Kembali Terjadi Tongkang Tabrak Jembatan di Batanghari, Ditpolairud Polda Jambi Panggil Pemilik Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai

Home / Berita

Kamis, 20 Juni 2024 - 00:04 WIB

PD IWO Kerinci-Sungaipenuh Tangkal Hoax Jelang Pilkada 2024

Kerinci— Menangkal berita-berita hoaks adalah hal yang sangat penting apalagi menjelang Pilkada serentak 2024.

 

Inilah salah satu poin perbincangan santai pengurus PD IWO Kabupaten Kerinci-Sungai Penuh dalam silaturahmi dengan Dir Intelkam Polda Jambi Kombes Pol Ronalzie Agus, S.IK, Kasubdit Kamsus Kompol Agung Pratama, S.IK.MH diwakili oleh Panit 5 Subdit Kamsus AKP. Nasib Lumban Toruan beserta anggota, Kamis (13/6/2024).

 

Ketua PD IWO (Ikatan Wartawan Online) Kabupaten Kerinci – Kota Sungai Penuh Riko Pirmando mengatakan bahwa saat ini beredarnya berita berita Hoax di media online dan media sosial sangat massif tanpa bisa dikontrol lagi.

BACA LAINNYA  Akan Lakukan Transaksi Jual beli Ganja di Depan Alfamart, Dua Pemuda Dibekuk Satresnarkoba Polresta Jambi

 

Menurutnya, majunya teknologi dalam bidang informasi memudahkan masyarakat melakukan akses terhadap media online dan media sosial.

 

“Tapi di sisi lain masyarakat jadi mudah menerima informasi yang belum tentu benar karena budaya masyarakat Indonesia yang malas mencari informasi pembanding. Saat ini masyarakat lebih sering mencari informasi di internet melalui media online dan Media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, Twitter dan Tiktok bukannya dari media online,” ujar Mantan wartawan Harian Radar Kerinci ini.

 

Pemerintah dan Polri tentu memiliki tugas yang ekstra berat untuk membendung banyaknya pemberitaa-pemberitaan online yang mengandung unsur pelanggaran hukum, seperti ujaran kebencian (hatespeech), fitnah dan penyebaran berita palsu (hoax) serta SARA Oleh karenanya IWO Sungai Penuh mengajak masyarakat sebagai pengguna media sosial dan khususnya para pelaku jurnalistik media online yang ada di Kota Sungai Penuh agar lebih selektif dalam melakukan postingan-postingan berita yang diunggah (upload).

BACA LAINNYA  Ditlantas Polda Jambi Tindak Lanjuti Laporan Masyarakat Adanya Diduga Truk Batu Bara Jalan Siang Masuk Kota 

 

“Jangan sampai ada pemberitaan-pemberitaan negatif yang bersifat hatespeech dan hoax, mari sama-sama kita jaga Kota Sungaipenuh – Kerinci terutama dalam tahapan pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2024,” jelas Riko, Pimpred Media indojatipos.com

Share :

Baca Juga

Berita

Sepanjang Tahun 2021 BNNP Jambi Ungkap 25 Kasus Peredaran Narkotika. 

Berita

Geng Motor Konvoi Membawa Bermacam Jenis Senjata Tajam Resahkan Warga

Berita

Jelang Dirgahayu TNI, Korem 042 Gapu Gelar Olahraga Bersama, Baksos dan Bakti Kesehatan

Berita

Jaga Situasi Kamtibmas, Kapolres Tanjab Timur: Perlunya Sinergi Polri, Ulama dan Masyarakat

Berita

Akan Edarkan Sabu, Tiga Pemuda Diamankan Satresnarkoba Polresta Jambi 

Berita

Kapolres Tanjab Timur Lantik 78 Personel Polisi Rukun Warga

Berita

Tingkatkan Sinergitas, Danrem Gapu Kunjungi Bupati Tebo

Berita

Babinsa Koramil Suak Kandis Berikan Materi Bela Negara di SMAN 5 Muaro Jambi.