Pria di Teluk Nilau Meninggal Gantung Diri di Kamar Mandi Tragis, Kecelakaan Tunggal di Kota Jambi 4 Orang Tewas Proses Autopsi Selesai, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia : Hasil Autopsi Dapat Diketahui 4-8 Minggu Kedepan Jelang Autopsi Ulang, Malam Ini Makam Brigadir Yosua Dijaga Ketat Polda Jambi Turunkan 330 Personel, Amankan Jalannya Autopsi Ulang Brigadir J




Home / Berita

Selasa, 19 Juli 2022 - 20:09 WIB

Tim BPBD Tanjab Barat Juara 1 Lomba Evakuasi dan Penyelamatan Pengungsi

Bidik Indonesia News, JAMBI – Tim BPBD ( Badan Penanggulangan Bencana Daerah ) Kabupaten Tanjung Jabung Barat Pada Tahun 2022 ini, Kembali meraih Juara 1 (Pertama) dalam Cabang lomba Evakuasi dan Penyelamatan Pengungsi, antar BPBD Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jambi yang digelar oleh BPBD Provinsi Jambi Tahun 2022

 

Lomba Evakuasi Dan Penyelamatan Pengungsi ini, merupakan salah satu cabang lomba yang dilaksankan dalam rangka kegiatan Latgab Penanggulangan Bencana, guna meningkatkan Sinergitas Lintas Sektor dalam mewujudkan Jambi Mantap 2024.

 

Kegiatan Latgab Karhutla ini secara resmi di buka langsung oleh Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono selaku Pelaksana Harian Dansatgas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Jambi Tahun 2022, Sabtu (16/7/22) lalu.

 

Pelaksanaan lomba diawali dengan kegiatan Gladi Posko di Hotel Shang Ratu Jalan Slamet Riyadi Broni Kota Jambi Sabtu 16 Juli 2022 dan dilanjutkan kegiatan Lapangan.

 

Selanjutnya Lomba berlangsung di Bumi Perkemahan Pramuka Sungai Gelam Kabupaten Muara Jambi Minggu 17 Juli 2022 sampai dengan Senin 18 Juli 2022.

BACA LAINNYA  Gandeng Stakeholder Terkait, Ivan Wirata Tindak Lanjuti Masalah Banjir Di 3 Titik.

 

Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono selaku Plh Dansatgas Pengendalian Karhutla Provinsi Jambi menyampaikan bahwa, melalui latihan gabungan penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan ini, dapat meningkatkan sinergitas dan kolaborasi dari lembaga dan instansi terkait, untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan.

 

“Meningkatkan kemampuan baik pengetahuan maupun kemampuan masing-masing personel dalam penanggulangan bencana karhutla di wilayah masing-masing,” katanya.

 

Sementara Kalaksa BPBD Kabupaten Tanjung Jabung Barat Drs Zulfikri mengungkapkan bahwa, kegiatan Latgab dan Lomba Penanganan Penanggulangan bencana tersebut sangat baik dan berdampak positif, untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan Personel BPBD.

 

“Di samping latihan gabungan ini dapat melatih personil dalam pengendalian pencegahan Karhutla, juga untuk mendapat gambaran tentang kemampuan dan kesiapsiagaan,” sebut Zulfikri.

 

Hal itu menyangkut kesiapsiagaan baik terkait Sumber Saya Manusia, juga peralatan yang dimiliki masing-masing instansi yang bersinergi dalam mengatasi terjadi bencana alam di wilayah Provinsi Jambi.

 

Menurut Kalaksa BPBD Tanjab Barat Zulfikri, bahwa ada peningkatan prestasi personel BPBD Tanjung Jabung Barat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

BACA LAINNYA  Jelang Pilkades Serentak, Desa Sungai Dusun Bentuk Panitia Pemilihan

 

“Jika di Tahun 2021 kita memperoleh juara 2 (dua) dan Alhamdulilah pada tahun 2022 ini kita meraih Juara 1 ( satu ) dalam Lomba Evakuasi dan Penyelamatan Pengungsi,” ucap Zulfikri bersyukur.

 

Untuk diketahui, adapun yang menjadi peserta dalam Kegiatan Latgab tersebut kurang lebih berjumlah 109 peserta yang terdiri dari Tim Terpadu penanggulangan bencana alam yang berasal dari unsur TNI, Polri, BPBD kabupaten dan kota Se – Provinsi Jambi, serta Perwakilan Regu Pemadam Kebakaran ( RPK ) dari masing-masing Perusahaan Perkebunan di Provinsi Jambi.

 

Dalam Pembukaan Kegiatan Latgab tersebut juga dihadiri langsung Sekda Provinsi Jambi, Kalak BPBD Prov.Jambi, Sekaligus Penjabat Bupati Muara Jambi, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Prov.Jambi, Kasiops Kasrem 042/Gapu, Kasi Ren Korem 042/Gapu, Karo Ops Polda Jambi, Dirpolairud Polda Jambi, Para Kalak BPBD Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jambi dan para peserta latihan lainnya.(*/Bas)

Share :

Baca Juga

Berita

Pengadilan Tipikor Jambi Gelar Sidang Pemasangan Air Bersih Di Tanjabbar

Berita

Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi 2021, Kapolres Pekalongan Ingatkan Personil Untuk Bersikap Simpatik Dan Humanis

Berita

Begal Tukang Ojek Dan Lakukan Perlawanan Saat Ditangkap, Pria Asal Bangka Belitung Ditembak Polsek Jaluko

Berita

Wakapolri Bicara Bagaimana Melindungi Dunia Pendidikan dari Paham Radikalisme

Berita

Cegah Tahanan Kabur, Kapolres Pekalongan Minta Lakukan Razia Ruang Tahanan Secara Berkala

Berita

Kapolda Jambi Sambut Kedatangan Kepala Staf TNI Angkatan Darat dan Rombongan

Berita

Ribuan Truk Batubara Ditilang dan Ratusan Pelanggaran Ditindak Ditlantas Polda JambiĀ 

Berita

DPP Gema Airlangga Kunjungi Dewan Penasihat Di Kota Depok