Kembali Terjadi Tongkang Tabrak Jembatan di Batanghari, Ditpolairud Polda Jambi Panggil Pemilik Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai

Home / Berita

Kamis, 20 Juni 2024 - 00:04 WIB

PD IWO Kerinci-Sungaipenuh Tangkal Hoax Jelang Pilkada 2024

Kerinci— Menangkal berita-berita hoaks adalah hal yang sangat penting apalagi menjelang Pilkada serentak 2024.

 

Inilah salah satu poin perbincangan santai pengurus PD IWO Kabupaten Kerinci-Sungai Penuh dalam silaturahmi dengan Dir Intelkam Polda Jambi Kombes Pol Ronalzie Agus, S.IK, Kasubdit Kamsus Kompol Agung Pratama, S.IK.MH diwakili oleh Panit 5 Subdit Kamsus AKP. Nasib Lumban Toruan beserta anggota, Kamis (13/6/2024).

 

Ketua PD IWO (Ikatan Wartawan Online) Kabupaten Kerinci – Kota Sungai Penuh Riko Pirmando mengatakan bahwa saat ini beredarnya berita berita Hoax di media online dan media sosial sangat massif tanpa bisa dikontrol lagi.

BACA LAINNYA  Kadiv Humas Terima Kunjungan Kapuspen TNI, Sinergitas Kunci Lewati Tantangan

 

Menurutnya, majunya teknologi dalam bidang informasi memudahkan masyarakat melakukan akses terhadap media online dan media sosial.

 

“Tapi di sisi lain masyarakat jadi mudah menerima informasi yang belum tentu benar karena budaya masyarakat Indonesia yang malas mencari informasi pembanding. Saat ini masyarakat lebih sering mencari informasi di internet melalui media online dan Media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, Twitter dan Tiktok bukannya dari media online,” ujar Mantan wartawan Harian Radar Kerinci ini.

 

Pemerintah dan Polri tentu memiliki tugas yang ekstra berat untuk membendung banyaknya pemberitaa-pemberitaan online yang mengandung unsur pelanggaran hukum, seperti ujaran kebencian (hatespeech), fitnah dan penyebaran berita palsu (hoax) serta SARA Oleh karenanya IWO Sungai Penuh mengajak masyarakat sebagai pengguna media sosial dan khususnya para pelaku jurnalistik media online yang ada di Kota Sungai Penuh agar lebih selektif dalam melakukan postingan-postingan berita yang diunggah (upload).

BACA LAINNYA  Cuaca Cenderung Panas, Personil BPBD dan Dua Posko Standby Antisipasi Karhutla di Tanjab Barat

 

“Jangan sampai ada pemberitaan-pemberitaan negatif yang bersifat hatespeech dan hoax, mari sama-sama kita jaga Kota Sungaipenuh – Kerinci terutama dalam tahapan pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2024,” jelas Riko, Pimpred Media indojatipos.com

Share :

Baca Juga

Berita

Kapolres Kerinci Terima Silaturahmi Ketua KPU Kota Sungai dan Kabupaten Kerinci

Berita

Gelar Silaturahmi Admin Medsos Antar Satker, Kabid Humas Polda Jambi : Untuk Menibgkatkan Rasa Kebersamaan

Berita

Ditlantas Polda Jambi Gelar Pelatihan Alat Uji Kebisingan Knalpot Kendaraan Bermotor Bersama Satlantas Jajaran

Berita

HUT Humas Polri ke-72, Polres Aceh Timur Sumbang Darah ke PMI

Berita

Aspirasi Masyarakat Tanjabbar Dikabulkan Kemendagri, Kesepakatan 2021 Dibatalkan

Berita

TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi Adakan Lomba Mancing untuk Pererat Silaturahmi.

Berita

PLN UID Jakarta Raya Jadi Unit Pertama PLN Raih Penghargaan _World Class Company_ GPEA 2024

Berita

Ketua Saber Pungli Muaro Jambi Meningkatkan Sosialisasi dan Penindakan .