Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Selasa, 11 Juli 2023 - 14:52 WIB

Resmikan Jalan Tol Cisumdawu, Presiden: Mempermudah Konektivitas ke Bandara Kertajati

Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Bidik Indonesia News, Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, pada Selasa, 11 Juli 2023. Dalam sambutannya, Kepala Negara berharap jalan tol yang menghubungkan Kota Bandung dari Jalan Tol Cipularang ke Jalan Tol Cipali tersebut dapat mempermudah konektivitas menuju Bandara Internasional Kertajati, Kabupaten Majalengka.

 

“Kita harapkan dengan beroperasinya jalan tol ini, ini akan mempermudah konektivitas menuju ke Bandara Kertajati,” ujar Presiden.

 

Presiden juga menjelaskan bahwa Jalan Tol Cisumdawu awalnya dikerjakan bersamaan dengan pembangunan Bandara Internasional Kertajati. Namun, karena adanya sejumlah masalah pembebasan lahan, pembangunan Bandara Kertajati rampung lebih dahulu dibanding Jalan Tol Cisumdawu.

 

“Karena urusan pembebasan lahan, _airport_ Kertajatinya selesai, tolnya belum selesai sehingga ini mengganggu operasional dari _airport_ Kertajati,” ungkap Presiden.

BACA LAINNYA  Safari Subuh di Masjid Al-Muttaqin, Gubernur Al Haris Beri Bantuan dan Santunan ke Anak Yatim 

 

Presiden pun berharap peresmian Jalan Tol Cisumdawu dapat mempercepat operasional Bandara Internasional Kertajati secara penuh. Saat ini, Bandara Kertajati diketahui telah melayani sejumlah aktivitas penerbangan dan mulai diminati beberapa investor dari luar negeri.

 

“Saya melihat _airport_ Kertajati adalah yang didukung oleh Tol Cisumdawu ini adalah _airport_ masa depan kita karena sekarang sudah mulai banyak keinginan negara-negara luar untuk masuk _equity_-nya ber-_partner_ di _airport_ Kertajati baik untuk mengoperasikan, juga untuk meningkatkan _traffic_ lalu lintas penerbangan yang ada. Ini yang kita harapkan,” tutur Presiden.

 

Dalam kesempatan tersebut, Presiden turut mengapresiasi konstruksi Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 61,6 kilometer dan menghabiskan anggaran Rp18,3 triliun tersebut. Jalan Tol Cisumdawu diketahui memiliki terowongan kembar _(twin tunnel)_ sepanjang 472 meter.

BACA LAINNYA  Kapolda Sulut Berikan Arahan Wawasan Kebangsaan

 

“Ini di seluruh Indonesia tidak ada jalan tol yang melewati dua terowongan seperti yang kita lihat pada pagi hari ini,” ucap Presiden.

 

Turut mendampingi Presiden dalam acara peresmian tersebut adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, dan Bupati Majalengka Karna Sobahi.

 

 

Sumedang, 11 Juli 2023

Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

 

Website: https://www.presidenri.go.id

YouTube: Sekretariat Presiden

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Tgk. Yunus Mengucapkan Terimakasih Kepada Pemerintah Aceh Yang Telah Memperhatikan Tenaga Honorer 

Berita

Tim Okta Center Desak Panwaslih Aceh Tindaklanjuti Indikasi Dugaan Penggelembungan Suara di Aceh Timur

Berita

Bhayangkari Cabang Tanjab Timur Berbagi ke Pembina dan Guru TPQ Al Hanif

Berita

PC PMII Aceh Timur Tanamkan Jiwa Progresif dan Militansi Melalui MAPABA.

Berita

Dandim 0415/Jambi, Pastikan Logistik Pemilu 2024 Aman

Berita

Wujudkan SDM Yang Berkualitas dan Berdaya Saing, Polda Jambi Terima Kunjungan Puslitbang Polri

Berita

Sambut Idul Fitri, Masyarakat Maro Sebo Ulu Batanghari Dengan Menggelar Takbir Keliling 

Berita

Danrem 042/Gapu Pimpin Sidang Parade Calon Tamtama PK TNI AD Reguler dan Keagamaan Gelombang – II TA. 2022