Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Rabu, 19 Juli 2023 - 09:16 WIB

Rakor Bersama Kepala BNPB RI, Gubernur Al Haris: Penanganan Karhutla di Jambi Cukup Baik

JAMBI – Pemerintah Provinsi Jambi menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Jambi Tahun 2023 bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., MM, bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (18/07/2023).

 

Rakor Karhutla ini dipandu secara langsung oleh Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH serta dihadiri Ketua DPRD Provinsi Jambi, Kapolda Jambi Irjen Pol Drs Rusdi Hartono, Danrem 042/Garuda Putih Brigjen TNI Supriono, Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi dan Pemerintah Kabupaten/Kota serta Kepala OPD di lingkup Pemerintah Provinsi Jambi.

 

Selain itu, Rakor Karhutla ini juga turut dihadiri oleh para Kapolres jajaran Polda Jambi dan Dandim jajaran Korem 042 Gapu serta Kepala BPBD Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi.

 

Gubernur Al Haris mengatakan, Satuan tugas (Satgas) karhutla Provinsi Jambi perlu arahan dan bimbingan terkait penanganan karhutla.

BACA LAINNYA  Manfaatkan Pekarangan, TP-PKK Desa Purwodadi Panen 30 Kilogram Jahe Merah

 

“Kami perlu petunjuk, arahan dan bimbingan dari Kepala BNPB terkait penanganan karhutla di Provinsi Jambi,” ujar Gubernur Al Haris.

 

Gubernur Al Haris menegaskan, kondisi penanganan karhutla di Provinsi Jambi cukup baik.

 

“Saat ini kondisi Provinsi Jambi cukup baik, seluruh tim di lapangan berjibaku dalam melakukan pencegahan, dan kita tidak ingin kejadian di tahun-tahun sebelumnya terulang kembali,” tegas orang nomor satu di Provinsi Jambi tersebut.

 

Selanjutnya, Gubernur Al Haris mempersilahkan Kepala BNPB untuk memberikan petunjuk dan arahan terkait penanganan karhutla khususnya di Provinsi Jambi.

 

Kepala BNPB Letjen. TNI. Suharyanto dalam arahannya menjelaskan, perubahan iklim merupakan fenomena yang mengerikan.

 

“Perubahan iklim itu paling ditakuti oleh semua negara, dan perubahan iklim merupakan penyebab peningkatan frekuensi bencana secara drastis,” ucap Suharyanto.

 

BACA LAINNYA  Laka Lantas di Ness, Satu Pengendara Sepeda Motor Tewas Ditempat 

Letjen. TNI. Suharyanto juga menuturkan, dalam satu bulan terakhir Provinsi Jambi memiliki total 490 hotspot.

 

“Dalam kurun waktu satu bulan, Jambi memiliki sebanyak 490 titik panas, dan titik panas terbanyak berada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” tuturnya.

 

Lebih lanjut Letjen. TNI. Suharyanto berpesan kepada seluruh Kepala BPBD Kabupaten/Kota se- Provinsi Jambi untuk terus bergerak secara masif.

 

“Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) harus dilakukan secara masif, ini bertujuan guna mempersiapkan cadangan persediaan air,” pesan Suharyanto.

 

Pada kesempatan ini, Kepala BNPB juga menyerahkan bantuan alat berupa mesin pompa, nozzle, selang, flexible tank dengan kapasitas 5.000 L serta perlengkapan APD guna mendukung operasi melalui jalur darat.

 

Kepala BNPB juga mengungkapkan, saat ini BNPB telah menyediakan pesawat helikopter sebanyak 6 unit guna membantu penanganan karhutla melalui jalur udara.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Kapolres Kerinci: Anggota PPK Yang Meninggal Pahlawan Demokrasi

Berita

Bersama Gubernur, Danrem 042 Gapu, Kapolda Jambi Sambut Penumpang Pertama Tiba di Bandara Sultan Thaha Saifuddin

Berita

Tutup Dikreg Sespim Polri, Kapolri: Jangan Takut dan Ragu Lakukan Hal Terbaik Untuk Masyarakat

Berita

Meski Diguyur Hujan Lebat, Petugas Taman Rimba Berhasil Pindahkan Fraksi si Gajah Betina Dari Konservasi WKS 

Berita

Kodim 0416/Bute Terima Kunjungan Tim Wasev TMMD Dari Mabesad

Berita

Polda Jambi Gelar Pisah Sambut Kapolda Dengan Forkopimda di Auditorium Rumah Dinas Gubernur

Berita

KTT G20 Berjalan Lancar, Polri Ucapkan Terima Kasih ke Masyarakat, Wisatawan hingga Pecalang

Berita

Dandim 0415/Jambi Terima Kunjungan Tim Pabandya 3/Minintel Sintelad.