Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Kamis, 16 Februari 2023 - 08:45 WIB

Siaga Karhutla, Dit Samapta Polda Jambi Cek Peralatan dan Latihan Teknik Pemadaman Api

JAMBI – Dalam rangka mempersiapkan peralatan dan personil menghadapi jika terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Jambi, Dit Samapta Polda Jambi melalui Subdit Gasum melakukan persiapan pengecekan peralatan yang nantinya akan digunakan jika terjadi karhutla.

 

Direktur Samapta Polda Jambi Kombes Pol Yohanes Wong Niti Hartonegoro melalui Kasubdit Gassum AKBP Marudut Tambunan menyebutkan kegiatan pengecekan peralatan ini kita lakukan untuk melihat kondisi alat yang akan digunakan jika terjadi karhutla.

 

” Kita memastikan bahwa alat-alat yang kita miliki ini benar-benar dalam kondisi baik dan layak digunakan, ” ujarnya, Kamis, (16/2/23).

BACA LAINNYA  Pameran Karikatur Bertema Gitu Aja kok Repot Disambut Antusias Para Pengunjung Mall WTC

 

Selanjutnya, kita juga memberikan pelatihan secara teknin kepada personil dalam penggunaan alat serta teknik-teknik lain di lapangan jika terjadi karhutla dan cara pemadaman, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada saat pemadaman api.

 

” Latihan yang kita lakukan yaitu, cara mengambil selang selanjutnya dipasang pada kran dan cara mengunci, menariknya hingga ke pinggir titik api dan menghidupkan air dengan posisi selang sudah siap diarahkan ke lokasi kebakaran, ” lanjutnya.

BACA LAINNYA  Ombudsman Jambi: Tidak Ada Relasi Kuasa antara Abdi Negara dengan Masyarakat

 

AKBP Marudut Tambunan menambahkan, jika kita perhatikan teknik pemadaman api ini kelihatannya mudah, namun jika tidak terlatih maka akan membuat dampak negatif seperti terlilit selang air, pemadaman tidak secara baik serta bisa menyebabkan petugas menjadi korban.

 

” Dengan demikian, perlu adanya latihan teknik kepada personil Dit Samapta agar jika terjadi karhutla, personil Dit Samapta Polda Jambi sudah siap membantu memadamkan api jika terjadi karhutla, ” pungkasnya. (Syah)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Dipimpin Presiden RI, Kapolda Jambi dan Danrem 042 Gapu Hadiri Rapim TNI-POLRI 

Berita

Ini Penekanan Wakapolda Jambi saat Cek Kesiapan Kelengkapan Personel Dalam Pengamanan Pemilu di Polresta Jambi 

Berita

Kapolda Jambi Pimpin Pembukaan Acara Taklimat Awal Audit Kerja Itwasum Polri Tahap II

Berita

Kapolda Jambi Sambut Kedatangan Inspektorat Pengawasan Umum ( Irwasum) Polri

Berita

Puluhan Tahun Warga Perumahan Namura Tidak Mendapat Perhatian Dari Pemerintah Setempat

Berita

Penjabat Bupati Muaro Jambi Meninjau Pelayanan Rekam Cetak KIA di Sekolah Dasar Negeri SDN 84

Berita

Pendampingan Pelaksanaan Pembinaan Monitoring P2S, Ketua TPPS Provinsi Bengkulu Lakukan Kunker

Berita

Pembukaan Kegiatan Turnamen Bola Kaki Piala Apdesi Cup I Aceh Timur Berjaya dan Sukses.