudung untuk mendukung peningkatan status Korem 042/GAPU menjadi Kodam Sakti Jambi. Ini dipandang sebagai langkah strategis untuk mengawal keamanan dan stabilitas wilayah Provinsi Jambi yang memiliki potensi dan kepentingan strategis nasional.

 

Ketua PWI Provinsi Jambi, H. R. A. Ridwan Agus, Dpt., menyampaikan bahwa peningkatan status Korem 042/GAPU menjadi Kodam Sakti Jambi merupakan langkah yang sewajarnya.

BACA LAINNYA  Kapolres Muaro Jambi Lepas Pendistribusian Bantuan Kemanusiaan Untuk Korban Gempa Cianjur

 

Ini akan memberikan pengawalan terdepan terhadap keamanan dan stabilitas wilayah daratan dan lautan yang luas, serta potensial terhadap ancaman infiltrasi dari negara asing.

 

Langkah ini diharapkan dapat menjaga keamanan wilayah dan stabilitas nasional dengan mantap, seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan perkembangan strategis wilayah tersebut.

 

Langkah usulan dari PWI Jambi ini menggarisbawahi pentingnya koordinasi antara instansi pemerintah, militer, dan lembaga masyarakat sipil dalam menjaga keamanan dan stabilitas nasional.

 

Peningkatan status Korem menjadi Kodam Sakti Jambi akan memberikan kerangka kerja yang lebih kuat dan lebih efisien dalam mengatasi tantangan keamanan yang beragam dan kompleks dalam wilayah yang kaya sumber daya ini.(*)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Komisi III DPR RI Minta Polda Jambi Lakukan Asesment dan Rehabilitasi Pengguna Narkotika Serta Hukum Berat Bandarnya

Berita

Satreskrim Polres Kerinci Berhasil Amankan Pelaku Penyebar Video Porno Janda Muda, Berikut Motifnya

Berita

Kabut Asap Selimuti Jambi, GM Bandara STS Jambi : Jadwal Penerbangan Normal 

Berita

Serahkan 9 Hewan Qurban Hari Raya Idul Adha, Kapolresta Jambi: Semoga Kita Semua Memaknai Untuk Ikhlas

Berita

Kapolda Jambi Pimpin Zoom Meeting Penanganan Angkutan Batubara, 

Berita

Babinsa Kodim 0415/Jambi Bantu sukseskan Pembukaan MTQ di Desa Wilayah Binaan

Berita

Terkait Bangkai Heli Polda Jambi di Bukit Tamiai, Begini Kata Kapolri Istyo Sigit

Berita

Danrem 042/Gapu Ajak Stakeholder dan Masyarakat Aktif Dalam Penanggulangan Karhutla