Hari Donor Darah Sedunia, Kodim 0419/Tanjab Sumbangkan 55 Kantong Darah 4 PJU Polda Jambi Dimutasi, Kombes Pol Kaswandi Irwan Jabat Dirreskrimsus Polda Kalteng Ribuan Truk Batubara Ditilang dan Ratusan Pelanggaran Ditindak Ditlantas Polda Jambi  Kapolda Jambi Pimpin Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Siginjai Sakti Wira Bhakti Diduga Hendak Melakukan Aksi Tawuran, Tim Resmob Polda Jambi Amankan 3 Remaja Bawa Samurai

Home / Tanjab Barat

Senin, 20 Juni 2022 - 19:43 WIB

Launching Car Free Day, Bupati : Jadikan Kegiatan Ini Peluang Untuk Menumbuhkan Ekonomi Kreatif

Bidik Indonesia News, KUALA TUNGKAL – Hari bebas kendaraan bermotor (Car Free Day) secara resmi dihadirkan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi bagi Masyarakat. Launching hari bebas kendaraan bermotor ini dilakukan secara langsung oleh Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat, H Anwar Sadat di Alun – Alun atau yang dikenal dengan Laman Orang Kayo Rajo Laksmano, Minggu (19/6/22).

 

Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat H Anwar Sadat menyampaikan, hari ini termasuk dalam hari bersejarah bagi Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Karena akan dimulai secara konkrit salah satu aksi kepedulian terhadap Lingkungan melalui Hari bebas kendaraan bermotor (car free day).

 

“Mengingat keberlangsungan kegiatan car free day ini bergantung pada partisipasi aktif masyarakat dari berbagai komunitas, maka saya menghimbau kepada dunia usaha dan masyarakat silahkan aktif mencermati dan menangkap peluang untuk menumbuhkan potensi ekonomi kreatif dari kegiatan car free day ini,” kata Bupati.

 

Saat ini merupakan momentum yang baik, mengingat pada beberapa tahun sebelumnya kita telah berjuang dalam menghadapi Pandemi Covid-19 yang sangat mempengaruhi stabilitas perekonomian masyarakat.

 

“Pada tahun ini alhamdulillah pemerintah pusat telah menetapkan status Covid-19 dari masa pandemi menjadi endemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan vaksin lengkap tahap 1, tahap 2 dan booster,” kata Bupati mengingatkan.

 

Dijelaskan oleh H Anwar Sadat, kegiatan ini memiliki dimensi yang amat luas, diantaranya dimensi lingkungan hidup, dimensi kesehatan, dimensi perhubungan, dimensi ekonomi kerakyatan, dan dimensi sosial kemasyarakatan.

BACA LAINNYA  Puskeling, Lapas Kelas IIB Dorong Minat Baca WBP

 

Selain itu dalam perkembangannya car free day ini diharapkan membawa banyak manfaat, diantaranya sebagai upaya kita mengurangi polusi, peningkatan ekonomi umkm masyarakat, peningkatan kesehatan keluarga dengan berolahraga bersama, dan yang tidak kalah penting dapat mempererat silaturahim sesama masyarakat kota kuala tungkal khususnya.

 

“Sesuai dengan semboyan daerah “serengkuh dayung serentak ketujuan, yang merupakan implikasi visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat dalam mewujudkan Kabupaten Tanjung Jabung Barat “berkah” (berkualitas, ekonomi maju, religius, kompetitif, aman dan harmonis, kami percaya masyarakat Tanjung Jabung Barat adalah masyarakat yang bijaksana dalam menyikapi kebijakan sebagaimana program car free day ini,” kata Bupati saat sambutan.

 

Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat H Anwar Sadat mengingatkan kepada Jajaran Badan, Dinas, Kantor atau bagian di lingkup Pemkab Tanjung Jabung Barat untuk terus mendorong terciptanya multi player efek yang sehat dan dinamis, sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

 

“Kepada panitia car free day termasuk instansi pemangku kepentingan agar memantau, memonitor dan mendeteksi dini terhadap gelagat patologis akibat penyelenggaraan car free day, misalnya ketidakteraturan PKL, kriminalitas, kebersihan dan sebagainya. dengan begitu kita bisa mengantisipasi secara dini dan segera dapat mencarikan solusinya,” tukasnya.

 

Sementara Kadishub Tanjung Jabung Barat Syamsul Juhari dalam laporannya menyebutkan, kegiatan Car Free Day dilaksanakan untuk maksud dan tujuannya adalah untuk mengurangi emisi dampak polusi udara dari kendaraan bermotor.

BACA LAINNYA  Jelang Lebaran, Jasa Perahu Penyebrangan di Desa Kuala Indah Panen Rezeki

 

Kemudian sambung ketua Kadishub, kegiatan Car Free Day juga dimaksudkan mengurangi ketergantungan Masyarakat dengan kendaraan bermotor, meningkatkan kualitas hidup yang sehat dengan berolahraga, meramaikan atau menghidupkan Kota Kuala Tungkal terutama akhir pekan dengan kegiatan positif seperti olah raga, kreatifitas, dan budaya dengan kearifan lokal.

 

“Juga guna menghidupkan perekonomian Masyarakat dari sektor UMKM sehingga dapat meningkatkan penghasilan dampak pandemi Covid-19 selama 2 (Dua) tahun terakhir,” katanya.

 

Sementara tujuan dari kegiatan ini sendiri sebut Syamsul Juhari, agar terciptanya Hari Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day) di Alun – Alun Kota Kuala Tungkal serta terciptanya lalu lintas yang tertib, aman dan lancar dalam kota Kuala Tungkal.

 

“Khususnya disepanjang Jalan seputaran Kantor Bupati, dan ruas Jalan utama lainnya agar Masyarakat dapat melaksanakan kegiatan Olah Raga, seni dan budaya serta kreatifitas lainnya dengan tertib, aman dan lancar,” sebut Kadishub.

 

Untuk diketahui, kegiatan Hari bebas kendaraan bermotor (car free day) yang dilaksanakan perdana oleh Pemkab Tanjung Jabung Barat mendapatkan respon positif dari Masyarakat. Hal ini terlihat ramainya Masyarakat yang hadir saat pelaksanaan kegiatan Car Free Day yang dipusatkan di Alun – Alun Kota Kuala Tungkal tersebut.(Red) 

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Kecewa Pembangunan Oprit Jembatan Sugeng, Bupati Anwar Sadat Lapor Gubernur

Tanjab Barat

Kapolres Tanjab Barat Bersama Bupati dan Forkopimda Tinjau Lokasi Kebakaran Kampung Nelayan

Tanjab Barat

Hari Donor Darah Sedunia, Kodim 0419/Tanjab Sumbangkan 55 Kantong Darah

Tanjab Barat

16 Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas IIB Kuala Tungkal Terima Remisi Natal

Tanjab Barat

H-10 Lebaran Arus Penumpang di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal Mulai Terjadi Lonjakan

Tanjab Barat

Video Aksi Sekompok Remaja Saling Pukul Saat Idul Fitri di Kuala Tungkal Dilatar Belakangi Ini

Tanjab Barat

Dermaga LLASDP Kuala Tungkal Sterilisasi Dari Roda Dua dan Roda Empat

Tanjab Barat

Musnahkan Narkoba, Kapolres Imbau Masyarakat Laporkan Penyalahgunaan Narkoba