Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Kamis, 10 Agustus 2023 - 20:23 WIB

Dandim 0415/Jambi Tinjau Lokasi Karhutla di Desa Talang Duku Kab. Muaro Jambi

Kodim Jambi- Memasuki musim kemarau, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih menjadi momok yang sangat menakutkan bagi keberlangsungan kehidupan perekonomian masyarakat. Karhutla benar-benar menjadi atensi bagi banyak pihak, mulai dari TNI hingga instansi pemerintah dan swasta untuk melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan secara komprehensif.

 

Jambi merupakan provinsi ke-3 yang memiliki lahan gambut terluas di Sumatera, tidak heran jika stakeholder yang ada dan penggiat lingkungan memberikan atensi penuh terhadap penanganan dan penanggulangan karhutla. Pengelolaan dan mitigasi dilahan gambut menjadi kunci penting meminimalkan kejadian tersebut. Karena kebakaran gambut juga memicu kabut asap yang mampu meluluhlantakkan kehidupan masyarakat.

 

Sebagai upaya antisipasi dan penanganan karhutla, Dandim 0415/Jambi bergerak aktif melakukan pemantauan langsung di titik-titik rawan kebakaran. Salah satu wilayah yang menjadi prioritas pantauanya yakni di Desa Talang Duku Kab. Ma Jambi.

BACA LAINNYA  Ketua PWI Kota Jambi Sayangkan Aksi Perampasan Sepeda Motor Milik Wartawan 

 

Bersama PJU Kodim 0415/Jambi, Danramil 415-05/Sengeti dan didampingi oleh petugas dari BPBD Ma Jambi, Dandim Letkol Arm Eko Pristiono, SH., M.I.Pol memantau dan memberikan instruksi kepada petugas posko dan petugas patroli karhutla tentang penanganan karhutla di wilayah tersebut, Kamis (10/08/2023).

 

Dandim mengajak warga dan pelaku usaha perkebunan untuk tidak melakukan aktivitas pembakaran saat membuka lahan, kondisi kekeringan saat memasuki musim kemarau seperti ini harus disikapi secara bijak. Diperlukan kerjasama semua pihak untuk mengantisipasi dan mengatasi karhutla, ajak Dandim.

BACA LAINNYA  Jadi Pembina Upacara di Sekolah, Ini Pesan Kapolda Jambi Kepada Siswa SMK Negeri 3 Kota Jambi 

 

“Kita harus terus memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang dampak karhutla. Paparan asap akibat kebakaran tersebut mampu merusak kesehatan manusia terutama menyebabkan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), mengganggu aktivitas sekolah, pasar dan pusat ekonomi lainnya, yang pasti ekosistem di alam mengalami kehancuran.” jelas Dandim.

 

Kegiatan pemantauan karhutla akan terus dilakukan secara langsung oleh Dandim sebagai pertanggungjawaban tugas yang dibebankan oleh pimpinan komando atas. Sikap disiplin tentang prosedur penanganan kebakaran harus dapat ditularkan kepada masyarakat secara luas di wilayah binaan, sehingga kesadaran dan pemahaman tentang dampak dan perilaku kebiasaan membuka lahan secara konvensional dapat dihindari, imbuhnya.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Danrem 042 Gapu Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Wakil Presiden RI

Berita

Wagub Sani Hadiri HUT Ke-15 Kota Sungai Penuh

Berita

Pensiun dari Polri, Mantan Kapolda Jambi Irjen Pol (Purn) Muchlis Panen Padi Mencari keberkahan 

Berita

Dansat Brimob Polda Jambi Pimpin Apel Kesiapan Personil dan Sarpras OMB 2023-2024 di Polres Kerinci

Berita

Yamaha Jambi Akan Adakan Blu Cru Riding Experience Untuk Konsumen WR 155

Berita

Hasilkan 10 Usulan Skala Prioritas, Musrenbang Desa Sungai Jambat Tahun 2023 Menitik Beratkan Pembangunan Infrastruktur   

Berita

Kasrem 042/Gapu pimpin Acara Laporan Korps Perwira Periode 1 April 2024

Berita

Pelatihan Peningkatan Kemampuan Presenter Ditkamsel Korlantas Polri