Kembali Terjadi Tongkang Tabrak Jembatan di Batanghari, Ditpolairud Polda Jambi Panggil Pemilik Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai

Home / Berita

Selasa, 16 Juli 2024 - 13:53 WIB

Babinsa Kelurahan Simpang Rimbo Berikan Materi Bela Negara di SMA Negeri 11 Jambi

Jambi – Babinsa Kelurahan Simpang Rimbo, Peltu Enedi dari Koramil 415-09/Telanaipura, Kodim 0415/Jambi memberikan materi bela negara kepada siswa-siswi baru SMA Negeri 11 Jambi. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada Selasa, 16 Juli 2024.

Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Ini merupakan tekad, sikap, dan perilaku yang secara teratur, menyeluruh, terpadu, dan berlanjut, berlandaskan cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, serta keyakinan akan Pancasila sebagai ideologi negara.

Peltu Enedi menjelaskan bahwa tujuan pemberian materi bela negara ini adalah untuk menanamkan nilai-nilai patriotisme, cinta tanah air, dan kesadaran akan pentingnya mempertahankan kedaulatan negara di kalangan siswa-siswi. Dengan demikian, mereka diharapkan dapat menjadi generasi penerus yang memiliki semangat juang tinggi dan siap membela negara dalam berbagai situasi.

BACA LAINNYA  Temukan Bayi Yang Dibuang, Kapolda Sumsel Berikan Perhatian dan Periksa Kesehatan Sang Bayi

Dalam kesempatan tersebut, Peltu Enedi juga memberikan beberapa upaya yang harus dilakukan siswa-siswi dalam rangka bela negara, antara lain:

*1.Menjaga Persatuan dan Kesatuan:* Selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kebhinekaan dan menjauhkan diri dari sikap-sikap yang dapat memecah belah persatuan.

*2.Menghormati Simbol Negara:* Menghormati bendera, lambang negara, dan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebagai bentuk penghormatan terhadap negara.

*3.Berprestasi dalam Pendidikan:* Belajar dengan tekun dan berprestasi dalam bidang akademik maupun non-akademik sebagai bentuk kontribusi positif terhadap bangsa.

*4.Menjaga Ketertiban dan Keamanan:* Mematuhi peraturan sekolah dan hukum yang berlaku, serta berperan aktif dalam menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan sekolah maupun masyarakat.

BACA LAINNYA  Kapolda Jambi Sampaikan Pesan Moral kepada Siswa SMA Taruna Nusantara Magelang saat Silaturahmi 

*5.Berpartisipasi dalam Kegiatan Sosial:* Terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan yang dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama.

Pihak Sekolah SMA Negeri 11 Jambi, menyampaikan apresiasinya atas kedatangan dan pemberian materi dari Peltu Enedi. “Kami sangat berterima kasih atas perhatian dan bimbingan dari Babinsa. Semoga materi yang diberikan dapat menambah wawasan dan semangat siswa-siswi kami dalam mencintai dan membela negara,” ujarnya.

Dengan pemberian materi bela negara ini, diharapkan siswa-siswi SMA Negeri 11 Jambi dapat menginternalisasi nilai-nilai kebangsaan dan berperan aktif dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI.

Share :

Baca Juga

Berita

Kapolres Pidie Jaya, Dapat Apresiasi Dari Anggota DPRK dan Tokoh Masyarakat atas Pengungkapan Kasus Curanmor

Berita

Berawal dari Ucapan, Pasutri di Tanjab Barat Dibacok Pakai Kapak

Berita

Ciptakan Lebaran Aman dan Kondusuf, Kapolres Beserta Bupati Tanjab Timur Sinergi Cek Pos Pelayanan dan Pengamanan

Berita

Razia Cooling System: Komitmen Polres Pidie Jaya Menjaga Kamtibmas yang Kondusif Jelang Pilkada 2024

Advetorial

Perintahkan Menembak, Irjen Ferdy Sambo Ditetapkan Tersangka Kematian Brigadir J

Berita

Antisipasi Tindak Kejahatan Malam Hari, Sat Brimob Polda Jambi Gelar Patroli Hunting

Berita

Balap Sepeda – ISSI Jambi Terus Genjot Prestasi Atlet Sepeda Gunung

Berita

Antisipasi Musim Penghujan, Ditpol Airud Polda Jambi Siagakan 5 Armada Dan 50 Personil Ditpolairud Polda Jambi