Kembali Terjadi Tongkang Tabrak Jembatan di Batanghari, Ditpolairud Polda Jambi Panggil Pemilik Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai

Home / Berita

Jumat, 30 Agustus 2024 - 14:41 WIB

Pimpin Penanganan Karhutla, Dandim 0415/Jambi Prioritaskan Koordinasi dengan Instansi Terkait

Jambi – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) merupakan bencana yang kerap terjadi akibat kombinasi faktor alam dan ulah manusia. Selain merusak ekosistem, Karhutla juga membawa dampak buruk bagi kesehatan masyarakat akibat paparan asap yang dihasilkan.

 

Dampak ini tidak hanya dirasakan di lokasi terjadinya kebakaran, tetapi juga di wilayah sekitarnya.

 

Dalam rangka menanggulangi Karhutla yang terjadi di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Kumpe Ilir, Kabupaten Muaro Jambi, Dandim 0415/Jambi Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya memimpin langsung tim penanganan di lapangan, Kamis (29/8/2024).

 

Dalam penanganan ini, Dandim mengedepankan upaya koordinasi, khususnya dengan Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi dan instansi terkait, guna memastikan penanganan yang lebih efektif, reaktif, dan cepat.

BACA LAINNYA  Jajaran Petugas Lapas Kuala Tungkal Melaksanakan Upacara, Peringati HUT KORPRI ke-52.

 

Pada kesempatan tersebut, Dandim Yoga Cahya Prasetya menyambut kedatangan Pj Bupati Muaro Jambi, Drs. R. Najmi, yang berkunjung ke Posko Karhutla di Desa Rantau Panjang. Posko yang berfungsi sebagai pusat koordinasi ini dibentuk di rumah Kepala Desa, Datuk Ari Meizandi dan diperuntukkan bagi tim gabungan serta masyarakat setempat untuk memantau perkembangan situasi dan penanganan Karhutla.

 

Selain memimpin koordinasi yang intens, Pj Bupati juga mengambil langkah konkret dengan membagikan masker kepada masyarakat sekitar guna melindungi mereka dari dampak buruk asap Karhutla. Langkah ini diharapkan dapat mengurangi risiko kesehatan yang dihadapi warga.

BACA LAINNYA  Danrem 042/Gapu Cek Pengamanan Malam Misa Natal Di Jambi

 

Untuk diketahui, di Kecamatan Kumpe Ilir, Karhutla telah melanda tiga desa, yaitu Desa Londrang, Desa Rondrang, dan Desa Rantau Panjang. Situasi ini membutuhkan penanganan cepat dan sinergi yang kuat antara semua pihak terkait.

 

Dengan adanya upaya koordinasi yang intensif ini, diharapkan penanganan Karhutla dapat lebih optimal, serta risiko yang dihadapi masyarakat dapat diminimalisir dengan segera tanpa adanya birokrasi yang panjang.

Share :

Baca Juga

Berita

Semangat Ramadhan, Personil Ditpolairud Polda Jambi Bersih-bersih Sampah Sungai Batanghari

Berita

Jalin Kebersamaan, Babinsa Kelurahan Talang Jauh Jalin Komunikasi dengan Lurah dan BKTM.

Berita

Apel Kebangsaan dan Deklarasi Damai Kesiapan PAM Pemilu 2024

Berita

Kesal Janji Tak Kunjung Terealisasi Oleh Pihak Perusahaan, Warga Tutup Jalan Pelabuhan Talang Duku 

Berita

Polda Jambi Terjunkan Personil dari Dit Pol Airud, Samapta, dan Brimob Bersihkan Sampah Serentak

Berita

Berhasil Gagalkan 111,642 Kilogram Sabu dan 131.695 Butir Ekstasi, Kapolda Sumsel Apresiasi Kinerja Ditresnarkoba Jajaran 

Berita

Tingkatkan Sinergitas, Korem 042/Gapu dan Polda Jambi Gelar Apel Sinergitas

Berita

Babinsa Desa Baru Pastikan Ronda Malam Berjalan Lancar untuk Jaga Keamanan.