Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Selasa, 19 Juli 2022 - 20:09 WIB

Tim BPBD Tanjab Barat Juara 1 Lomba Evakuasi dan Penyelamatan Pengungsi

Bidik Indonesia News, JAMBI – Tim BPBD ( Badan Penanggulangan Bencana Daerah ) Kabupaten Tanjung Jabung Barat Pada Tahun 2022 ini, Kembali meraih Juara 1 (Pertama) dalam Cabang lomba Evakuasi dan Penyelamatan Pengungsi, antar BPBD Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jambi yang digelar oleh BPBD Provinsi Jambi Tahun 2022

 

Lomba Evakuasi Dan Penyelamatan Pengungsi ini, merupakan salah satu cabang lomba yang dilaksankan dalam rangka kegiatan Latgab Penanggulangan Bencana, guna meningkatkan Sinergitas Lintas Sektor dalam mewujudkan Jambi Mantap 2024.

 

Kegiatan Latgab Karhutla ini secara resmi di buka langsung oleh Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono selaku Pelaksana Harian Dansatgas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Jambi Tahun 2022, Sabtu (16/7/22) lalu.

 

Pelaksanaan lomba diawali dengan kegiatan Gladi Posko di Hotel Shang Ratu Jalan Slamet Riyadi Broni Kota Jambi Sabtu 16 Juli 2022 dan dilanjutkan kegiatan Lapangan.

 

Selanjutnya Lomba berlangsung di Bumi Perkemahan Pramuka Sungai Gelam Kabupaten Muara Jambi Minggu 17 Juli 2022 sampai dengan Senin 18 Juli 2022.

BACA LAINNYA  Lapas Kuala Tungkal Gagalkan Penyelundupan di Duga Sabu Disaluran air

 

Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono selaku Plh Dansatgas Pengendalian Karhutla Provinsi Jambi menyampaikan bahwa, melalui latihan gabungan penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan ini, dapat meningkatkan sinergitas dan kolaborasi dari lembaga dan instansi terkait, untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan.

 

“Meningkatkan kemampuan baik pengetahuan maupun kemampuan masing-masing personel dalam penanggulangan bencana karhutla di wilayah masing-masing,” katanya.

 

Sementara Kalaksa BPBD Kabupaten Tanjung Jabung Barat Drs Zulfikri mengungkapkan bahwa, kegiatan Latgab dan Lomba Penanganan Penanggulangan bencana tersebut sangat baik dan berdampak positif, untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan Personel BPBD.

 

“Di samping latihan gabungan ini dapat melatih personil dalam pengendalian pencegahan Karhutla, juga untuk mendapat gambaran tentang kemampuan dan kesiapsiagaan,” sebut Zulfikri.

 

Hal itu menyangkut kesiapsiagaan baik terkait Sumber Saya Manusia, juga peralatan yang dimiliki masing-masing instansi yang bersinergi dalam mengatasi terjadi bencana alam di wilayah Provinsi Jambi.

 

Menurut Kalaksa BPBD Tanjab Barat Zulfikri, bahwa ada peningkatan prestasi personel BPBD Tanjung Jabung Barat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

BACA LAINNYA  Tanggapi Kemacetan di Pall 10 , Dirlantas Polda Jambi : Jalan Rusak Penyebabnya dan Sudah Kita Koordinasikan Ke PUPR

 

“Jika di Tahun 2021 kita memperoleh juara 2 (dua) dan Alhamdulilah pada tahun 2022 ini kita meraih Juara 1 ( satu ) dalam Lomba Evakuasi dan Penyelamatan Pengungsi,” ucap Zulfikri bersyukur.

 

Untuk diketahui, adapun yang menjadi peserta dalam Kegiatan Latgab tersebut kurang lebih berjumlah 109 peserta yang terdiri dari Tim Terpadu penanggulangan bencana alam yang berasal dari unsur TNI, Polri, BPBD kabupaten dan kota Se – Provinsi Jambi, serta Perwakilan Regu Pemadam Kebakaran ( RPK ) dari masing-masing Perusahaan Perkebunan di Provinsi Jambi.

 

Dalam Pembukaan Kegiatan Latgab tersebut juga dihadiri langsung Sekda Provinsi Jambi, Kalak BPBD Prov.Jambi, Sekaligus Penjabat Bupati Muara Jambi, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Prov.Jambi, Kasiops Kasrem 042/Gapu, Kasi Ren Korem 042/Gapu, Karo Ops Polda Jambi, Dirpolairud Polda Jambi, Para Kalak BPBD Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jambi dan para peserta latihan lainnya.(*/Bas)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Pimpin Apel Gabungan TNI – POLRI, ini Pesan Dandim 0419 Tanjab dan Kapolres Tanjabtim

Berita

Dipimpin Kapolres Muaro Jambi, Gedung Wicaksana Laghawa Logistik Polres Diresmikan

Berita

Status Waspada, Beberapa Daerah di Muaro Jambi Sudah Terendam Status Banjir

Berita

Pencairan THR Pegawai Tanjab Barat Kata Sekda Tunggu Ini

Berita

Pastikan Arus Muduk dan Balik Lancar, Kapolri Pimpin Rakor Lintas Sektoral Kesiapan Operasi Ketupat 2024

Berita

ARPKH Gelar Aksi Damai Desak Kapolres Bungo Evaluasi Jajarannya

Berita

Sambangi Kantor Lurah Muara Sabak, Kapolres Tanjab Timur Dengarkan Langsung Pengaduan Masyarakat pada Jum’at Curhat 

Berita

Danrem 042/Gapu Pimpin Sidang Parade Caba PK TNI AD Reguler dan Khusus Keagamaan Pria TA 2022