Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Sabtu, 3 Desember 2022 - 21:39 WIB

Manfaatkan Pekarangan, TP-PKK Desa Purwodadi Panen 30 Kilogram Jahe Merah

Bidik Indonesia News, TEBING TINGGI – Disaat kondisi perekonomian Masyarakat belum benar – benar pulih pasca Pandemi Covid-19, dan menurunnya harga jual komoditas Perkebunan, membuat warga dituntut berinovasi memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari.

 

Seperti yang dilakukan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Desa Purwodadi, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Puji Astuti, dengan memanfaatkan pekarangan Rumah dirinya membudidayakan tanaman Jahe Merah.

 

Ketua TP-PKK Desa Purwodadi Puji Astuti mengatakan, untuk program PKK dirinya selalu menyarankan agar para Ibu – Ibu yang termasuk dalam TP-PKK Desa Purwodadi dan Warga Masyarakat lainnya untuk memanfaatkan lingkungan di sekitar Rumah.

BACA LAINNYA  Benny Mamoto Buka Rapimnas SMSI 2023, Harapkan Keputusan Strategis Untuk Pemilu Damai

 

“Kami selalu sampaikan ke Warga maupun PKK setiap Rumah itu harus ada tanaman Boga nya biarpun itu beberapa jenis. Untuk Jahe ini ada beberapa tempat. Lagian manfaatnya banyak sekali,” kata Puji Astuti, Sabtu (3/12/22)

 

Pemanfaatan pekarangan Rumah ini mendapatkan dukungan dari sang suami Jayus. Selaku Kepala Desa, Jayus memberikan support dalam budidaya Jahe Merah tersebut.

 

“Alhamdulillah dengan memanfaatkan lahan 10×9 Meter, Hari ini Total Jahe Merah yang dipanen sekitar 30 Kilogram,” ucapnya.

 

Dijelaskan Jayus, untuk pemasaran Jahe Merah tidak susah. Bahkan kondisi tidak dibuat produk apapun sudah banyak yang mau membeli.

BACA LAINNYA  Tes Rikkes Tahap I Penerimaan Calon Bintara Polri Hingga 13 Mei, Karo SDM Polda Jambi Pastikan Tak Ada Kecurangan

 

” Jahe merah ini banyak kegunaannya mulai dari untuk Wedang Jahe, Sekuteng dan lainnya,” katanya.

 

Tidak hanya digunakan untuk Wedang Jahe, oleh Ibu – Ibu PKK Desa Purwodadi olahan Jahe Merah ini juga dijadikan produk berbentuk bubuk.

 

“Untuk produk yang dikelola Ibu – Ibu PKK ini Produk Bubuk Jahe kemasan 200 Gram di Jual Rp80 Ribu. Dan untuk pemasaran masih Lokal itupun kewalahan melayaninya. Walaupun belum diolah menjadi sebuah produk,” ungkap Kades.(Bas)

 

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Kapolda Jambi Sampaikan Pesan Moral kepada Siswa SMA Taruna Nusantara Magelang saat Silaturahmi 

Berita

Empat Pelaku PETI Ditangkap Tim Sultan Unit Tipidter Satreskrim Polres Tebo 

Berita

396 CJH Tanjab Barat Akan Menunaikan Ibadah Haji, Satu Mengundurkan Diri 

Berita

Hari Ini 4 Pejabat Setingkat Eselon II di Lantik, 1 Dikukuhkan

Berita

Polresta Jambi Kembali Gagalkan Peredaran Narkoba, 39 Kilogram Ganja Diamankan Bersama Dua Pelaku 

Berita

Dipimpin Kapolres Sarolangun, Mediasi Terkait Aksi Pemblokiran Jalan Akhirnya Dibuka Warga

Berita

Mobilisasi Batubara Baru Bisa Kembali Dibuka Berikut Persyaratannya

Berita

Wakapolda Jambi Pimpin Taklimat Akhir Audit Kinerja Itwasda