Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Minggu, 5 November 2023 - 11:48 WIB

Polda Sumsel Didemo Mahasiswa, Irjen Pol Rachmad Wibowo Temui Para Pendemo Sendirian dan Ajak Diskusi

SUMSEL – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi mendatangi Mapolda Sumatera Selatan (Sumsel) untuk melakukan unjuk rasa terkait Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di Provinsi Sumatera Selatan.

Kedatangan para Mahasiswa ini untuk meminta pertanggungjawaban Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo yang mana salah satu tuntutannya adalah meminta Kapolda Sumsel mundur dari jabatannya.

Meski demikian, viral video yang diunggah di akun medsos Polisi Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo yang merupakan Kapolda Sumsel keluar dari ruangan dan turun untuk menemui para pendemo dan tidak dikawal untuk menemui adik-adik mahasiswa yang tengah melakukan aksi unjuk rasa di depan Mapolda Sumsel.

Jenderal Bintang Dua tersebut dengan penuh keterbukaan mendengarkan tuntutan aksi demo dilakukan oleh koalisi himpunan mahasiswa Islam (HMI) cabang Palembang yang dipimpin oleh Adi Syawal Diansyah dan meminta personelnya untuk tidak menghalangi aksi dan penyampaian aspirasi dari adik-adik mahasiswa.

BACA LAINNYA  Demi Biaya Persalinan Pasangan Suami Istri Lakukan Aksi Curanmor.

Terlihat dala video tersebut, Irjen Pol A Rachmad Wibowo turut memberikan dokumen yang berisi penanganan karhutla di Sumsel dan juga menjelaskan sesuai dengan intruksi Presiden No 3 tahun 2020 dan meminta agar para mahasiswa terlebih dahulu membaca dan memahami dokumen tersebut, kemudian ia mempersilakan pendemo untuk melanjutkan aksi kembali.

“Saya punya kewaiiban untuk membuat kalian cerdas, setelah itu mau unjuk rasa, saya akan hadapi sendirian, tidak akan bawa pasukan. Ini hak kalian untuk menyampaikan ekspresi dan akan menunjukkan siapa kalian,” ujar Kapolda Sumsel.

Setelah menemui para pendemo di depan pagar Mapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo menunggu para mahasiswa yang melakukan aksi unjuk rasa di tangga dengan duduk bersama untuk diskusi.

“Saya Kapolda Sumsel, menunggu adinda di sini. Silakan saya temui di sini, masuk jangan ragu,” katanya Irjen Pol A Rachmad Wibowo.

BACA LAINNYA  Dandim 0416/Bute Pimpin Upacara Hari Bela Negara Ke 75

Dalam kesempatan itu pula orang nomor satu di Jajaran Polda Sumsel tersebut membuka ruang kepada adik-adik mahasiswa yang melakukan aksi unjuk rasa serta menjawab pertanyaan yang di lontarkan mahasiswa.

Pada kesempatan itu pula, Irjen Pol A Racmad Wibowo menjelaskan sesuai dengan intruksi Presiden No 3 tahun 2020 ada 28 institusi negara yang berwenang melakukan kegiatan penanggulangan karhutlah salah satunya menteri pendidikan dan termasuk mahasiswa bisa ikut membantu.

Keberhasilan dalam penanganan karhutla bukan hanya dari kepolisian, tetapi keberhasilan dari semua unsur pemerintahan seluruh lapisan masyarakat dalam upaya pencegahan.

Jenderal Bintang Dua tersebut juga menyampaikan bahwa akan selalu terbuka dan menerima siapapun yang datang karena sudah banyak yang bersilaturahmi ke Polda Sumsel.

“Kami akan siap selalu untuk masyarakat, termasuk menerima aspirasi masyarakat yang datang ke kantor Kepolisan Negara Republik Indonesia khususnya Polda Sumsel,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Satu Pasangan Bukan Suami Istri Terjaring Razia Pekat Polda Jambi di Dalam Kamar Kos

Berita

Surya Paloh Menemui Airlangga Hartarto, RMA: Dukungan Buat Airlangga Hartarto Maju Nyapres

Berita

Peringatan Hari Pahlawan, Wakapolda Jambi Pimpin Upacara Ziarah Makam TPM Jambi 

Berita

Polri Bekerja Sama Imigrasi Tangkap DPO Interpol WN Jepang di Batam

Berita

Lomba Burung Berkicau Piala Kapolda, Irjen Pol Rusdi Hartono: Semoga Kicau Mania Jambi Makin Maju

Berita

1 Unit Rumah Permanen Dilalap Sijago Merah, 6 Unit Armada Dikerahkan

Berita

Berikan Support ke Petugas, Kapolda Jambi Turut Sambangi Pos Pelayanan Gerbang Citra Raya City

Berita

Presiden RI Pimpin KTT AIS Forum 2023