Kembali Terjadi Tongkang Tabrak Jembatan di Batanghari, Ditpolairud Polda Jambi Panggil Pemilik Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai

Home / Advetorial

Jumat, 3 Mei 2024 - 20:57 WIB

PJ Bupati Muarojambi Dapat Penghargaan dari MURI Bidang Seni Musik Melayu

MUAROJAMBI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaro Jambi mendapat penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) karena alat musik tradisonal (tak benda -red) dibawakan oleh sebanyak 1012 siswa/siswi SMP se – Kabupaten Muaro Jambi.

Penghargaan Rekor MURI diterima langsung oleh Penjabat Bupati Muaro Jambi, Bachyuni Deliansyah pada puncak acara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas ) Kamis (02 Mei 2024).

Piagam penghargaan diberikan secara langsung oleh kustomer Relationce Manager MURI, Andre Purnwandono kepada Penjabat Bupati.

Andre mengatakan hari ini pemecahan rekor ini belum layak, namun hal ini menjadi rekor dunia.

Sangat mengapresiasi Pemkab Muaro Jambi yang telah berpartisipasi dalam pemecahan Rekor Muri Dunia pertama kali, Rekor ini berhasil mengangkat kembali seni budaya lokal dan menanamkan jiwa patriotisme kepada ribuan pelajar.

Sementara itu, Penjabat Bupati Muaro Jambi, Bachyuni Deliansyah mengungkapkan, kegiatan yang digelar secara massal untuk melestarikan budaya asli muaro jambi senandung jolo yang merupakan alat musik yang dimainkan oleh para pelajar.

BACA LAINNYA  Danrem 042/Garuda Putih Pantau Arus Mudik Lebaran 1443 H Di Terminal Bandara STS Jambi

Lanjutnya kita berterima kasih kepada tim MURI Dunia yang telah memberikan penghargaan kepada pemerintah kabupatrn muaro jambi, dan mudahan hal ini dapat dilestarikan dan jangan sampai hilang budaya ini, “imbuhnya.

Untuk diketahui , untuk diketahui, Senandung Jolo merupakan salah satu jenis seni vokal tradisional dari Kelurahan Tanjung Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi dan dikategorikan sebagai sastra tutur karena bentuk sajian berupa pantun diiringi alat musik gambang.

Munculnya kesenian Senandung Jolo berawal dari kebiasaan masyarakat dahulu yang sebagian basar mata pencarian behumo (berladang) dihutan.

Gambang adalah alat musik sejenis perkusi yang terbuat dari beberapa bilah kayu. Gambang ini sebagai instrumen pertama untuk mengiringi vokal dari sebuah pantun yang diciptakan serta gong juga instrumen pertama yang berfungsi sebagai pengiring dari vokal sebuah pantun senandung jolo tersebut. Akan tetapi, sesuai dengan perkembangan zaman instrumen ini bertambah dengan menggunakan rebana siam dan gendang bermuka dua.

BACA LAINNYA  Raih Gelar Doktor, Sekwan Muaro Jambi Dibanjiri Ucapan Dan Do'a

Penyajian senandung jolo ini digunakan pada saat berselang atau akan berlangsungnya perkawinan, pengukuhan adat pada hari-hari besar berbagai acara-acar formal lainnya didaerah tersebut.

Senandung Jolo telah ada di Kelurahan Tanjung dan sudah berada diambang kepunahan karena tidak ada yang meneruskannya.

Hal ini disebabkan tidak adanya minat dan kecintaan anak-anak terhadap kesenian itu. sebab, dilain pihak tidak ada inisiatif atau kurangnya perhatian para seniman tradisi untuk menularkan kesenian tersebut.

Karnanya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi Firdaus berharap, dengan dilibatkannya ribuan anak SMP bermain senandung Jolo secara massal ini dapat memberikan motivasi bagi siswa lainnya untuk mengembangkan dan melestarikan budaya lokal Jambi ini.(*)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Advetorial

Jelang Kunjungan Kasad, Korem 042/Gapu Bersama Pemprov Jambi Gelar Rapat Koordinasi

Advetorial

Al Haris Tanggapi Positif Masukan Dewan sebagai Evaluasi Kinerja Pemerintah

Advetorial

Al Haris Tanam Pinang dan Senam Bersama di Taman Putri Pinang Masak

Advetorial

Kurangi Resiko Kecelakaan, Ditlantas Polda Jambi Siapkan 49 Pos Keamanan

Advetorial

Pj Bupati Muaro Jambi Bersama Gubernur Jambi Safari Subuh Berjamaah di Desa Sekernan

Advetorial

Waka I DPRD Muaro Jambi Ikut Hadiri Undangan Entry Meteting bersama BPK

Advetorial

Ketua PWI Kota Jambi dan Pengurus Sambangi Mayonif Raider 142 KJ, Perkuat Sinergisitas 

Advetorial

Meski Lulus Sarjana Kedokteran, Safira Mampu Berkarya di Musik dan Keluarkan Single Lagu I Wanna Be Loved