Kembali Terjadi Tongkang Tabrak Jembatan di Batanghari, Ditpolairud Polda Jambi Panggil Pemilik Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai

Home / Berita

Kamis, 25 Juli 2024 - 20:58 WIB

Sebanyak 256 Mantan Anggota Kelompok NII Cabut Bai’at dan Ikrar Setia NKRI

JAMBI – 256 orang dari berbagai daerah di Provinsi Jambi yang  terafiliasi dengan kelompok Negara Islam Indonesia (NII) melakukan Cabut Baiat dan Ikrar Setia NKRI.

Ikral massal ini di lapangan Polda Jambi pada Kamis 25 Juli 2024 sekitar pukul 16.00 WIB.

Pembacaan Cabut Bai’at dan Ikrar Setia kepada NKRI dipimpin langsung oleh anggota Detasemen Khusus Anti Teror atau Densus 88 Anti Teror disaksikan langsung oleh Kapolda Jambi dan Wakil Gubernur Jambi.

 

 

Perwakilan Eks Anggota dan Simpatisan NII melakukan Penandatangan surat pernyataan cabut bai’at dan ikrar setia yaitu Prof.Hadyanto, Afrizal Hamdan, Raslim dan Jasman.

 

Pencabutan Baiat dan Ikrar Setia NKRI massal ratusan orang yang terafiliasi NII ini menjadi serajah tersendiri bagi Polda Jambi. Pasalnya, ratusan orang yang melalukan ikrar itu berasal dari berbagai kalangan.

 

Ada yang PNS/ASN hingga masyarakat biasa. Diantara dari mereka ada anaknya yang belajar atau mondok di Pompes Alzaitun.

BACA LAINNYA  Sekretaris Daerah Budhi Hartono S.Sos,MT Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional, TA 2023.

 

Selain Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan Wakil Gubernur Jambi, acar ini juga dihadiri Direktur Penindakan Densus 88 Anti Teror, Kejati Jambi, Kepala pengadilan Tinggi Jambi, Mantan Kapolda Jambi Irjen Pol Bambang Suparsono, walikota dan bupati se Provinsi Jambi, PJU Polda Jambi, para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat provinsi Jambi.

 

Seperti diketahui,  banyak warga Jambi yang terafiliasi dengan kelompok NII terungkap dari hasil identifikasi yang dilakukan  Densus 88 Anti Teror berkolaborasi dengan Polda Jambi dan Pemprov Jambi dan Pemerintah kabupaten Kota.

 

NII merupakan organisasi terlarang, berdasarkan Daftar Terduga Teroris dan Organisasi Teroris (DTTOT) Nomor: 12/Pen.Pid/2023/PN.Jkt/Pst tanggal 14 November 2024.

 

Awalnya gerakan ini dipelopori oleh Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo pada tahun 1949 di kawasan Jawa Barat.

 

Tujuannya, adalah mendidikan negara Islam di Indonesia. Ideologi ini dengan cepat menyebar ke berbagai wilayah, termasuk Provinsi Jambi.

BACA LAINNYA  Warga Paalmerah Lama Amankan Pelaku Gengster

 

Di Jambi sendiri, kelompok NII ini sendiri mulai berkembang dari tahun 1987 dibawa oleh Muthasor Harbi yang merupakan Dewan Imamah NII.

 

Dengan adanya kelompok NII di Jambi ini, memberikan pelajaran berharga pada kita semua tentang pentingnya dialog, toleransi, dan kerjasama seluruh stakeholder.

 

Ini sangat penting, untuk menjaga kamtibmas di Provinsi Jambi melalui pendekatan persuasif tanpa melakukan penegakan hukum.

 

Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dalam sambutanya menegaskan tentang pentingnya setia kepada NKRI. Bukan hanya sekedar sebuah slogan melainkan yang mendalam dari kebersamaan dalam keberagaman harus tetap menjadi pilar utama dalam menjaga keutuhan NKRI.

 

Kepada ratusan orang yang melakulan ikrar, Irjen Pol Rusdi Hartono menekankan pentingnya komitmen pada diri sendiri untuk tetap setia kepada NKRI dalam segala kondisi dan situasi.

 

“Persatuan dan kesatuan adalah kekuatan terbesar kita sebagai bangsa dengan bersama-sama membangun Indonesia, ”ujarnya.

Share :

Baca Juga

Berita

Pangdam ll/Sriwijaya Serahkan Penghargaan kepada Serka Ilham di Korem 042/Gapu

Berita

Cegah Terjadinya Karhutla, Kapolres Tanjab Timur Pimpin Rapat Bersama Jajaran 

Berita

Pantau Aktivitas Gunung Kerinci, Kapolres Kerinci Minta Warga Tetap Waspada

Berita

Ingin Menjadi Next Level Bersama Yamaha? Ikuti Kompetisinya!

Berita

Peringatan HUT-78 Persit KCK dihadiri Danrem 042/Gapu

Berita

Apresiasi Program JMS, Pauzan Berharap Siswa Mengerti dan Patuh Hukum 

Berita

AWaSI Jambi Adakan Dialog dan Pelatihan Jurnalistik, Erfan : Konsolidasi Insan Media

Berita

Kapolres Muaro Jambi Beri Penjelasan Terkait Penangkapan Oknum Pelangsir BBM