Pria di Teluk Nilau Meninggal Gantung Diri di Kamar Mandi Tragis, Kecelakaan Tunggal di Kota Jambi 4 Orang Tewas Proses Autopsi Selesai, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia : Hasil Autopsi Dapat Diketahui 4-8 Minggu Kedepan Jelang Autopsi Ulang, Malam Ini Makam Brigadir Yosua Dijaga Ketat Polda Jambi Turunkan 330 Personel, Amankan Jalannya Autopsi Ulang Brigadir J




Home / Berita

Kamis, 22 September 2022 - 10:34 WIB

Dinkes PP dan KB Tanjungpinang Laksana Sosialisasi Penyakit Frambusia

Bidik Indonesia News, Tanjungpinang – Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) Kota Tanjungpinang melakukan sosialisasi persiapan penetapan Kota Tanjungpinang bebas Frambusia 2022, Selasa (20/9/2022).

 

Sosialisasi dibuka secara langsung oleh Kepala Dinkes PP dan KB Tanjungpinang Elfiani Sandri, dengan narasumber dr. Imelda Riana Permata Sari Putri Wihadi dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

 

Dalam sambutannya, Elfiani menyampaikan Frambusia merupakan penyakit tropis yang termasuk ke dalam kelompok penyakit tropis terabaikan.

 

Frambusia adalah penyakit menular langsung antar manusia yang disebabkan oleh infeksi kronis bakteri Treponema Pertenue yang hidup di daerah tropis dan pada umumnya terlihat sebagai lesi pada kulit serta dapat menyebabkan cacat pada tulang.

 

“Penularannya melalui lalat atau melalui kontak langsung dari cairan luka penderita ke orang yang mempunyai kulit yang luka atau tidak utuh,” ujarnya.

BACA LAINNYA  Danrem 042/Gapu Terima Audiensi Kepala BNN Jambi

 

Ia mengatakan, peningkatan dan pemerataan pendidikan, kemajuan teknologi dalam pengobatan serta meningkatnya perilaku hidup bersih dan sehat berdampak pada hilangnya kondisi yang mendukung penularan Frambusia dan semakin terlokalisirnya penyebaran penularan Frambusia.

 

Situasi tersebut merupakan momentum yang tepat untuk melaksanakan program Eradikasi Frambusia dan persiapan penetapan Sertifikasi Kota Tanjungpinang bebas Frambusia tahun 2023.

 

Penetapan Kabupaten/Kota bebas Frambusia, lanjutnya, berdasarkan hasil surveilans telah terbukti tidak ditemukannya kasus Frambusia dengan kriteria tidak ditemukan kasus konfirmasi baru selama kurun waktu enam bulan berturut-turut, serta tidak pernah memiliki riwayat kasus Frambusia dan surveilans berkinerja baik.

 

Ia menjelaskan, pada tahun 2012 Kota Tanjungpinang dilakukan survei temukan bercak Kusta tipe MB satu orang dan survei serologis Frambusia ditemukan dua orang RDT positif dan dikonfirmasi dengan RPR, dengan hasil positif Shipilis dan tidak ditemukan kasus Frambusia.

BACA LAINNYA  Ketua DPD Partai Golkar Muaro Jambi Buka Musda III HWK 

 

“Berdasarkan laporan surveillans Puskesmas dari tahun 2012-2021 tidak ditemukan kasus frambusia,” ucapnya.

 

Ia menyampaikan, sertifikasi Kota Tanjungpinang bebas Frambusia direncanakan akan dilakukan penilaian pada Juni 2023 mendatang. Penilaian akan dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI bersama Dinkes Provinsi Kepri.

 

Oleh karenanya, ia mengajak semua pihak untuk mendukung dan mendorong terwujudnya Kota Tanjungpinang bebas Frambusia dibuktikan dengan pemberian Sertifikat Frambusia oleh Kementerian Kesehatan RI.

 

“Saya mengajak Bapak/Ibu Rumah Sakit, Puskesmas, DPM/Klinik yang ada di wilayah kerja Puskesmas untuk bersama-sama membuktikan dengan melakukan Surveilans Frambusia di wilayah kerja masing-masing, sehingga penetapan Kota Tanjungpinang bebas Frambusia Tahun 2022 dapat terwujud,” imbuhnya.(Red).

Share :

Baca Juga

Advetorial

Autopsi Ulang Jenazah Brigadir J Diawasi Pihak Eksternal

Berita

Kapolda Jambi Hadiri Rakor Lanjutan Angkutan Batubara dan CPO

Berita

Demi Jaga Persatuan, Pemuda Moeslim Jayakarta Dukung Penahanan Edy Mulyadi

Berita

Suasan Haru Iringi Penyambutan Kedatangan 136 Jamaah Haji Tanjabbar

Berita

Bakti Kesehatan Donor Darah Polres Tanjab Barat Menyambut HUT Bhayangkara Ke-76

Berita

Layani Keluarga dan WBP Untuk Vaksin Booster, Lapas Klas IIB Tungkal Gandeng Kodim 0419/Tanjab

Berita

Pelaku Penggelapan Sepeda Motor Teman Diringkus Polsek Betara

Berita

Pasca Ujian , Sekolah Laksanakan Pelantikan Pengurus OSISM Nurul Ikhsan