Kembali Terjadi Tongkang Tabrak Jembatan di Batanghari, Ditpolairud Polda Jambi Panggil Pemilik Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai

Home / Berita

Sabtu, 3 Desember 2022 - 21:39 WIB

Manfaatkan Pekarangan, TP-PKK Desa Purwodadi Panen 30 Kilogram Jahe Merah

Bidik Indonesia News, TEBING TINGGI – Disaat kondisi perekonomian Masyarakat belum benar – benar pulih pasca Pandemi Covid-19, dan menurunnya harga jual komoditas Perkebunan, membuat warga dituntut berinovasi memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari.

 

Seperti yang dilakukan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Desa Purwodadi, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Puji Astuti, dengan memanfaatkan pekarangan Rumah dirinya membudidayakan tanaman Jahe Merah.

 

Ketua TP-PKK Desa Purwodadi Puji Astuti mengatakan, untuk program PKK dirinya selalu menyarankan agar para Ibu – Ibu yang termasuk dalam TP-PKK Desa Purwodadi dan Warga Masyarakat lainnya untuk memanfaatkan lingkungan di sekitar Rumah.

BACA LAINNYA  Kapolres Sarolangun Terima Langsung Penyerahan Diri Para Pelaku Pengeroyokan di Mandiangin

 

“Kami selalu sampaikan ke Warga maupun PKK setiap Rumah itu harus ada tanaman Boga nya biarpun itu beberapa jenis. Untuk Jahe ini ada beberapa tempat. Lagian manfaatnya banyak sekali,” kata Puji Astuti, Sabtu (3/12/22)

 

Pemanfaatan pekarangan Rumah ini mendapatkan dukungan dari sang suami Jayus. Selaku Kepala Desa, Jayus memberikan support dalam budidaya Jahe Merah tersebut.

 

“Alhamdulillah dengan memanfaatkan lahan 10×9 Meter, Hari ini Total Jahe Merah yang dipanen sekitar 30 Kilogram,” ucapnya.

 

Dijelaskan Jayus, untuk pemasaran Jahe Merah tidak susah. Bahkan kondisi tidak dibuat produk apapun sudah banyak yang mau membeli.

BACA LAINNYA  OJK Tindak Lanjuti Pencabutan Izin Usaha Pt Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (Wanaartha Life)

 

” Jahe merah ini banyak kegunaannya mulai dari untuk Wedang Jahe, Sekuteng dan lainnya,” katanya.

 

Tidak hanya digunakan untuk Wedang Jahe, oleh Ibu – Ibu PKK Desa Purwodadi olahan Jahe Merah ini juga dijadikan produk berbentuk bubuk.

 

“Untuk produk yang dikelola Ibu – Ibu PKK ini Produk Bubuk Jahe kemasan 200 Gram di Jual Rp80 Ribu. Dan untuk pemasaran masih Lokal itupun kewalahan melayaninya. Walaupun belum diolah menjadi sebuah produk,” ungkap Kades.(Bas)

 

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Ketua Bawaslu Himbau Masyarakat Jaga Situasi Pilkada dari Berita Hoax dan Politik Adu Domba

Berita

Ketua Bhayangkari Daerah Jambi Lakukan Panen Raya P2L Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke 71

Berita

Ini 9 Poin Penting dalam Surat Edaran Gubernur Jambi Terbaru Tentang Angkutan Jalan

Berita

Operasi Lilin 2022, Kapolda Jambi: 28 Pos Pam dan 13 Posyan Didirikan Sambut Nataru

Berita

Gudang Pengolahan Minyak Kelapa Sawit di Muaro Jambi Terbakar, 3 Karyawan Terluka

Berita

Dansat Brimob Polda Jambi Hantarkan Satu Personel Brimob Masuki Masa Purna Bakti

Berita

Ciptakan Kamseltibcarlantas Selama STQH, Ditlantas Polda Jambi Hentikan Mobilitas Angkutan Batu Bara

Berita

HUT Humas Polri ke-72, Polres Aceh Timur Sumbang Darah ke PMI