Kembali Terjadi Tongkang Tabrak Jembatan di Batanghari, Ditpolairud Polda Jambi Panggil Pemilik Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai

Home / Berita

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 16:56 WIB

Babinsa Sulanjana Galakkan Pelestarian Seni Kompangan di Kalangan Remaja

Jambi- Di tengah arus modernisasi, pelestarian budaya lokal menjadi salah satu tantangan yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Namun, di Jambi, upaya untuk menjaga warisan nenek moyang terus dilakukan. Salah satunya adalah melalui kegiatan seni kompangan, sebuah tradisi musik yang telah diwariskan secara turun-temurun.

Adalah Serma Iswanto, Babinsa Koramil 415-11/Jambi Timur, Kodim 0415/Jambi, terlibat aktif dalam mendorong generasi muda untuk tetap mencintai dan melestarikan seni kompangan.

BACA LAINNYA  Akan Dipekerjakan Secara Ilegal di Malaysia, Tim Satgas Polda Jambi Tangkap Pelaku TPPO di Kerinci

Saat mendampingi latihan kompangan yang digelar di Jalan Pangeran Diponegoro, Gang Patuha RT 14, Kelurahan Sulanjana, ia memberikan arahan serta motivasi kepada para remaja tersebut.

Melalui kegiatan ini, Serma Iswanto berharap agar seni kompangan tidak hanya sekadar dipertahankan, tetapi juga dikembangkan sebagai bagian dari identitas budaya lokal. Ia menambahkan bahwa kegiatan ini juga menjadi sarana penting dalam mempererat hubungan sosial antara Babinsa dan masyarakat, terutama kalangan remaja.

BACA LAINNYA  ABK Tugboat KBPC Ditemukan Tewas di Sungai Batanghari

Dengan demikian, seni kompangan tidak hanya menjadi simbol dari kekayaan budaya Indonesia, tetapi juga menjadi jembatan komunikasi yang memperkuat ikatan sosial di tengah masyarakat.

Upaya pelestarian ini diharapkan mampu menjadikan seni kompangan tetap relevan dan dicintai oleh generasi masa kini dan yang akan datang.

Share :

Baca Juga

Berita

Dalam Satu Hari, 3 Paslon bupati hingga walikota provinsi di jambi Silaturahmi ke Sekber rumah 808

Berita

Kadiv Humas Terima Kunjungan Kapuspen TNI, Sinergitas Kunci Lewati Tantangan

Berita

Cegah Penularan Covid-19 di Rumah Ibadah, Bhayangkari Cabang Tanjabtim Bagikan Masker dan Hand Sanitizer 

Berita

Elok Nian! Kanwil Kemenkumham Jambi Sabet Penghargaan Satker Nilai IKPA dan Laporan Keuangan T.A 2022 Terbaik Kategori Pagu Sedang

Berita

Bersama Ditjen AHU, Kanwil Kemenkumham Jambi Selenggarakan FGD Piloting dan lnkubasi Perseroan Perorangan

Berita

Istri cabup Tebo Nazar, di laporkan ke Bawaslu.

Berita

Ojk Raih Predikat Badan Publik Informatif Terbaik 2023

Berita

Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jambi Bantu Pencarian Korban Tenggelam, dan Satu Korban Ditemukan