Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Selasa, 6 Desember 2022 - 09:45 WIB

Mengenal Adat Melayu dan Sebagai Tokoh serta Orang Tua di Jambi, Kapolda Jambi Sambangi Kediaman HBA

Bidik Indonesia News, JAMBI – Sudah hampir 2 bulan Irjen Pol Drs Rusdi Hartono menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Jambi, usai dilantik oleh Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo pada 18 Oktober lalu.

Tiba di Provinsi Jambi, Jenderal Bintang Dua tersebut disambut oleh Forkopimda dan langsung melakukan koordinasi antar lembaga penegak hukum yang ada di Jambi seperti Kejaksaan, Pengadilan, dan instansi terkait lainnya.

Sebagai orang baru di Provinsi Jambi tentunya Irjen Pol Rusdi Hartono harus banyak menjalin silaturahmi serta menjalin sinergisitas agar terciptanya kamtibmas di masyarakat tetap kondusif.

Jika sebelumnya Irjen Pol Rusdi Hartono menyambangi kediaman mantan Kapolda Jambi dan juga merupakan asli orang Jambi yaitu Irjen Pol (Purn) Muchlis AS, MH, kali ini Jenderal Bintang Dua tersebut menyambangi kediaman Hasan Basri Agus yang merupakan Tokoh masyarakat Jambi, Orang Tua yang ada di Jambi, Ketua Lembaga Adat Melayu Jambi, HBA juga merupakan mantan Gubernur Jambi dan saat ini Anggota DPR RI mewakili Jambi.

Sesuai seloko adat Melayu, Adat Bersendi Syarak, Syarak Bersendi Kitabullah dan sesuai dengan slogan Provinsi Jambi, Sepucuk Jambi Sembilan Lurah sebagai orang nomor satu dan bertanggung jawab khususnya menjaga keamanan di Provinsi Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono menyambangi dan bersilaturahmi bersama Hasan Basri Agus.

BACA LAINNYA  Polda Bersama Pemprov Jambi Tindaklanjuti Edaran Kementerian ESDM Terkait Angkutan Batubara

Kedatangan Kapolda Jambi tersebut disambut hangat Hasan Basri Agus (HBA) dikediamannya bertempat di Lorong Ibrahim Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi, Selasa (6/12/22).

Dalam perbincangannya Irjen Pol Rusdi Hartono didampingi Wadir Intelkam Polda Jambi AKBP Irwan Andy Purnamawan mengatakan bahwa sebagai warga dan orang baru di Jambi tentunya masih banyak yang harus dilakukan yang mana dalam harus ada masukan dari semua pihak terkhusus dari Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, serta Ketua Lembaga Adat Melayu Jambi.

” Saya tadi berbincang dengan pak HBA untuk dibantu menjaga situasi kamtibmas di Provinsi Jambi, karena di Jambi ini sangat kental Adatnya, boleh dibilang sangat menjunjung tinggi Adat istiadat, ” ujarnya.

Tentunya saya berharap kedepan, selama saya menjabat sebagai Kapolda Jambi bisa terus menjaga situasi kamtibmas yang kondusif di Provinsi Jambi dengan bersinergi kepada Ketua Adat Melayu Jambi, sehingga permasalahan hukum atau upaya hukum adalah upaya terakhir jika sudah tidak ada lagi jalan keluar.

BACA LAINNYA  Tingkatkan Sinergitas, Kapolres Bungo Kunjungi Kantor Kejari

” Kita masih ada Adat yang harus kita pedomani, karena bak pepatah mengatakan, dimana Bumi di Pijak, Disitu Langit di Junjung, dan lain Lubuk lain pula ikannya,” lanjut Irjen Pol Rusdi Hartono.

Artinya, tidak bisa kita samakan upaya-upaya hukum antara daerah satu dan daerah lainnya, yang mana jika itu bisa diselesaikan dengan Adat yang di duduk oleh lembaga Adat, kita aparat kepolisian bisa mengawalnya, sehingga jika permasalahan besar bisa kita kecilkan, dan kecil bisa kita hilangkan.

” Intinya jika perbuatan itu tidak bertentangan dengan UU dan hukum yang berlaku masih bisa diselesaikan secara kekeluargaan ataupun Adat,” sambungnya.

Mohon doanya selama saya menjabat sebagai Kapolda Jambi, Provinsi Jambi ini bisa terus kondusif dan aman-aman saja, serta sinergisitas antara Polri, TNI, Pemerintah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dari tingkat atas hingga tinggal RT dapat berjalan dengan baik.

” Terimakasih atas sambutan dan dukungan dari Pak HBA, semoga pertemuan ini merupakan awal yang baik untuk kita saling bersinergi khususnya Polda Jambi dan Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi,” tutup Irjen Pol Rusdi Hartono. (Syah)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Nekat Gelapkan Sepeda Motor Milik Istri Sendiri, Seorang Suami Digelandang Kekantor Polisi

Berita

Komitmen Berantas Aktifitas PETI, Polres Sarolangun Lakukan Himbauan dan Pemasangan Spanduk Pengawasan

Berita

Wagub Sani: Pemprov Jambi Akan Terus Bantu Lembaga Pendidikan Islam

Berita

Bupati Tanjab Barat Gunakan Hak Suara dan Himbau Masyarakat Tidak Golput

Berita

Wagub Sani Tutup Turnamen Sepak Bola Gubernur Cup Tahun 2024

Berita

Jaga Stabilitas Keamanan Secara Rutin, Tim Satops Patnal Lapas Perempuan Laksanakan Razia Area Kegiatan Kerja,Koperasi, Dan Wartelsus

Berita

OJK Dorong Pengembangan UMKM Sebagai Pertumbuhan Ekonomi Baru di Daerah

Berita

Ini Sosok Panglima KKB Berandalan Bermotor Yang Ditangkap Satreskrim Polresta Jambi